alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Produsen Pupuk Khawatirkan Serbuan Pupuk Impor
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af6197dd675d409468b4567/produsen-pupuk-khawatirkan-serbuan-pupuk-impor

Produsen Pupuk Khawatirkan Serbuan Pupuk Impor

Pupuk Kaltim sebagai salah satu produsen pupuk di Tanah Air mengkhawatirkan adanya serbuan pupuk impor yang masuk ke Indonesia dengan mudah dan murah.

"Kekhawatiran itu ada karena harganya lebih murah dan mudah didapat, apalagi pupuk impor ini masuk dengan mudahnya ke Tanah Air," kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Jatim II Pupuk Kaltim Sugiyono di sela sosialisasai pengetahuan produk Pupuk Kaltim di Malang, Jawa Timur, Jumat (11/5).

Ia mengaku khawatir petani akan beralih ke pupuk impor karena harganya terjangkau (murah) dibanding pupuk produksi dalam negeri. Selain itu pupuk mudah didapat, terutama pupuk dari Cina dan Amerika Serikat.

Mengapa pupuk impor bisa lebih murah, lanjutnya, karena biaya operasional, terutama untuk pos pembelian gas lebih murah, yakni hanya 2 dolar AS. Sementara di Indonesia masih 6 dolar AS. "Dengan harga gas 6 dolar AS ini, kami kesulitan di biaya operasionalnya," ucapnya.

Sementara itu, Superintendent Hubungan Internal Departeman Humas Pupuk Kaltim, Nurdi Saptono mengatakan Cina dan Amerika Serikat yang memroduksi pupuk Urea secara besar-besaran menjadikan dunia over stok.

"Dulu pernah terjadi di semua daerah ketika pupuk petani masih menggunakan Pusri, ketika Pupuk Kaltim masuk dianggap pupuk palsu. Nah, kondisi itu hampir sama dengan sekarang yang banyak serbuan pupuk impor. Mudah-mudahan kondisi itu terjadi sekarang, petani tetap 'minded' dengan pupuk dalam negeri, sehingga tidak sampai tergoda pupuk impor," katanya.

Menyinggung ketersediaan pupuk menjelang musim tanam di wilayah Jawa Timur, Sugiyono mengatakan sangat aman, bahkan stoknya melebih ketentuan pemerintah (Kementan).RI. "Oleh karena itu, petani tidak perlu khawatir akan terjadi kelangkaan karena stoknya lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan petani," ucapnya.

Pupuk Kaltim menyediakan stok urea subsidi untuk Jatim mencapai 345.533 ton, dengan rincian stok urea subsidi di Lini I atau gudang pabrik mencapai 5.497 ton, stok di Lini II atau Gudang Provinsi 84.484 ton dan stok urea subsidi di Lini III atau gudang kabupaten 254.269 ton.

Sedangkan untuk stok NPK subsidi mencapai 22.592 ton, dengan rincian stok pada lini I atau gudang pabrik 9.960 ton dan stok di Lini III atau gudang kabupaten 12.632 ton. Adapun serapan urea subsidi tertinggi di Jatim, yaitu 225.306 ton, sedangkan serapan NPK subsidi tertinggi di Kalimantan Selatan, yaitus mencapai 20.953 ton.

Secara nasional, hingga 7 Mei 2018, Pupuk Kaltim telah menyalurkan 536.758 ton urea subsidi atau 36 persen dari alokasi SK Menteri Pertanian RI. Untuk NPK subsidi yang telah disalurkan mencapai 69.187 ton atau 42 persen dari alokasi SK Menteri Pertanian RI.

Sementara itu kapasitas gudang di Jatim mencapai 87.800 ton (di Surabaya dan Banyuwangi) dari ketentuan stok 32.533 ton. Stok fisik mencapai 39.711 ton dan stok administrasi 44.361. Sementara realisasi hingga 7 Mei mencapai 14.428 ton dari alokasi Mei 2018 mencapai 43.377 ton.

Untuk produktivitas rata-rata per tahun mencapai 3,43 juta ton urea dan yang didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan petani di dalam negeri sekitar 1,4 juta ton per tahun. Sedangkan selebihnya menjadi komoditas ekspor. "Untuk ekspor ini dengan catatan kebutuhan dalam negeri sudah terpenuhi dan harus ada izin dari pemerintah," kata Sugiyono.

sumber
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Yang penting untung dulu masalah produsen sama petani dipikir belakangan emoticon-Cool
makanya jangan mau ditumpuk Mulu tu pupuk AMA TENGKULAK
dari bahan baku sampai distribusi . . . .karyawan sendiri main
maintenance & engineering pabrik . . . .pensiunan main
jalur distribusi kacau saingan sesama BUMN
gaji karyawan gede gila
Komisaris & pejabat titipan penguasa
Pupuk subsidi dibuat langka

beresin ini dulu .. .
Baguslah kalo lebih murah, modar aja gak papa deh kalo sektor ini emoticon-Big Grin
Udah petani beli pupuk mahal, hasil panenan dibeli dengan harga gak manusiawi emoticon-Frown
Quote:


Betuuul!

Plus harga pupuk di main2in sama apa yg sudah bisa disebut mafia pupuk!

Daripada negara kita mengimpor hasil tani.. maka lebih baik mengimpor penunjang tani (seperti pupuk) dgn harga murah.. sehingga bisa berimbas pada kestabilan harga hasil tani itu sendiri!
Mengkhawatirkan ya.
Produsen Pupuk Khawatirkan Serbuan Pupuk Impor
Quote:


Yakin kualitasnya lebih bagus dari lokalan?

Quote:


Pupuk murah bagus buat petani, kalau industri pupuk nasional tidak bisa bersaing mereka harus lebih inovatif dan efesien. Pupuk murah itu hak nya petani.
Quote:


Khusus pupuk ya..

Yakin kualitas lokalan lebih bagus daripada luaran?

Lebih murah jelas...
Diubah oleh khayalan
syukurlah . klo perlu masuk secara besar besaran . udah BUMN pemainnya itu itu aja seenaknya nentuin harga malah dipasaran langka . gimana mau maju petani indonesia klo pupuk aja susah .
Pupuk lokal sering langka dan harga lebih mahal.

Wajarlah kalau beralih ke yg gampang didapat dan lebih murah.
over price sih luu..


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di