alexa-tracking

Ini Kata Luhut Soal Malaysia Tinjau Ulang Kerja Sama Cina

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af63e3554c07ad82e8b4570/ini-kata-luhut-soal-malaysia-tinjau-ulang-kerja-sama-cina
Ini Kata Luhut Soal Malaysia Tinjau Ulang Kerja Sama Cina
Ini Kata Luhut Soal Malaysia Tinjau Ulang Kerja Sama Cina

Pemerintahan baru Malaysia akan mengevaluasi sejumlah proyek kerja sama dengan Cina
Jumat 11 Mei 2018 19:05 WIB

Ini Kata Luhut Soal Malaysia Tinjau Ulang Kerja Sama Cina
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengaku tak bergeming dengan keputusan pemerintah Malaysia yang akan mengevaluasi kerja sama dengan Cina. Luhut mengatakan, pemerintah malaysia mengambil keputusan untuk mengevaluasi karena selama ini kurang transparan.

Luhut mengatakan, sejauh ini program one belt one road (OBOR) yang dicanangkan bersama dengan Cina masih terus berlanjut. Namun, memang kata Luhut hingga saat ini belum ada satu proyekpun yang sudah mencapai tahap kesepakatan.

Baca juga, Kemenangan Mahathir dan Evaluasi Proyek Infrastruktur Cina

"Mereka evaluasi saja. Tapi kita nggak ada barang satupun yang jadi dengan Cina. Kita semua terbuka, kita negosiasi dengan siapa saja," ujar Luhut di Kantornya, Jumat (11/5).

Luhut menjelaskan meski membuka peluang investasi terhadap Cina, namun dalam beberapa aspek, Indonesia memiliki peraturan yang juga harus dipenuhi oleh Cina. Luhut mengatakan perjanjian dengan Cina tidak bisa langsung begitu saja disepakati tanpa memenuhi kriteria.

Luhut menjelaskan, perjanjian dengan Cina akan terjadi jika Cina memenuhi sekitar lima kriteria. Pertama, teknologi yang dibawa oleh Cina harus ramah lingkungan.

Kedua, proyek yang berjalan harus bisa menyerap tenaga kerja lokal. Ketiga, dalam investasi nya Cina harus bisa melakukan investasi tak hanya di hulu saja, tetapi juga sampai hilir sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi Indonesia.

"Misalnya mereka mau bikin industri lithium batrai, bisa mereka pakai Cobalt kita, . Itu bikin aja, bikin mobil listrik. Menperin bilang, sepakat. Nah, ini nilai tambah," ujar Luhut.

Terakhir, menurut Luhut Cina juga wajib melakukan transfer knowledge kepada Indonesia. "Keempat saya juga bilang ke mereka, harus ada teknologi transfer. Ini mereka setuju kok soal ini. Jadi, misalnya riset bersama," tambah Luhut.
http://republika.co.id/berita/ekonomi/korporasi/18/05/11/p8kc8u383-ini-kata-luhut-soal-malaysia-tinjau-ulang-kerja-sama-cina


Mahathir Akan Tinjau Ulang Kerja Sama dengan China dan Pinjaman yang Merugikan Malaysia
Kamis, 10 Mei 2018 18:56 WIB

Ini Kata Luhut Soal Malaysia Tinjau Ulang Kerja Sama Cina
Dr M

 KUALA LUMPUR - Perdana Menteri terpilih Malaysia Mahathir Mohamad menegaskan akan meninjau ulang perjanjian perniagaan dengan China dan pinjaman dari Negara Tirai Bambu tersebut yang dianggap merugikan Malaysia.

''Apa yang meresikokan kami adalah pinjaman yang dibuat kerajaan. RM55 triliun hanya untuk Rel Pantai Timur dan juga pinjama-pinjaman lain yang mana akan menjadi beban besar kepada negara,'' ucapnya seperti dikutip dari tribunnews.com yang dilansir astro AWANI, Kamis (10/5/2018).

''Sebuah negara yang bertanggung jawab harus mencoba untuk mengurangi pinjaman atau ia akan menjadi kambing hitam,'' lanjut dia.

Selain itu, Pakatan Harapan (PH) menolak berita palsu dan peraturan tentang Anti berita palsu juga akan dikaji ulang untuk keperluan perundang-undangan.

''Kami tidak ingin berita palsu. Tapi sudah pasti kami akan mengkaji peraturan tersebut apakah ada indikasi melawan berita palsu atau hanya untuk kepentingan politik,'' ujar Mahathir.

