alexa-tracking

Gelar Rakor, Kemendes PDTT Percepat Penyaluran Dana Desa 2018

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af5666356e6affc788b4568/gelar-rakor-kemendes-pdtt-percepat-penyaluran-dana-desa-2018
Gelar Rakor, Kemendes PDTT Percepat Penyaluran Dana Desa 2018
Gelar Rakor, Kemendes PDTT Percepat Penyaluran Dana Desa 2018

JPP, JAKARTA Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengundang para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten, Provinsi, hingga Pemerintah Pusat dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Penyaluran Dana Desa 2018 di Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Menurut Direktur Jenderal Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kemendes PDTT Taufik Madjid, diundangnya seluruh stakeholder terkait program Dana Desa ini agar penggunaan Dana Desa 2018 untuk Padat Karya Tunai (PKT) dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.

"Khususnya proses pencairan dan penyaluran Dana Desa yang seharusnya dilaksanakan secara berdisiplin dan tepat waktu," tegasnya.

Taufik menjelaskan bahwa pelaksanaan pengunaan Dana Desa 2018 untuk PKT di desa perlu semakin ditingkatkan kualitasnya. Oleh karena itu, para pihak yang terlibat aktif dalam memfasilitasi desa untuk mengelola Dana Desa perlu secara terus menerus mendorong agar Dana Desa benar-benar bermanfaat bagi masyarakat desa.

Dalam hal ini, kata dia, Pemerintah Kabupaten/Kota harus disiplin dalam memproses pencairan Dana Desa dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD), serta menyalurkan Dana Desa dari RKUD ke Rekening Kas Desa (RKD).

"Karena semakin lambat proses pencairan dan penyaluran Dana Desa akan berdampak pada lambatnya pelaksanaan penggunaan Dana Desa 2018 untuk program PKT. Kondisi ini tentu berdampak pada rendahnya penggunaan Dana Desa untuk menciptakan lapangan kerja sementara bagi warga desa yang menganggur atau setengah menganggur serta warga miskin," jelas Taufik.

Oleh sebab itu, kata dia, apabila masih ada Dana Desa yang mengendap di rekening pemerintah, maka harus dilakukan langkah-langkah percepatan pencairan dari RKUN ke RKUD serta penyaluran dari di RKUD ke RKD.

Lebih lanjut Taufik menyampaikan bahwa desa perlu difasilitasi untuk memprioritaskan penggunaan Dana Desa untuk kegiatan pembangunan desa yang bersifat produktif dan berkelanjutan secara ekonomi.

Misalnya, Ia mencontohkan, refocusing penggunaan Dana Desa untuk PKT diarahkan pada pengembangan produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades).

"Agar efektif dalam penanggulangan kemiskinan, penggunaan Dana Desa untuk PKT harus dibarengi dengan refocusing kegiatan pembangunan Desa yang mampu menciptakan lapangan kerja yang berkelanjutan," ujar Taufik.

Bukan itu saja, dorongan juga perlu dilakukan dalam pelaksanaan penggunaan Dana Desa untuk PKT yang harus dikelola secara sinergis melalui kerja sama antarkementerian/lembaga nonkementerian, maupun antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Sinergitas dalam memfasilitasi penggunaan Dana Desa untuk PKT ini diharapkan akan lebih meningkatkan kinerja pencairan dan penyaluran Dana Desa, serta meningkatkan kualitas kegiatan pembangunan desa yang dibiayai Dana Desa," tandas Taufik.

Sebagai informasi, Dana Desa 2018 yang dialokasikan pemerintah pusat sebesar Rp60 trilyun disalurkan dari Pemerintah kepada Desa melalui Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, di mana dalam penggunaannya wajib dilakukan secara PKT.

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, yakni Menteri PPN/Bappenas, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, dan Mendes PDTT, pada tanggal 18 Desember 2017 yang memandatkan bahwa Dana Desa digunakan untuk PKT.

PKT ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah atau pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus mendukung penurunan angka stunting. (des)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/pembangun...dana-desa-2018

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Gelar Rakor, Kemendes PDTT Percepat Penyaluran Dana Desa 2018 Dirjen Dukcapil Ingatkan Daerah Segera Terapkan GISA dari Tingkat Desa/Kelurahan

- Gelar Rakor, Kemendes PDTT Percepat Penyaluran Dana Desa 2018 Di Forum IFAD, Menteri Eko Paparkan Keberhasilan Dana Desa Atasi kemiskinan

- Gelar Rakor, Kemendes PDTT Percepat Penyaluran Dana Desa 2018 Tingkatkan Konektivitas, Kemenhub Kaji Pembangunan KA Sumsel-Bengkulu

×