alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Banyak Orang Muda Muncul, Pengamat Sebut Pilpres 2019 Jadi Lebih Menarik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af60cee9a0951bb408b4569/banyak-orang-muda-muncul-pengamat-sebut-pilpres-2019-jadi-lebih-menarik

Banyak Orang Muda Muncul, Pengamat Sebut Pilpres 2019 Jadi Lebih Menarik

Direktur Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia, Aditya Perdana, menyoroti bursa calon presiden dan wakil presiden menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Dia menilai, dalam bursa itu terdapat nama-nama baru yang berpeluang memipin Indonesia selama lima tahun ke depan.

Dia menghargai upaya partai politik memunculkan nama-nama baru itu.

Ini berbeda dibandingkan Pilpres 2014, di mana nama-nama masih berkutat dari para politisi senior, seperti Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, Ketua Umum PDI P, Megawati Soekarnoputri, dan politikus senior Hatta Rajasa.

"Saya melihat fenomena capres-cawapres menarik dibanding 2014. Memang membosankan, karena calonnya hanya itu. Tetapi ada yang menarik banyak orang muda muncul,” tutur Aditya, saat menghadiri acara penyampaian hasil survei Roda Tiga Konsultan di Jakarta Selatan, Kamis (10/5/2018).

Dia menyebut nama-nama seperti Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Nusa Tenggara Barat, TGH Muhammad Zainul Majdi atau lebih dikenal Tuan Guru Bajang (TGB).

"Jadi, kaya perubahan yang harus dihargai bahwa ada dinamika parpol mendorong politisi baru sebagai capres-cawapres. Misal, TGB dan Anies. Jadi ini satu kondisi di mana dorongannya parpol memunculkan nama baru,” kata dia.

Selain itu, nama-nama lainnya, seperti Agus Harimurti Yudhoyono dan Muhaimin Iskandar.
Untuk dua politisi berlatar belakang partai politik itu, kata dia, menarik dilihat bagaimana bakal calon presiden memberikan efek signifikan kepada tingkat elektabiltas parpol.

"Isu pencapresan lebih menarik karena untuk 2019 ketika, pemilu serentak, capres memberikan efek signifikan kepada partai. Yang menarik ialah bagaimana dengan partai lain misal Demokrat terhadap AHY, atau Cak Imin dengan PKB,” ujarnya.

Apabila melihat dari nama-nama baru yang bermunculan, dia mengapresiasi parpol yang mengembangkan kemajuan demokrasi ke depan. Ini menandakan Negara Indonesia tidak kehabisan stok pemimpin.

"Lihat hasil survei ini stok pemimpin ke depan semakin banyak. Artinya, tidak usah khawatir kalau 2014 lalu calonnya hanya itu saja. Sekarang pergeseran itu kelihatan di mana orang muda dimunculkan,” tambahnya.

sumber

Bgm kalo menurut agan?
Siapa tokoh muda yg layak tampil di pilpres 2019? Kenapa?

Pls komen yg tertib, dan engga saling menghujat.

Be gentlemen dan junjung tinggi sportifitas emoticon-thumbsup
Belum ada tokoh muda yang menarik bwat ane.
Wait and see aja dulu
kalau tokoh muda yg menarik prhatian, dan brkharisma.. Buat ane sih... MAS AHY... Sampai sejauh ini... emoticon-Angkat Beer
Yang tua bangka jomblo gak usah ikutan lah.
silahkan para tokoh muda raih prestasi sebanyak2nya dan berpolitiklah secara bersih
jangan sampe karier mentok di tengah jalan karena tersangkut kasus
capres ma cawapres dr kaum muda ?

kayaknya ga ada.
Banyak yg lebih berkualitas dr pd petugas partai

Tp ya itu elektabilitasnya rendah
berani gak kalau gak umbar janji manis dan gapakek tipu2?
emoticon-Big Grin jokowi-ahok ?

bakal rame demo seantero indonesia emoticon-Wakaka
ane pilih daun muda aja deh emoticon-Peluk
sangat bagus kalau ada calon calon muda terutama dari daerah luar jawa biar demokrasi berjalan dengan baik dan benar, kalau aku malah gak tertarik jadi capres dan cawapres lebih suka jadi pemimpin assafattun dan the save world program....?
Gibran-Didit for 2019. Iyes?
Quote:


Banyak Orang Muda Muncul, Pengamat Sebut Pilpres 2019 Jadi Lebih Menarik

Yang satu pengusaha makanan dan yang satu desainer. Kagak cocok emoticon-Traveller
Quote:


kenapa gak bahas soekarno muda anis matta?
pilpres kmrn juga keluar beliao soekarno muda, bahkan sdh iklan, sih pengamat gak ngomong apa2 tuh pas pilpres kmrn?
kalo cuma mau bahas tbb mah serahin ntabz sama republika aja, gak perlu yg lain ikut2an, yg lain bahas hal yg lebih penting aja emoticon-Embarrassment
sudah fasti Gatot-TGB presidenku emoticon-I Love Indonesia


joovlok kelaut aje udeeemoticon-I Love Indonesia






___________________
waspada penghianat bangsa
Banyak Orang Muda Muncul, Pengamat Sebut Pilpres 2019 Jadi Lebih Menarik
Diubah oleh satriagujis


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di