alexa-tracking

Main Content

696
662
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af570631ee5dffc0b8b4567/brand-branding-dan-promotion

BRAND, BRANDING, DAN PROMOTION

BRAND, BRANDING, DAN PROMOTION
BRAND, BRANDING, DAN PROMOTION
11-05-2018 17:28 127
BRAND, BRANDING, dan PROMOTION
A. BRAND Brand(merk) adalah identitas atau nama yang mewakili produk secara keseluruhan baik produk itu sendiri, jasa yang diberikan produk tersebut, dan perusahaan yang memproduksi. Brand terdiri dari nama, istilah, simbol, desain, atau gabungan keempatnya, untuk mengidentifikasi produk agar berbeda dengan produk lainnya(pesaing). Merek yang kuat ditandai dengan dikenalnya suatu merek dalam masyarakat, asosiasi merek yang tinggi pada suatu produk, persepsi positif dari pasar dan kesetiaan konsumen terhadap merek yang tinggi. Dengan adanya merk yang berbeda, maka akan memudahkan konsumen dalam menentukan produk yang akan dikonsumsinya berdasarkan berbagai pertimbangan serta menimbulkan kesetiaan terhadap suatu merek (brand loyalty). Kesetiaan konsumen terhadap suatu merek atau brand yaitu dari pengenalan, pilihan dan kepatuhan pada suatu merek. Contoh Brand:

1. Brand Nama
2. Brand Simbol
3. Brand Desain
B. BRANDING Branding adalah sebuah usaha komunikasi yang disusun dan direncanakan dengan baik oleh perusahaan untuk membangun dan membesarkan brand (merek). Branding merupakan kegiatan komunikasi kepada konsumen agar mereka mengenal merek tersebut berbeda dengan yang lain serta merek tersebut mempunyai arti bagi mereka. Branding juga dapat diartikan sebagai suatu pernyataan mengenai siapa (identitas), apa yang dilakukan (produk/jasa yang ditawarkan) dan mengenai kenapa suatu merk layak dipilih (keistimewaan). Konsep branding yang baik: 1. Dapat menyampaikan pesan dengan jelas 2. Dapat mengkonfirmasi kredibilitas pemilik brand tersebut 3. Dapat menghubungkan dengan target pemasaran yang lebih pesonal 4. Memotivasi pembeli 5. Menciptakan kesetiaan pelanggan
C. PROMOTION Promosi yaitu kegiatan yang dilakukan untuk meyampaikan informasi mengenai produk atau jasa kepada pasar, sehingga produk atau jasa tersebut dapat dikenal dan mendorong konsumen untuk membeli serta menggunakannya. Promosi juga sangat berguna untuk memberikan informasi mengenai kelebihan, kegunaan produk dan dimana produk tersebut dapat diperolehnya.
Tujuan Promosi:
1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan
3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
Contoh kalimat promosi:
1. Kalimat Ajakan “Ayo, Beli Produk A Sebelum Anda Kehabisan”
Kalimat diatas merupakan contoh kalimat yang mengandung kata-kata jitu untuk mengajak orang membeli. Anda juga bisa menggunakan kalimat yang menyentuh hati calon konsumen seperti “Pembeli Senang Penjual Pun Tenang”, di sini ditunjukkan adanya win-win solution untuk mendapatkan konsumen yang tepat.
2. Kalimat Perhatian “Anda Beli 2 Gratis 1”
Kalimat harus mengandung unsur menarik perhatian seperti “Anda Beli 2 Gratis 1”. Jadi mengajak pembeli untuk tertarik bahwa mereka dapat 3 produk dengan membayar 2 produk. Sama halnya dengan kalimat promosi yaitu “Beli 1 Gratis 1”, ini merupakan kalimat promosi yang banyak menyita perhatian.
3. Kalimat Menanantang “Pecah Harga, Ada Cuci Gudang”
Contoh kalimat yang digunakan bisa lebih menantang calon konsumen pada umumnya yaitu “Pecah Harga, Ada Cuci Gudang”. Biasanya jika ada kata cuci gudang membuat banyak konsumen menyerbu karena berharap mendapatkan barang dengan harga lebih murah.
4. Kalimat Unik “ Barang Limited Edition ”
Adapun pemakaian kata-kata yang menunjukkan adanya keunikan dan membuat konsumen banyak penasaran yaitu “ Barang Limited Edition? Di Sini Tempatnya”. Ini merupakan kalimat yang membuat banyak konsumen setidaknya berkeinginan untuk melihat produk yang ditawarkan.
5. Kalimat Dadakan “Barang Branded Harga Nyungsep”
Ada juga pemakaian kata-kata yang sedikit dadakan atau membuat banyak orang kaget misalnya “Barang Branded Harga Nyungsep”. Ini menunjukkan adanya keseriusan pembeli untuk menjual produknya dengan harga yang tidak wajar. Keberanian penjual dalam menggunakan kalimat promosi akan sangat berpengaruh pada keinginan konsumen untuk membeli produk yang dijual.

Post Reply

Silakan dikomen gan ...

Replies (0)

×