alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
Aceh Perlu Genjot Pembangunan Jalan Raya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af5f02b94786835278b4570/aceh-perlu-genjot-pembangunan-jalan-raya

Aceh Perlu Genjot Pembangunan Jalan Raya

Aceh Perlu Genjot Pembangunan Jalan Raya

Banda Aceh: Aceh dinilai perlu menggenjot pembangunan jalan raya. Infrastruktur ini dinilai penting demi mengantisipasi penghentian dana otonomi khsusus (otsus) pada 2027.


'Saya sempat titip pesan satu ke Gubernur Irwandi Yusuf, saya tahu betapa sulit memerintah. Kau prioritaskan dulu jalan, jarak kita ke Medan (Sumatra Utara) 600 km. Bangun highway (jalan raya),' kata Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam silaturahmi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), DPR, tokoh Aceh, di Banda Aceh, Jumat, 11 Mei 2018.


Menurut dia, Pemerintah Provinsi Aceh bisa mencontoh jalan raya di Johor ke Kuala Lumpur di Malaysia. Jalan raya ini, kata dia, penting untuk memacu pertumbuhan ekomoni Aceh.


Surya berjanji akan terus mendorong pemerintah pusat untuk membangun jalan raya ini. Namun, dia juga meminta jajaran di Aceh bergandengan tangan untuk menyuarakan pembangunan tersebut.


Sementara itu, Surya melihat perkembangan di Aceh belum signifikan kendati mengantongi status otsus yang diatur dalam Undang-undang Nomor 11 tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh. Provinsi ini dianggap masih kepayahan dalam mengelola sumber daya alam (SDA) yang sejatinya melimpah.


Dia pun meminta pihak berkepentingan mulai dari ulama, perguruan tinggi, hingga dunia usaha dilibatkan dalam setiap pembentukan kebijakan. Ke depan, Aceh pun diharap bisa mandiri tanpa banyak mengandalkan dana otsus. 


'Ada otsus di Aceh sama Papua. Jangan kalah sama Papua, di sana enggak ada Surya Paloh, malu nanti,' ungkap dia.


Rustam Effendi, ekonomi Universitas Syiah Kuala, mengatakan sejak 2008 hingga 2018, Aceh sudah menerima dana otsus mencapai Rp65 triliun. Namun, pertumbuhan ekomoni Aceh cenderung lambat, hanya 4,19 persen pada triwulan IV-2017.


Dia khawatir bila nantinya dana otsus tak dilanjutkan, pembangunan di Aceh semakin mandek. 'Pada 2028, Aceh hanya punya (anggaran) Rp7 triliun. Logikanya kalau (dana) Rp15 triliun hanya pertumbuhan ekonomi hanya 4, 1 persen, mau tumbuh berapa nanti?'


Di sisi lain, Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengajak semua pihak bergandengan tangan menyusun program yang setara otsus. Pasalnya, dana otsus jadi tulang punggung anggaran Aceh.


'Akan ada keterkejutan kalau tiba-tiba lenyap,' jelas dia.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/peristiw...nan-jalan-raya

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Aceh Perlu Genjot Pembangunan Jalan Raya Target NasDem Rebut 6 Kursi DPR dari Sumut Realistis

- Aceh Perlu Genjot Pembangunan Jalan Raya Surya Paloh Minta Gerakan Perubahan Ditanam di Tebing Tinggi

- Aceh Perlu Genjot Pembangunan Jalan Raya Surya Paloh Hadiri Temu Kader NasDem di Deli Serdang

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di