alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Green Lifestyle /
[COC GL] Masa Depan Terumbu Karang Dunia Ada Di Pilihan Krim Tabir Surya Kamu
5 stars - based on 15 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af5abc7dac13e3a6a8b4568/coc-gl-masa-depan-terumbu-karang-dunia-ada-di-pilihan-krim-tabir-surya-kamu

[COC GL] Masa Depan Terumbu Karang Dunia Ada Di Pilihan Krim Tabir Surya Kamu

[COC GL] Masa Depan Terumbu Karang Dunia Ada Di Pilihan Krim Tabir Surya Kamu

Haloo Gan Sist para pecinta lingkungan di manapun berada, ane si Kaksus10seneng banget nih bisa muncul lagi di SF Green Lifestyle.


Gan Sist, di trit kali ini ane mau sharing sedikit mengenai salah satu kebiasaan yang kita anggap baik namun ternyata berdampak buruk terhadap bumi kita. 

Mau tau? Penasaran?

Yukk Gan Sist cekidot trit ane berikut ini ..

emoticon-welcome emoticon-welcome emoticon-welcome

Baru-baru ini, Hawaii meresmikan RUU yang cukup kontroversial,  yaitu pelarangan penjualan dan penyebaran produk tabir surya atau krim sun block. Badan Legislatif Hawaii sudah menyetujui Rancangan Undang Undang tersebut, dan kini tinggal nunggu ditandatangani oleh Gubernur Hawaii. 

Dan apabila disetujui, undang-undang ini akan berlaku di 1 Januari 2021.

Spoiler for Hawaii:



Sebagai tambahan informasi nih Gan Sist, Hawai menjadi negara bagian Amerika Serikat pertama yang melarang penggunaan tabir surya oleh publik. Dan yang lebih luar biasa lagi nih, hukum ini merupakan yang pertama di dunia. Tabir surya yang dilarang antara lain yang mengandung bahan kimia oxybenzone dan octinoxate.


Wow, kalau menurut ane ini sih kontroversi banget, karena Hawaii terkenal akan keindahan pantainya, dan pastinya para pengunjungnya sudah tentu menggunakan tabir surya kan?

Namun, sebenarnya apa sih yang menjadi alasan Badan Legislatif Hawaii meloloskan Rancangan Undang-Undang ini?


Ternyata Gan Sist, para ilmuwan Amerika Serikat telah menemukan bahwa tabir surya dengan bahan kimia oxybenzone dan octinoxatemembahayakan terumbu karang. Bahan kimia tersebut mampu menyebabkan pemutihan karang di lautan, dan membuat terumbu karang lebih rentan terhadap infeksi virus. Bahan-bahan kimia tersebut tidak dapat terurai secara biologis, sehingga bahan kimia tersebut tetap berada di dalam air untuk waktu yang lama walaupun setelah karang mati.


Seperti yang kita tahu Gan Sist, terumbu karang di Hawaii membentang dengan sangat indah sepanjang lebih dari 2000 kilometer di Pasifik Tengah dan merupakan penyumbang utama untuk ekonomi pariwisata Hawaii. Terumbu Karang Hawaii juga menyumbang hampir 85 persen dari seluruh terumbu karang di Amerika Serikat.

Spoiler for "terumbu karang":



Dan ternyata Gan Sist, penggunaan tabir surya tidak bisa dianggap remeh loh, tercatat sebanyak 20% terumbu karang di Hawaii telah mati dan 80% terumbu karang di Karibia juga telah rusak. Kematian terumbu karang ini diakibatkan perubahan iklim dan juga pemutihan massal yang disebabkan oleh tabir surya.

Memang sih pastinya sudah ada usaha untuk merestorasi karang-karang, tapi Gan Sist, gimana karang baru mau tumbuh dengan baik, kalau kondisi air lautnya udah tercemar dengan bahan kimia dari tabir surya?

Spoiler for "coral reef":



Selain mampu merusak terumbu karang, kedua bahan kimia tersebut juga ternyata berbahaya bagi tubuh manusia. Oxybenzone dan octinoxate berperan penting sebagai filter sinar ultraviolet, namun oxybenzone dan octinoxate juga dapat menyebabkan kanker pada tubuh manusia.


Nah, maka dari pada itu, beberapa produsen tabir surya kini sudah meninggalkan bahan kimia  oxybenzone dan octinoxate, dan mulai memproduksi tabir surya “ramah karang”. Bahan kimia oxybenzone dan octinoxate bisa diganti dengan zinc oxide dan titanium dioxide. Namun, yang namanya bahan kimia pastinya memiliki efek negatif juga kan Gan Sist?


Loh, terus gimana kalau mau ke pantai?

Masa ngga pakai tabir surya?

Kalau ngga pakai tabir surya kan efek sinar ultraviolet dari matahari bisa merusak kulit kita?

[COC GL] Masa Depan Terumbu Karang Dunia Ada Di Pilihan Krim Tabir Surya Kamu


Tenang Gan Sist, makanya ane nulis trit ini di SF Green Lifestyle.

Kaskuser itu harus cerdas dan cinta lingkungan.

Kalau Agan Sista bisa menggunakan tabir surya alami untuk menggantikan tabir surya yang berbahan kimia.

Walau berbahan dasar alami, efeknya ternyata ngga kalah kok dengan yang terbuat dari bahan kimiawi. Nih, ane bagi beberapa bahan alami yang bisa Agan Sista gunakan untuk mengganti penggunaan tabir surya berbahan kimia.

