alexa-tracking

Asuransi bukan Produk Investasi, Tetapi Proteksi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af5741ce0522714198b4568/asuransi-bukan-produk-investasi-tetapi-proteksi
Asuransi bukan Produk Investasi, Tetapi Proteksi
Hayoo, siapa hari ini yang masih berpikir bahwa asuransi merupakan tempat untuk berinvestasi?
Asuransi unit link yang merupakan asuransi yang menawarkan nilai proteksi dan investasi dalam 1 paket yang sering ditawarkan ke masyarakat saat ini, karena unit link memiliki beberapa jenis rider seperti perlindungan kecelakaancacat tetap, dan asuransi kesehatan yang dibuat dalam sepaket. Ditambah bonus investasi sehingga membuat masyarakat tergiur untuk membeli asuransi jenis ini.

     Sebenarnya tidak ada yang salah dengan membeli asuransi unit link, karena kemudahannya semua asuransi dikumpulkan dalam 1 paket itulah yang mempermudah nasabah tidak perlu membeli begitu banyak jenis asuransi yang memiliki manfaat berbeda-beda. Tetapi, realita dilapangan banyak masyarakat yang komplain tentang investasi mereka di asuransi kenapa baru menyetor 2 tahun, tidak ada nilai investasinya . Atau mungkin ada yang sudah menyetor lebih dari 5 tahun berpikir mengapa investasi saya tidak balik modal? Hal inilah yang sering membuat nasabah kecewa dan trauma membeli asuransi.
(Baca juga : Inilah daftar kesalahan yang sering dilakukan ketika membeli asuransi)

    Teman-teman pembaca, saya ingin memperjelas untuk sistem pengelolaan dana di asuransi unit link terlebih dahulu. Asuransi unit link adalah proteksi + investasi dalam satu paket. Inilah keunggulan dari asuransi unit link. Tetapi perusahaan asuransi bukanlah perusahaan bank ataupun saham yang mengelola dana investasi.

Asuransi bukan Produk Investasi, Tetapi Proteksi



     Sebagai contoh, ketika anda menabung di bank 1 juta setiap bulan, berarti dalam waktu 12 bulan anda seharusnya menerima 12 juta kan? Pertanyaannya, apakah anda menerima utuh 12 juta? Tidak juga menurut saya, karena ada biaya administrasi, biaya bunga dan pajak lagi kan yang harus di potong setiap bulan. Benarkan? Mungkin anda hanya akan menerima sekitar 11jutaan saja jika anda memutuskan menarik uang anda dan tidak melanjutkan menabung dibulan berikutnya.

    Tetapi apakah uang yang anda setorkan di bank menawarkan proteksi kepada anda, jika terjadi sakit parah dan anda masuk rumah sakit, kemudian dokter meminta uang 100 juta saat itu juga. Bagaimana jika ditabungan anda, anda hanya memiliki 11 juta saja? Apakah tabungan anda di Bank akan memberikan 100 juta untuk biaya berobat di rumah sakit ? Anda sudah tahu pasti jawabannya.

      Asuransi Unit Link adalah gabungan proteksi +investasi dalam 1 paket. Tetapi biaya asuransi juga harus dibayar, tidak mungkin semua dana dialokasikan ke investasi jika anda juga menginginkan nilai proteksi terhadap resiko kehidupan. Tentu saja, dananya harus dibagi menjadi 2 yaitu proteksi dan investasi.

     Setiap asuransi memiliki peraturan yang berbeda-beda tentang pembagian dana terhadap proteksi dan investasi. Hal ini dinamakan biaya akuisisi, di Allianz komposisi biayanya untuk proteksi dan investasi seperti dibawah :

Asuransi bukan Produk Investasi, Tetapi Proteksi


      Sebagai contoh, jika anda menyetor premi setiap bulan 400 ribu, berarti biaya akuisisinya di tahun pertama setiap bulannya, untuk proteksi sebesar 300 ribu, dan investasi 100 ribu setiap bulannya. Di tahun ke-2, jika anda masih membayar 400 ribu perbulan berarti pembagian untuk biaya proteksi adalah 160 ribu, dan investasi 240 ribu setiap bulannya. Di tahun berikutnya, silakan menghitung berdasarkan tabel. Tetapi ditahun ke 6 dst, semua biaya yang anda setorkan setiap bulan sebesar 100% akan masuk ke investasi dan mendapat bunga 5,26% dari Perusahaan Allianz. Tetapi di Investasi juga terdapat administrasi sebesar 26.500 per tahun, itu belum termasuk biaya pajak dan biaya asuransi yang harus dibayarkan setiap tahunnya.

       Tujuan investasi, sebenarnya adalah supaya dana yang ada bisa dipakai untuk masa pensiun dan juga memastikan asuransi tetap bisa terbayarkan dan nasabah ter-proteksi ketika kondisi keuangan nasabah 1-2 bulan ke depan belum tentu bisa membayar asuransi karena keadaan keuangan (cuti premi). Tentu saja nilai ini diambil dari investasi yang ada. Tetapi kondisi cuti premi sangat tidak disarankan, karena anda hanya boleh cuti premi jika polis sudah berusia 5 tahun keatas, itupun tidak boleh cuti begitu lama jika kondisinya masih sehat. Paling lama hanya 2-3 bulan.

Asuransi bukan Produk Investasi, Tetapi Proteksi


       Hal penting lainnya yang perlu anda ketahui, dalam dunia investasi tidak ada sesuatu yang pasti. Nilai investasi bisa naik atau juga turun, tergantung keadaan ekonomi pada saat investasi masih berjalan. Bisa saja investasi nilainya menjadi anjlok jika harga USD naik dari Rp 2500 ke Rp 15.000 seperti krisis ekonomi tahun 1998. Atau nilai investasi meningkat ketika ekonomi Indonesia dalam keadaan meningkat.

      Asuransi hanya menjamin nilai proteksi yang anda dapatkan, jika diawal tanda tangan proposal manfaat dikatakan anda akan mendapat manfaat 4 miliar rupiah, maka anda akan mendapat 4 miliar rupiah, tidak peduli apapun kondisi ekonomi negara atau dunia disaat itu, krisis ataupun aman. Nilai perlindungan yang anda dapat tetap 4 Miliar rupiah. Jadi nilai proteksi yang tertera di kontrak itulah yang bisa anda pegang sebagai jaminan, bukan investasi. Jika tertera 300 juta, berarti ketika anda melakukan klaim yang anda dapat adalah 300 juta. Investasi hanyalah tambahan bonus dalam asuransi. Jangan pernah dijadikan patokan pasti nilai investasi dalam asuransi agar anda tidak menjadi kecewa dan trauma.

     Jika anda butuh konsultasi gratis tentang asuransi, atau ingin mereview polis dari perusahaan asuransi manapun yang anda miliki. Anda bisa menghubungi saya disini atau minta dibuatkan manfaat proposal allianz bisa disini.

Sumber : http://www.tipsallianz.com/2018/04/asuransi-bukan-produk-investasi-tetapi.html

×