alexa-tracking

Gak Cuma Melumasi, Ini Fungsi Oli Yang Mesti Agan Tau!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af57290c1d770a52a8b4568/gak-cuma-melumasi-ini-fungsi-oli-yang-mesti-agan-tau
Gak Cuma Melumasi, Ini Fungsi Oli Yang Mesti Agan Tau!

Hai Agan-Sista Semua!

emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir2


Bagi agan yang selalu menggunakan motor sebagai kendaraan utama untuk aktivitas sehari-hari gamungkin gatahu sama hal penting yang satu ini. Hal penting apa itu?


Ya, oli atau cairan pelumas adalah salah satu komponen yang terdapat di dalam mesin motor. Kalo ngomongin soal oli gan, kita semua tahu bahwa fungsinya adalah untuk melumasi seluruh bagian menunjang kelancaran mesin maupun komponen lainnya di dalam motor.


Meskipun gan, fungsi oli itu sendiri sebenarnya bermacam-macam. Gak cuma melumasi, oli punya fungsi penting lainnya untuk motor yang agan gunakan sehari. Nah disini ane mau sharing sedikit apa aja sih fungsi oli selain melumasi, ada aja apa tuh? Cekidot dulu deh gan!
emoticon-Request


1. Mengurangi Gesekan Antar Komponen Di Dalam Mesin 

Gak Cuma Melumasi, Ini Fungsi Oli Yang Mesti Agan Tau!

Salah satu fungsi oli selain melumasi adalah mengurangi gesekan antar komponen mesin. Kita semua tahu jika komponen di dalam mesin mulai sering mengalami gesekan, performa motor bukan hanya ga maksimal tapi juga bisa membahayakan bagi si pengendara itu sendiri gan.

 

Kenapa berbahaya? Karena sering terjadinya gesekan antar komponen di dalam mesin motor ngebuat komponen jadi lebih mudah berkarat. Hasilnya, jika komponen sudah mulai seperti ini, maka kerusakan pada motor yang agan gunakan sendiri akan mulai bermunculan, mulai dari tarikan yang tidak enteng hingga mati total.

Makanya gan, salah satu fungsi penting bagi si oli itu adalah menjaga agar komponen dalam mesin tetap terlumasi dengan baik sehingga tidak ada gesekan yang bisa mempengaruhi performa motor yang agan gunakan. Ga nyaman kan pastinya kalo ngendarain motor yang kurang maksimal performanya?


2. Mencegah Gejala Overheat

Gak Cuma Melumasi, Ini Fungsi Oli Yang Mesti Agan Tau!

Sering gak sih gan denger istilah motor overheat? Gejala kerusakan yang satu ini terjadi ketika mesin motor sudah melebihi batas panasnya atau terlalu panas, sehingga membuat mesin motor itu sendiri bisa mogok atau berkurang dari segi performanya. Nah, tahu gak sih gan kalo salah satu penyebab gejala overheat itu sendiri bisa terjadi ketika kita jarang mengganti oli? 

 

Biasanya gejala overheat terjadi ketika agan sering mengganti pelumas yang menyebabkan komponen di dalam mesin sering mengalami gesekan yang bisa membuat tarikan motor jadi mulai kasar sampai akhirnya mesin motor itu sendiri jadi lebih cepat panas. 

Disinilah oli berfungsi untuk menjaga mesin motor jadi tidak cepat panas. Karena salah satu kerusakan yang fatal dalam motor adalah gejala overheat, bukan hanya bikin agan jadi gak nyaman tapi juga mempendek usia mesin motor yang agan gunakan atau istilah lainnya mesin jadi gak awet.


3. Pembersih Kotoran Dalam Komponen Di Dalam Mesin

Sadar atau nggak, ketika kita memakai satu barang secara rutin, barang itu sendiri bisa aja jadi kotor atau tidak terlihat rapih seperti pertama kali kita gunakan gan. Begitupun mesin motor yang agan gunakan sehari-hari, semakin sering agan menggunakannya semakin berpotensi komponen dalam mesin itu jadi lebih mudah motor.

Terutama, pada komponen-komponen tertentu yang bersentuhan langsung dengan udara, pastinya akan menimbulkan terjadinya tumpukan kotoran yang berasal dari partikel-partikel halus seperti debu dan lain sebagainya. Otomatis ketika kotoran terus menumpuk bisa menimbulkan turunnya performa untuk si motor itu sendiri.

Gak Cuma Melumasi, Ini Fungsi Oli Yang Mesti Agan Tau!

Disinilah fungsi penting dari oli itu ada gan, dimana cairan pelumas ini akan memastikan kotoran tersebut tidak menempel pada bagian mesin yang terlumasi dan proses kerja operasional mesin dapat berjalan dengan baik dan tarikan motor agan akan selalu terasa lancar. 


Jadi udah tahu sadar kan gan kalo oli itu punya penting banget untuk motor? Pada dasarnya oli itu sendiri adalah komponen dasar yang mampu menjaga mesin motor jadi awet dan tampil lebih prima. Makanya gan, kita perlu cermat dalam pemilihan dari oli yang agan gunakan sehari-hari.


Karena pemilihan yang tidak pas bisa menyebabkan performa motor jadi gak semaksimal seperti pertama kali menggunakan. Kalo ane sih karena pake motor matic, biasanya ngegunain Eni Oil (dulunya disebut Agip), karena manfaatnya udah kerasa banget.  Triple Action Plusnya ngebuat tarikan motor tetap enteng, mesin motor jadi gak cepat panas, dan pastinya bahan bakar juga tetap irit saat berkendara.


3 hal diatas adalah fungsi oli selain melumasi komponen di dalam mesin motor. 

Tau hal lainnya gak nih gan? Boleh banget nih share di komen!

emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir2

image-url-apps
taunya kilometer 1500 mesti ganti oli
image-url-apps
baaru tau ane emoticon-Shakehand2
KASKUS Ads
buat bakar ban pas demo gan emoticon-Jempol
Quote:

pake motor ya broemoticon-Big Grin