Tabir surya alami yang bisa Agan Sista bikin sendiri di rumah :


1.      Minyak kelapa

Caranya gampang banget, cukup ambil santan yang berasal dari perasan pertama. Masak hingga menjadi minyak. Dinginkan dan taruh di dalam wadah kaca yang tertutup.

Ketika Agan Sista mau keluar rumah atau berpanas-panasan ria, cukup oleskan tipis minyak kelapa ini ke kulit Agan Sista.

Spoiler for "minyak kelapa":


 

2.      Minyak Zaitun

Cara menggunakannya juga hampir sama dengan minyak kelapa. Cukup gunakan tipis-tipis saja.

Baik minyak kelapa maupun minyak zaitun memiliki pelembab alami yang mampu melindungi kulit dari sinar ultraviolet Gan Sist.

Spoiler for "olive oil":


 

3.      Tabir Surya buatan rumah

Agan Sista juga bisa mencoba membuat tabir surya sendiri di rumah, caranya gampang banget kok. Ini dia bahan-bahan yang diperlukan :

a.      Minyak kelapa 5 sendok makan

b.      Minyak zaitun 10 sendok makan

c.      Madu murni 5 sendok makan

d.      Shea butter 1 sendok makan (ini bisa Agan Sista dapetin di toko kecantikan)

e.      Minyak esensial (ini tambahan aja sih Gan Sist, biar aromanya wangi aja)

 

Nah, cara membuatnya seperti berikut ini :

a.      Masukan semua bahan, dan aduk hingga benar-benar rata.

b.      Steam bahan tersebut, caranya masukan bahan tersebut ke dalam wadah kaca, kemudian kukus dengan api sedang.

c.      Setelah bahan benar-benar tercampur, angkat wadah dan dinginkan

d.      Pindahkan bahan tabir surya ke dalam wadah kaca yang tertutup

e.      Nah, Agan Sista bisa menggunakannya kapan saja setiap kali berpergian.

Spoiler for "sunblock bikin ndiri":


Itu dia Gan Sist beberapa bahan alami yang bisa Agan Sista gunakan sebagai pengganti tabir surya.

Yuk, mulai dari sekarang kita lebih bijak dalam menggunakan tabir surya. 

Gunakan tabir surya yang ramah terumbu karang, atau bisa juga yang berbahan alami agar terumbu karang dapat tetap terjaga kelestariannya dan kita pun terhindar dari resiko kanker.

emoticon-Peluk emoticon-Peluk emoticon-Peluk

[COC GL] Masa Depan Terumbu Karang Dunia Ada Di Pilihan Krim Tabir Surya Kamu


sumber gambar : om google

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
emoticon-Pertamaxemoticon-Pertamax emoticon-Pertamax
diamankan
emoticon-Om Telolet Om!emoticon-Om Telolet Om!
Quote:


mau kemana Omm?
Ahaa untung bbrp sunscreen yg ane pake ga mengandung oxybenzone dan octinoxate! All hail Asian sunscreen emoticon-Selamat
Quote:


pakai apa Sist?
Quote:

Daily: Innisfree perfect UV protection long lasting cream spf 50 (what a bloody long name emoticon-Nohope ), Nacific fresh herb origin sunblock.
Occasionally (blood-sweat-tears-waterproof): Hera sun mate lesport, primera skin relief sunblock.
Quote:

emoticon-Bingung
itu di jual di Indo kaga?
Quote:

Yg innisfree sm nacific di toped banyak sis, tpi kalo hera sm primera ane titip sm temen di koreyah emoticon-Belo
Quote:


yg dr koreyah mehong nda?
serius nanya...
Quote:

Ane nitip 300 ribuan, kalo ikut PO mungkin bisa sampe 400 ribu.
Diubah oleh cloudspring
Quote:


emoticon-Cape d...
mau cantik kok mahal yah


apalah ane yg cuma pakek bedak dingin kalo abis panas2an
emoticon-Belum Tidur
Quote:

Makanya dipakenya bbrp bulan sekali aja emoticon-Frown
But worth every penny emoticon-Wowcantik
Diubah oleh cloudspring
Quote:


hmmm isinya memang br ml?
kalau pakai jarang, isi banyak kadung expired duluan Sist.
it happened sama bedak2 ane. pakai jarang eh keburu expired emoticon-Cape d...
ada kemasan mini nya?
Quote:

Isinya banyak sis 70 ml. Produk sunblock justru yg paling awet dibanding produk skincare sm make up lain apa lgi produk make up buat mata. Selama tgl Kadaluwarsa msh lama pake aja terus.
Ane sih biasanya pake pas lgi banyak kerjaan di luar dan pas liburan. Satu tube habisnya 6-8 bulan yg waterproof.
Hera yg 30 ml kayanya ada sis di shopee.
Diubah oleh cloudspring
Quote:


kuy lah meluncur ke shopee buat hera
emoticon-Cool


Maacih infonya ya cantikk
emoticon-Malu
Quote:

Monggo nanti dishare yaa ripiunya. Ehh iya sis btw di sini ga ada share buat ripiu skincare kaya di forum sblh yaa? Ane nyari ga nemu kayanya emoticon-Bingung
trit bagus!
ane kalo ke pantai gak pernah pake tabir surya. thx sista info DIY tabir surya alami nyaemoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh scorpiigirl
gemboked
keren neh,,

makasih info nya ya emoticon-Monggo

sangat bermanfaat, ga ush susah2 beli sunblock emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di