alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Menteri Eko Sebut Kopi Magnet Kuat Investasi Pascapanen di Desa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af55c169a09511c268b457c/menteri-eko-sebut-kopi-magnet-kuat-investasi-pascapanen-di-desa

Menteri Eko Sebut Kopi Magnet Kuat Investasi Pascapanen di Desa

Menteri Eko Sebut Kopi Magnet Kuat Investasi Pascapanen di Desa

JPP, JAKARTA - Bisnis yang berhubungan dengan gaya hidup saat ini telah menjadi salah satu bidang usaha paling laku di Indonesia.

Terkait itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT)  Eko Putro Sandjojo mengatakan bahwa salah satu bisnis gaya hidup yang potensial di Indonesia adalah bisnis kopi.

“Indonesia adalah penghasil kopi nomor 4 dunia. Kabupaten yang potensial kopi saya minta agar fokus,” ujarnya saat menjadi keynote speaker dalam sebuah seminar di Jakarta, Selasa (8//20185).

Menteri Eko menjelaskan, pengembangan kopi di desa-desa dapat dilakukan melalui program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades).

Dengan Prukades, maka daerah potensial kopi akan memiliki skala ekonomi yang cukup, sehingga menjadi magnet kuat bagi dunia usaha untuk investasi pascapanen.

“Tahun ini saya buka pendaftaran program Prukades, yang daftar ada 168 kabupaten. Setelah diseleksi, kita luluskan 128 kabupaten, kita link-kan dengan 68 perusahaan menengah dan besar, membentuk 240 kesepakatan dengan investasi Rp47 triliun. Salah satunya adalah kopi,” ungkap Menteri Eko.

Menurutnya, kopi adalah salah satu produk Indonesia yang tidak boleh diremehkan. Namun demikian, perlu keterlibatan dunia usaha agar produk kopi dapat berkembang dengan pesat.

“Kalau Dana Desa memang masih fokus untuk infrastruktur karena desa-desa masih minim infrastruktur. Tapi, Pemerintah tidak hanya Kementerian Desa saja. Di samping itu, jangan lupa libatkan pengusaha,” ujarnya.

Selain jumlah dan kualitas produksi, lanjut Menteri Eko, nilai jual kopi juga terletak pada pengelolaannya. Selain itu, kata dia, juga dibutuhkan pengalaman untuk dapat masuk ke dalam gaya hidup masyarakat kekinian.

Dirinya pun berharap Indonesia memiliki pengalaman yang dapat menciptakan nilai jual tersendiri. “Tujuh tahun ke depan segala yang ada di kota besar juga akan ada di desa. Kopi mahal di kota-kota tujuh tahun ke depan juga akan muncul di desa,” tuturnya optimistis. (des)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/pembangun...apanen-di-desa

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Menteri Eko Sebut Kopi Magnet Kuat Investasi Pascapanen di Desa Soal Pengembangan Teknologi, Indonesia Sasar Pasar Global

- Menteri Eko Sebut Kopi Magnet Kuat Investasi Pascapanen di Desa BI: Ekspor dan Pariwisata Bisa Perkuat Rupiah

- Menteri Eko Sebut Kopi Magnet Kuat Investasi Pascapanen di Desa Keberanian Lembaga Hukum Indonesia Menuai Apresiasi

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di