alexa-tracking

Wow! Menangkap Maling Bisa Dapat Hadiah Lho

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af56e48dcd7702c358b456a/wow-menangkap-maling-bisa-dapat-hadiah-lho
Wow! Menangkap Maling Bisa Dapat Hadiah Lho
Wow! Menangkap Maling Bisa Dapat Hadiah LhoWow! Menangkap Maling Bisa Dapat Hadiah Lho
Menurut Agus Subagyo, Polisi Masyarakat atau Polmas (Community Policing, CP) merupakan paradigma baru Polri. Polmas adalah suatu sistem atau gaya perpolisian modern yang dalam pelayanan publik lebih menekankan kepada pentingnya penerapan pendekatan sosio-kultural, psikologis, personal, informal, persuasive, dan akomodatif, menggantikan gaya perpolisian konvensional yang cenderung birokratis, sentralistik, legalistik, formal/resmi, otoriter, represif, kaku/keras, dan general/seragam.

Sebagai suatu strategi, Polmas berarti model perpolisian yang menekankan kemitraan sejajar antara Petugas Polmas dengan masyarakat lokal dalam menyelesaikan dan mengatasi setiap permasalahan sosial yang mengancam keamanan, ketertiban masyarakat serta ketenteraman kehidupan masyarakat setempat dengan tujuan untuk mengurangi kejahatan dan rasa takut akan kejahatan serta meningkatkan kualitas hidup warga setempat. Karena itu, maka dibentuklah Forum Kemitraan Polisi-Masyarakat (FKPM). (subagyo)Wow! Menangkap Maling Bisa Dapat Hadiah Lho
Salah satu kegiatan nyata dari FKPM Kota Banjarmasin adalah mengadakan semacam “sayembara” menangkap maling, dengan berhadiah uang tunai. Akun Facebook Raisya Aditya memajang sebuah foto spanduk yang bertuliskan:

MENANGKAP MALING BERHADIAH. MALAM HARI RP.500.000. SIANG HARI RP.300.000. WILAYAH KELURAHAN SUNGAI ANDAI, KECAMATAN BANJARMASIN UTARA.

Pada sebelah kanan spanduk itu, tertera Logo FKPM Kota Banjarmasin.

Wow! Menangkap Maling Bisa Dapat Hadiah LhoLokasi pemasangan spandukWow! Menangkap Maling Bisa Dapat Hadiah Lho
Tidak diketahui kapan dan siapa yang memasang spanduk di atas jembatan itu. Namun melihat dari Logo yang ada, sangat mungkin itu dipasang oleh FKPM Kecamatan Banjarmasin Utara, sebab foto terpampang memang di wilayah Kelurahan Sungai Andai, Banjarmasin Utara. Ane sendiri belum mengecek kebenaran keberadaan spanduk tersebut. Tapi tampaknya foto tersebut masih baru.

Mungkin kita bertanya-tanya, mengapa hadiahnya beda antara menangkap maling di siang dan malam hari? Apakah dengan adanya “sayembara” ini efektif mengurangi tingkat kejahatan?

Jawabannya mungkin karena malam hari itu lebih sulit. Kebanyakan orang sudah tidur, dan risikonya lebih besar. Jadi, wajar kalau hadiahnya juga lebih besar. Sedangkan siang hari, masyarakat banyak, sehingga mudah bekerjasama dan risikonya juga kecil.

Dengan adanya semacam sayembara ini, diharapkan angka kejahatan pencurian akan berkurang, tindakan main hakim sendiri juga dapat diantisipasi, dan partisipasi masyarakat dalam menciptakan keamanan lingkungan sebagai mitra polisi semakin meningkat.

Wah, ada-ada aja ide kreatif FKPM ini. Kalo hadiahnya besar sampai puluhan juta, mungkin akan banyak masyarakat yang berpura-pura jadi maling ya! Sang penangkap dapat hadiah, lalu bagi-bagi sama aktor malingnya. emoticon-Big Grin

Lalu gimana dengan di wilayah GanSis semua, apakah ada juga sayembara semacam ini? Share pendapat kalian, apakah hal ini efektif untuk menurunkan angka kejahatan? (*)
Spoiler for Referensi:

Quote:
image-url-apps
tiati aja ntar temen malingnya ngincer ente emoticon-Big Grin
image-url-apps
mantap nih jadi bonus bwt bpk2 siskamling emoticon-2 Jempol
KASKUS Ads
malingnya satu, yang nangkep berlima
lumayan 100 rb / orang
good idea
emoticon-2 Jempol
image-url-apps
wow bounty kek one piece 😆
image-url-apps
Quote:


Quote:


mayan buat beli kopi tuk begadang ronda mlm. wkkk
image-url-apps
takutnya nanti gara2 berharap dapet hadiah bisa sembarangan tuduh orang atau fitnah orang sebagai maling.
image-url-apps
Quote:


haaa, ga sebanding antara hadiah dgn dosanya jika hArus memfitnah. ada syarat2nya tuk dpt hadiah, di antaranya ada bukti dan saksi, atau malingnya tertangkap tangan saat beraksi.
image-url-apps
tetap tdk efektif mengurangi pencurian, krn maling lebih lihai.
×