alexa-tracking

Tips Merawat Buku Di Rumah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af652969e74044f588b4567/tips-merawat-buku-di-rumah
Tips Merawat Buku Di Rumah
Tips Merawat Buku Di Rumah

Buat Agan yang hobi membaca, tentunya memiliki koleksi buku yang cukup banyak. Tidak sedikit pula dari kita menjadikan buku bukan hanya sebagai sumber ilmu pengetahuan, tapi juga bagian dari interior ruangan yang tentunya bukan hanya sekedar barang simpanan, tapi juga harus dirawat agar selalu dalam kondisi baik dan enak dilihat.

Mungkin banyak dari kita yang belum tahu bagaimana merawat buku yang baik dan benar, berikut tipsnya:

  1. Menyampul buku

    Spoiler for Sampul Buku:


    Cara paling umum dan mudah yang biasa dilakukan adalah menyampul buku dengan sampul plastik, selain mudah dan murah, ternyata cara inipaling efektif untuk melindungi buku dari air dan noda kotoran. Dalam menyampul buku pastikan tidak ada bagian buku yang terlipat dan jangan terlalu ketat agar tidak merusak buku

  2. Simpan buku secara vertikal

    Spoiler for Book Vertical:


    Umumnya buku disimpan secara vertikal, tentunya hal ini memiliki alasan. Buku yang diposisikan berdiri atau vertikal akan memberikan ruang diantara sela sela buku hingga udara bisa bersirkulasi dengan baik sehingga meminimalkan terjadinya kelembababan di rak buku.

  3. Rutin membersihkan buku

    Spoiler for Book Cleaning:


    Meskipun berada di dalam ruangan tertutup, bukan tidak mungkin rak buku menjadi tempat bersarangnya debu dan kotoran. Bersihkan buku secara berkala setiap 1 atau 2 bulan sekali, selain untuk mengusir kotoran, hal ini juga baik untuk semacam memberikan exercise kepada buku agar tidak menempel (lengket) satu sama lain.

  4. Jaga kelembaban dan sirkulasi udara

    Spoiler for AirFlow:


    Kelembaban adalah musuh utama kertas, udara yang lembab merupakan kondisi ideal untuk jamur, jika jamur sudah tumbuh, maka tinggal tunggu waktu semua koleksi buku kita akan rusak oleh jamur. Selain itu, udara yang lembab juga akan memberikan bau tak sedap. Untuk mengatasi hal ini bisa menggunakan Baking soda atau kamper yang diletakkan di sudut rak buku.

  5. Jauhkan dari serangga

    Spoiler for Pest:

    Selain kelembaban, serangga juga musuh utama bagi buku terutama buku buku lama dan tua. Serangga tidak terlalu menyukai buku baru karena buku baru masih mengandung zat zat kimia dari kertas dan tinta cetak. Untuk mencegah buku buku kita diserang oleh serangga, ada baiknya kita mencegahnya dengan meletakkan kamper di sela sela rak buku dan ganti kamper setiap 2 bulan sekali.


Selain cara cara diatas, perlu diperhatikan juga cara kita memperlakukan buku, jika kita tidak memperlakukan buku dengan baik, niscaya cara cara diatas akan sia sia. Banyak diantara kita yang menandai halaman dengan cara dilipat, meletakkan buku secara sembarangan, membaca buku sambil makan atau bagi yang merokok pasti sering membaca sambil merokok.

Rokok juga merupakan musuh bagi buku, selain membuat buku buku cepat menguning karena asap rokok, buku juga akan menjadi bau rokok karenanya. Bagi perokok tentunya sulit untuk tidak merokok sambil membaca, terlebih dalam jangka waktu yang lama. Buat agan yang perokok, bisa coba mengganti rokok ke Dunhill Ultra. Kenapa? Karena Dunhill Ultra sudah dilengkapi dengan Reduced Smell Technology yang bisa mengurangi bau rokok. Jadi kalau kita merokok dengan Dunhill Ultra, tidak akan terlalu bau seperti rokok lain. Dan tidak akan mengganggu kenyamanan orang lain juga.

Spoiler for RST:


Nah itu dulu tips buat agan, kalo ada yang mau nambahin, silakan... emoticon-Hai

buku ane semua halamannya kuning,nyimpennya asal sih emoticon-Ngakak
nice tips om ts
merawat koleksi buku porno jadul emoticon-Ngakak
biasa ane jemur sebentar di panas matahari pagi
paling 5 menitan
Nice Infoh Om, TS emoticon-Shakehand2
disusun yang rapih aja broo, ntar juga keliatan bersi emoticon-Cool
Laa iya ini nih, buku gw banyak banget belum sempet gw sampulin, banyak debunya pula... TS mau bantuin nyampulin sama bersihin ke rumah gw? emoticon-Stick Out Tongue
biar ga lecek
Kebiasaan makan sambil baca buku bikin buku cepet kotor. emoticon-Nohope
Quote:


Makan jangan sambil makan, Gan...
Quote:


emoticon-Cendol (S) Kalo berkenan gan. emoticon-Malu (S)
Quote:


Wani Piro?
Quote:

Hati hati ilang gan.. emoticon-Ngakak (S)
Quote:

Disusun lama lama jadi tinggi dong emoticon-Big Grin
Quote:


Disetrika ya gan emoticon-Big Grin
Quote:


Bukan buku telepon kkan gan? Buku telepon kan aslinya emang kuning.. emoticon-Ngakak (S)

Quote:


Banyak gan? emoticon-Malu
Quote:


Masih abu abu, gans. emoticon-Malu (S)
Ane biasa sekali baca buang gan..
Quote:


Horang kaya. emoticon-Ngakak (S)
Quote:


oke, anggap aja ngutang ya. emoticon-Malu (S)
Siap siap gembok
Gembok dulu deh.. emoticon-Embarrassment