alexa-tracking

Tagih Janji Jokowi, Rizal Ramli: Kembalikan Wilayah Udara Indonesia yang Dikendalikan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af5b764902cfe31608b4567/tagih-janji-jokowi-rizal-ramli-kembalikan-wilayah-udara-indonesia-yang-dikendalikan
Tagih Janji Jokowi, Rizal Ramli: Kembalikan Wilayah Udara Indonesia yang Dikendalikan
Mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Perindustrian (Menko Perekonomian) Rizal Ramli menuliskan harapan soal kedaulatan negara.

Dilansir TribunWow.com, melalui akun Twitter @RamliRizal yang ia tuliskan pada Senin (7/5/2018).

Diketahui, Perum Lembaga Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI/Airnav Indonesia) tengah merampungkan negosiasi untuk mengambil ruang udara blok ABC milik Indonesia yang saat ini masih dikontrol oleh Malaysia dan Singapura.

Direktur Utama Airnav Indonesia Bambang Tjahjono mengungkapkan, meski UU mengamanatkan pengambilalihan paling lambat dilakukan pada 2024, pihaknya ingin agar bisa dipercepat.

"Kami ingin agar tahun 2019 ruang udara blok ABC sudah diambilalih oleh Indonesia. Proses negosiasi dan diplomasi terus dilakukan dengan Malaysia dan Singapura yang saat ini mengontrol wilayah tersebut," ujarnya, Selasa (28/6/2016) yang dilansir dari Kompas.com.

Menurut Bambang, pihaknya juga menyiapkan berbagai hal saat ruang udara tersebut kembali ke Indonesia.

Salah satunya adalah dengan melakukan investasi peralatan dan SDM. Ruang udara blok ABC berada di atas Kepulauan Riau yang meliputi Batam, Tanjung Pinang, Karimun, dan Natuna.

Ruang udara blok ABC dikendalikan oleh Singapura dan Malaysia ketika dua negara tersebut masih di bawah jajahan Inggris, yakni sejak 1946. Penguasaan terhadap ruang udara tersebut akan memberikan pengaruh besar dalam berbagai sektor, utamanya pertahanan dan keamanan udara.

Selain itu, dengan mengambil alih ruang udara blok ABC, hal itu akan membawa dampak yang besar terhadap pendapatan negara dari segi ekonomi, melalui pemasukan atas lalu lintas pesawat komersil.

Meski sebagian ruang udara Indonesia dikuasai oleh Singapura dan Malaysia, Indonesia juga mengontrol ruang udara negara lain, yakni sebagian wilayah Filipina dan Pulau Christmast Australia.

Lantaran pengambilanalih itu belum terlaksana hingga saat ini, Rizal Ramli menuliskan soal kedaulatan.

menurut mantan menteri keuangan di era Abdurrahman Wahid itu, kedaulatan laut, udara dan darat NKRI harus dipertahankan dan diperkuat.

Setelah itu, Rizal Ramli meminta publik untuk menjafa kebputusan kabinet Jokowi tahun 2016 agar wilayah udara Indonesia yang dikuasai Singapura kembali ke Indonesia tahun 2019.

"Kedaulatan darat, udara dan laut RI harus dipertahankan dan diperkuat..Tlg bantu jagain agar keputusan Kabinet JKW tahun 2016, agar wilayah udara Indonesia yg sekarang dikendalikan Singapura dikembalikan ke Indonesia tahun 2019. FIR. Jangan sampai ada yg terpedo," tulisnya.

Tagih Janji Jokowi, Rizal Ramli: Kembalikan Wilayah Udara Indonesia yang Dikendalikan

sumber
emoticon-Bingung
Kepingin diambil cepet2 emang Infrastrukturnya siap?
emoticon-Leh Uga
Kok malah terkesan cari panggung ya? Ini isu yang digali-gali demi bisa digoreng.

Quote:
Sisi ekonomi gagal di goreng, sekarang pengamat tentang udara.
Quote:


Itu sudah lama, dan Sri Baginda memang menjanjikannya. Semua pesawat, helikopter Indonesia yang mau mendarat di Batam, mesti minta ijinnya ke Singapur dulu!

Bahkan pesawat2 militer Indonesia juga! Lucu kan, urusan militer dalam negeri, mesti ngelapor/diketahui luar negeri dulu. emoticon-Malu (S)
barisan sakit hati
emoticon-Leh Uga
Quote:


yg pasti bukan salah pak de, dan lebih pasti lagi akan kembali ke indonesia paling lama 2024
emoticon-I Love Indonesia
Pertanyaannya sejak kapan Hal ini berlaku....
Siapa yg makan, dan siapa yg disuruh cuci piring?
Quote:


Sekarang ya jadi salahnya pakdemu itu, karna dia yang ngejanjiin itu. Belum lagi Indosat.. emoticon-Cape d... (S)
Lha yang dlu setujui peraturan tsb sp?
Quote:


Huahuahua
nga usah repot2 pak RR kasih masukan dan saran. hanya akan menambah daftar panjang usulan yang diacuhkan istana.
suara yang bukan pendukung pakde itu ibarat suara sumbang, nga bakal ditanggapi sebaik apapun. malah bakal diserang habis2an sampai data pribadi dan dosa2 masa lampau tersebar kepublik.
Quote:


Mungkin beliau pengen punya jabatan lagi emoticon-Big Grin
Quote:


RR cocoknya jadi tukang gorengan
ya tambah drop ntar rupiah oon
Nastak auto lupa padahal janji yg tidak ditepati itu aib emoticon-Ngakak
nyari panggung aja lu jal kerjanya emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:


Janjinya kodok ya harus dikejar!!
Dasar kodok munafik!!