alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ratusan Pendaki Panik Menyelamatkan diri Saat Merapi tiba-tiba Meletus
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af64ed056e6af0f218b456b/ratusan-pendaki-panik-menyelamatkan-diri-saat-merapi-tiba-tiba-meletus

Ratusan Pendaki Panik Menyelamatkan diri Saat Merapi tiba-tiba Meletus

Ratusan Pendaki Panik Menyelamatkan diri Saat Merapi tiba-tiba Meletus

Liputan6.com, Boyolali - Letusan freatik Gunung Merapi yang muncul tiba-tiba, sempat membuat panik sejumlah pendaki yang tengah beristirahat dan memasak di Pasar Bubrah. Kepanikan tersebut sempat terekam dalam video dari salah satu pendaki yang kemudian beredar di media sosial.

Video itu diawali dengan close up masakan para pendaki. Mereka tengah memasak dan bercanda. Hingga kemudian terdengar suara bergemuruh, dan kamera kemudian diarahkan ke belakang, ke arah kawah Gunung Merapi.

Kepulan asap putih menjulang tinggi mengharuskan para pendaki yang berada di Pasar Bubrah ini menyerukan doa dan berteriak meminta agar pendaki lain berlindung.

Belum jelas siapa yang merekam letusan dari jarak dekat ini, tetapi jelas tergambar suasana panik.

Ketika terjadi letusan freatik Gunung Merapi, diperkirakan ada 120 pendaki yang berada di sekitar puncak dan lereng Merapi. Tim relawan Barameru Merapi kemudian merencanakan menyisir jalur pendakian.

Seratus lebih pendaki ini terbagi dalam beberapa kelompok. Dan kelompok yang terakhir mendaki diperkirakan pada dini hari jam 01.00 WIB. Dari perkiraan, sekitar subuh mereka baru tiba di sekitar puncak.

Sebagian pendaki memang sudah turun dan jumlah pendaki yang sudah turun juga belum bisa disebutkan pastinya.

"Yang turun pun langsung buru-buru pulang pakai motor, tidak mengambil KTP yang ditinggal di pintu masuk pendakian. Mereka langsung lari pada ketakutan," kata Syamsuri.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan status Gunung Merapi hingga saat ini masih tetap normal (Level I) dengan radius berbahaya adalah 3 kilometer dari puncak kawah. PVMBG tidak menaikkan status Gunung Merapi dan masih terus memantau perkembangan aktivitas vulkanik.

"BPBD Sleman telah menginstruksikan masyarakat yang tinggal dalam radius 5 km seperti daerah Kinahrejo sudah diinstruksikan untuk evakuasi ke bawah di barak pengungsi," kata Sutopo melalui pesan singkat.

sumur

Video



Ngeri juga pas liat videonya, untung angin bergerak ke selatan, kalau ke utara udah habis tu ratusan pendaki kena racun sulfatara
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
ngeri om,
surpriseemoticon-Malu
Ane sampai berfikir apa gunanya berlindung klo jarak sedekat itu?emoticon-Bingung
Klo gue disitu mending lari turun balapan ama wedus gembel ha ha
Apa gak ada berita sebelumnya.. Tau tau meletus gitu aja?? BMKG gak kasi warn?
Ratusan Pendaki Panik Menyelamatkan diri Saat Merapi tiba-tiba Meletus
yg ngerekam stlong emoticon-Matabelo
Quote:


Karena merapi sebelumnya emang statusnya aman bre, aman2 aja. Jadi ini erupsi freatik yg bisa datang tiba2
tinggal nunggu ada yang mengaitkan dengan politik
Quote:


lo lari dari puncak merapi sama aja bunuh diri emoticon-Big Grin
jalur turun dari pasar bubrah kebawah itu tebing batu keras yg diatasnya banyak kerikil2 dan batu2 sebesar lengan sampai kepala, jd kalau turun harus merayap pelan2 krn kalau jatuh malah bisa2 gak bs pulang emoticon-Big Grin
gawat asepnya kaya sinabung
Quote:


Dikiranya jalur gunung semulus lapangan bola bisa lari2an emoticon-Ngakak
Quote:


BMKG bukan bagian gunung berapi seinget ane -_-

BMKG bukanya ke cuaca dan iklim ya ?
Quote:


wanjirr adu lari sama kecepatan wedus gembel yg lebih dari 80Km/jam wkwkwk
ngeri banget
itu deket banget lah
Harus bisa bedain antara asap sulfatara sm wedus gembel/awan panas. Kalau asap sulfatara bergeraknya keatas karena itu asap yg berasal langsung dari perut gunung dan isinya gas belerang, racun, abu jadi sifatnya ringan. Kalau awan panas/wedus gembel itu debu/serpihan yg terjadi karena tebing pinngiran kawah ambruk krn panas atau getaran. Awan panas bergerak kebawah, karena berupa material lonsoran tebing dan bersifat lebih berat karena isinya debu dan pasir panas. Asap sulfatara bahaya karena racunnya, wedus gembel bahaya karena panasnya emoticon-Angkat Beer
Quote:


Lebih tepatnya BNPB
Diubah oleh kresna.duta
Quote:

Coba klo awan panasnya mengarah ke tu orng yg ngerekam pakek kamera.gue penasaran tuh orang2 bakal berlindung dibalik batu ato lari terguling guling ke bawah.
Gw kira yg gw liat di film film pake cgi kliatan palsunya. Ternyata emang mirip aslinya jg kaya gitu emoticon-Matabelo
Diubah oleh mr.fahrenhelt
Quote:


Gak bakal ada yg bisa lari, kalau awan panas mengarah kesitu, jarak puncak sm pasar bubrah gak nyampe 1 km, sedangkan awan panas bergerak 80-100 km/jam, yg masih sempat coba segera taubat, kecuali ente black panther atau hulk mungkin masih bisa kabur dari situ
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di