alexa-tracking

Amien Rais Sindir UU Migas Pro Asing, Ini Faktanya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af668625c77983c608b456c/amien-rais-sindir-uu-migas-pro-asing-ini-faktanya
Amien Rais Sindir UU Migas Pro Asing, Ini Faktanya
Amien Rais Sindir UU Migas Pro Asing, Ini Faktanya

Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais kembali melontarkan kritik ke pemerintah. Setelah menyinggung lahan dikuasai asing, kali ini Amien Rais menilai penerapan Undang-Undang (UU) minyak dan gas (Migas) pro asing.

Pernyataan itu disampaikan Amien saat ceramah di Yogyakarta, Kamis (10/5/2018).

"Ini ada UU yang aneh dan ajaib. Bahwa gas alam di perut bumi Indonesia, itu boleh digunakan oleh bangsa sendiri setelah bangsa lain dicukupi kebutuhannya," kata Amien saat mengisi ceramah di Masjid Muthohirin Yogyakarta, Kamis (10/5/2018).

Menurut sesepuh PAN ini, aturan tersebut aneh lantaran kebutuhan dalam negeri dikorbankan hanya demi kebutuhan negara lain, seperti Tiongkok, Taiwan, dan Singapura.

"Ini mesti bangsa pekok (bodoh)," sindirnya.

Nah, bagaimana sebenarnya aturan peruntukkan gas di Indonesia? Jika mengacu pada pernyataan Amien Rais, saat ini kebijakan migas diatur dalam UU nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi.

Dalam aturan itu tegas menyatakan, penguasaan minyak dan gas bumi oleh negara dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Pasal 4 ayat 1 UU Migas menyebutkan minyak dan gas bumi sebagai sumber daya alam strategis tak terbarukan yang terkandung
di dalam wilayah hukum pertambangan Indonesia merupakan kekayaan nasional yang dikuasai oleh negara.

Dalam penjelasan pasal 4 ayat 1 tersebut disebutkan Berdasarkan jiwa Pasal 33 ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945, Minyak dan Gas Bumi sebagai sumber daya alam strategis yang terkandung di dalam bumi Wilayah Hukum Pertambangan Indonesia merupakan kekayaan nasional yang dikuasai negara.

Penguasaan oleh negara sebagaimana dimaksud di atas adalah agar kekayaan nasional tersebut dimanfaatkan bagi sebesar-besar kemakmuran seluruh rakyat Indonesia. Dengan demikian, baik perseorangan, masyarakat maupun pelaku usaha, sekalipun memiliki hak atas sebidang tanah di permukaan, tidak mempunyai hak menguasai ataupun memiliki Minyak dan Gas Bumi yang terkandung di bawahnya.

Lebih tegas lagi pasal 8 ayat 1 menyebutkan pemerintah memberikan prioritas terhadap pemanfaatan Gas Bumi untuk kebutuhan dalam negeri dan bertugas menyediakan cadangan strategis Minyak Bumi guna mendukung penyediaan Bahan Bakar Minyak dalam negeri yang diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah.

Di ayat 3 menyatakan Kegiatan usaha Pengangkutan Gas Bumi melalui pipa yang menyangkut kepentingan umum, pengusahaannya diatur agar pemanfaatannya terbuka bagi semua pemakai.


Sumur

Dikala kebencian sudah merasuk jiwa, maka kegoblokan menjadi hal biasa emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
jalan kaki ke jogja dulu lu
yg penting viral emoticon-Cool
indonesia udah bukan lagi negara kedaulatan.

gak tau ini negara dipimpin sama pemimpin abal2. siapa saja boleh acak2 negeri ini.

asing & aseng mau mencengkram silakan... apa aja silakan.

yg penting duit masuk, walaupun gak sepadan dgn apa yg mereka ambil.emoticon-No Hope

Amien Rais Sindir UU Migas Pro Asing, Ini Faktanya
engkong nyimeng rasis amnesia kalau di masa beliau jadi ketua, dialah yang membuka kotak pandora amandemen UUD 1945
si engkong emang sudah sering kena amnesia
Lagi2 meludah kemuka sendiri


membodohi orang2 yang memang bodoh, itulah pintarnya dia tau kalo pendukung dia banyak yg bodoh
Quote:


Amien Rais Sindir UU Migas Pro Asing, Ini Faktanya
Astajim emoticon-Kagets

Amien Rais Sindir UU Migas Pro Asing, Ini Faktanya
Quote:


Bre ane kirbal repu ke ente juga ga?
Ntar mateng 4x
DAN ITU UU JUGA MBAH AMIEN YANG MENGESAHKAN


MBAH AMIEN APA PERNAH KENA SLEDING YA? JADI LUPA
Dan buat nasbung pekok asal yg berbeda sama Pemerintah diukung habis2an, walaupun UU Migasnya gak pernah dibaca
Mbah Sengkuni otaknya sdh kram
ga komen rugi page one....komen rugi tema....salah aktor.....innalilahi....
dah jalan kaki blm sih?
Msih pula ada yg mo dibodohi ama ni aki emoticon-Ngakak
makin tua makin dungu.....emoticon-Hansip
Quote:


Samsol nyasar ke trit sini nih, balik lagi ke trit mamad danil emoticon-Ngakak
Quote:


yaaaa agan rupanya fans agan danil tohemoticon-Ngakak
Quote:


Iya gan, cium aja gan samsol teroris yg bikin resah sama ente siapa tau langsung tobat emoticon-Ngakak
Quote:


wahhh ane kan cuman ngefans bkn asli habitatnya samsol ganemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frown