''Untuk sekarang, apa yang kami lihat terhadap peraturan itu bertujuan untuk menutup mulut lawan politik,'' tambahnya.
https://www.goaceh.co/artikel/serbaserbi/2018/05/10/mahathir-akan-tinjau-ulang-kerja-sama-dengan-china-dan-pinjaman-yang-merugikan-malaysia


Ancaman Mahathir jika Menang Pemilu Malaysia, China Bakal Terganggu
Senin, 09 April 2018 - 14:46 WIB

KUALA LUMPUR, iNews.id - Menjelang pemilihan umum Malaysia, kandidat perdana menteri dari kubu oposisi, Mahathir Mohamad, menyampaikan janji-janjinya jika menang. 

Dalam wawancara dengan Bloomberg, sebagaimana dilaporkan kembali oleh The Straits Times, Mahathir mengatakan pihaknya siap menerima investor dari China jika perusahaan mau beroperasi di Malaysia. Tujuannya, investasi dari China bisa menyerap lebih banyak tenaga kerja lokal serta terjadi transfer teknologi.


"Di sini kami tidak mendapatkan apa-apa dari investasi itu. Kami tidak akan menerimanya," kata Mahathir, sebagaimana dikutip kembali oleh AFP.

Investasi China di Malaysia meningkatkan kekhawatiran akan terjadinya ketimpangan serta kedaulatan ekonomi negara. 

Mahathir mencontohkan, investasi Country Garden Holdings sebesar USD110 miliar di Negara Bagian Johor untuk membangun apartemen yang harganya 1 juta ringgit. Sementara pendapatan rata-rata tahunan di Malaysia pada 2016 tercatat 62.736 ringgit. 

"Kita tak punya banyak orang kaya untuk membeli apartemen semahal itu, jadi Anda seperti membawa orang asing masuk. Tidak ada negara yang ingin banyak orang asing masuk ke negaranya," kata Mahathir.

Lebih lanjut Mahathir mencontohkan Sri Lanka sebagai negara yang harus kehilangan banyak tanah karena tak mampu membayar utang ke China. Pada tahun lalu, Pemerintah Sri Lanka memberikan pelabuhan Hambantota kepada perusahaan patungan China yang dipimpin perusahaan pelat merah.

"Banyak orang yang tak suka dengan investasi China. Kami ini orang Malaysia. Kami ingin membela hak-hak orang Malaysia. Kami tak ingin menjual potongan demi potongan dari negeri ini kepada perusahaan asing yang akan membangun banyak kota," ujarnya.

Sebelumnya, Mahathir juga mengatakan, jika kubu oposisi Pakatan Harapan menang, beberapa proyek akan dinegosiasi ulang. Salah satunya adalah East Coast Rail Link yang diperkirakan memakan anggaran 55 miliar ringgit. Pihaknya akan mengurangi proyek rel kereta dengan panjang 688 kilometer itu. Proyek ini diperkirakan akan selesai pada 2024.

Hal lain yang akan diperjuangkannya adalah memulai kembali negosiasi atas akses Malaysia terhadap Laut China Selatan dengan negara tetangga. Malaysia mengklaim kepemilikan wilayah di Laut China Selatan, termasuk dengan China, Filipina dan Vietnam.

"Kami harus memastikan suara kami didengar karena Malaysia memiliki pulau-pulau di kawasan itu dan kami harus mempertahankannya," ujar pria 92 tahun itu.
https://www.inews.id/news/read/89086/ancaman-mahathir-jika-menang-pemilu-malaysia-china-bakal-terganggu?sub_slug=internasional

------------------

Ruhut ini hanya seorang punggawa saja dari sebuah rezim yang kebetulan saat ini sedang berkuasa di negara ini. Nanti giliran rezim ini berganti, maka semua kemungkinan yang terkait kebijakan rezim yang baru itu bisa saja terjadi seperti di Malaysia sekarang ini. 

Nggak usahlah para elit penguasa saat ini bersikap seakan-akan kekuasaannya itu abadi dan pasti akan bisa bertambah satu periode lagi. Pandai-pandailah membaca pertanda zaman kalau tak mau dilindas perubahan zaman itu sendiri.


emoticon-Wow

Duit RRC gedhe di kala barat males invest mereka bisa masuk..emoticon-Hammer
image-url-apps
Kenapa lu gk jd presiden aja sih hut, semua urusan kyknya dihandle ama lu, joko kemana?
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:
.
klo dia jawa muslim mungkin dah nyalon dr kapan tau
.
image-url-apps
Mau nularin indonesia...

Ini Kata Luhut Soal Malaysia Tinjau Ulang Kerja Sama Cina

Quote:



Ngimpii....emoticon-Ngakak
si luhut ini pendukung reklamasi lu yang otaknya sehat tau luhut dkk arahnya kemana di pemerintahan sekrngemoticon-Malu
image-url-apps
Jargon2 politik ya akan tinggal selesai pilpres..beda ama yg itu tuh, gak bisa move on masih pertahankan jargon somplaknya walau udah menang, dgn cara licik

Sekarang itu China kiblat ekonomi..Arab aja invest, Pinter nih si abu, ente nolak2 China yg untung siapa? Rivalnya mamarika lah..sekarang pilihan u cuman ikut us atau China..kasihan banget ke us anti ke China anti, u gabung siapa? Temen2 u udah pilih itu 2..ketinggalan terus kita

Dan semua ditolak bukan pertimbangan kebangsaan..tapi iri dan dengki..kalau Kita lemah, belajar Dan berteman dgn yg kuat..itu sudah alamiah..
semua jg udah tau reputasi lbp ky gmnemoticon-Wakaka
image-url-apps


Orang2 keturunan China di Malaysia itu punya nasionalisne yg kuat kok.

Mereka banyak mrndukung Mahatir. Kebanyakan juga anti dengan model invest China (RRC) yg dianggap bisa membahayakan eopnomi Malaysia kdepannya

Keturunan China di Malaysia sama sperti keturunan China yg mayoritas di Singapore. Sama2 risih malah kalo dikatakan China. N ga suka sama RRC.

Sama juga dengan mereka di Hongkong & Taiwan. Mereka malah western minded.

Ga suka negara RRC

Tapi ada anomali di sini (stidaknya di Kaskus aja mungkin) yg begitu mendewakan negara RRC dan malah saling mengolok negara tempat tinggalnya


Tp semiga itu cuma oknum yg minor. Yg mayoritas di real life semoga punya nasionalisme yg kuat juga n sama2 waspada pengaruh RRC

image-url-apps
Quote:


Mungkin karena beberapa yang bersuku Cina di Indonesia masih mengingat kejadian 98 dimana mereka dijadikan kambing hitam.makannya sudah dingin hati mereka terhadap kata nasionalis. Yang penting duit dulu deh.
image-url-apps
Emang perjanjian/kontrak investasi bisa dibatalkan sepihak?!
image-url-apps
Hasil dari kewarasan pemikiran malon patut di apresiasi.

Dinegeri sendiri di Goublok goublokin sama nastak
image-url-apps
yuk habis ini dievaluasi lagi, klo bisa di cancel aja. emoticon-Jempol
image-url-apps
Quote:


Ya ga bisa. Bkalan digugat ke pengadilan WHO kalo batalin sepihak.

Ini kan mau dievaluasi/dikaji ulang. Artinya yg belum diteken akan dipelajari dampaknya, kalo dirasa merugikan cancel teken MOU nya.
Kalo yg dah jalan ya dipelajari lagi, kalo dianggap merugikan, ya kontrak ga akn diperpanjang di masa depan ketika kpntrak telah habis.

image-url-apps
Ini Kata Luhut Soal Malaysia Tinjau Ulang Kerja Sama Cina

Udah merupakan cita citanya nastak, ngapain juga di batalin.
emoticon-Stick Out Tongue
image-url-apps
Quote:


Menurt ane ini komen headshot

Quote:


Ada link ke webarchivenya gan?
image-url-apps
Quote:


alam negri ini punya caranya sendiri melakukan pemutihan. emoticon-Big Grin

yg benar membaur dan cinta tetap stay kok saat itu, dan bohong kalau tetangga baurannya tidak menolong dengan menutupi dengan teriakan "disini semua pribumi, silahkan ketempat lain". emoticon-Big Grin

yg parasit, ngacir keluar negri.

akhir ini mulai lagi, ada oknum parasit lantang membanggakan tanah leluhur dan mencaci maki tanah tempat sambung hidup, berdagang, beranak pinak dan buang kotoran.

pemutihan kedua?
lagi lagi alam negri ini kan memainkan perannya. emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Pemutihan itu udah terkena di Aceh tuh dengan Tsunami.

Kalau saya sih logis logis saja. Kalau orang sudah pernah tersakiti ya pasti was was terus. Sesama kawan atau rekan bisnis sih no problem tapi kalau sudah masuk ke ranah dekat ya agak was wad deh.
image-url-apps
Quote:


Die sibuk kerja bre
Huahuahua
image-url-apps
Quote:


https://m.kaskus.co.id/thread/5af056e1e05227b3358b4569/hina-nabi-muhammad-saifuddin-ibrahim-divonis-4-tahun-penjara/3

Tuh bray
×