alexa-tracking

Letusan freatik Gunung Merapi picu hujan abu

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af557eb54c07a9a758b4579/letusan-freatik-gunung-merapi-picu-hujan-abu
Letusan freatik Gunung Merapi picu hujan abu
Letusan freatik Gunung Merapi picu hujan abu
Letusan Gunung Merapi di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah terlihat dari Ambarawa, Jawa Tengah, pada Jumat (11/5/2018) pagi WIB.
Gunung Merapi mengeluarkan letusan freatik dengan durasi kegempaan vulkanik selama lima menit pada Jumat (11/52018) pukul 07.43 WIB. Letusan menghasilkan awan tebal setinggi 5.500 meter dari puncak gunung.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta (BPBD DIY) melaporkan bahwa freatik artinya letusan yang dipicu pertemuan air dengan suhu panas sehingga menghasilkan dominasi uap air, hanya berlangsung satu kali, dan tanpa letusan susulan.

Di Yogyakarta, kepulan awan tebal itu terlihat jelas dari jarak 10 kilometer. “Getaran gempa juga terasa sampai di sini,” kata Jati Waluyo, warga Purwomartani, Kalasan, Sleman.

Badan Geologi Kementerian ESDM mengonfirmasi peristiwa erupsi Merapi itu. “(Tapi) sekarang sudah normal,” kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Hanik Humaida kepada Beritagar.id melalui sambungan telepon.

Meski kondisi kegempaan kembali normal, hujan abu mulai turun di wilayah Yogyakarta. Maklum, menurut Hanik, letusan Merapi melontarkan sekaligus material yang kemudian terembus oleh angin ke arah selatan dan barat daya gunung.

Usi Fahreza, seorang guru di SMK Muhammadiyah Pakem, Sleman, mengatakan hujan abu turun sejak pukul 08.30 WIB ketika pengajar dan siswa sedang menjalankan kerja bakti di sekitar sekolah. Tak ada kepanikan melanda, tapi akhirnya siswa dipulangkan lebih cepat akibat peristiwa itu.

Selain di Pakem, sejumlah sekolah di Sleman juga memulangkan siswanya lebih cepat. Sementara itu, BPBD DIY menyebut telah mengevakusi warga di sekitar Merapi ke tempat pengungsian.

Beberapa menit kemudian, Usi melanjutkan, hujan abu menyebar lebih luas ke arah selatan gunung. “Di Jakal (Jalan Kaliurang) KM 10 hujan abu turun pada pukul 09.00,” katanya menjelaskan pergerakan hujan abu.

Reza Fitriyanto, fotografer Beritagar.id, melaporkan abu di udara justru nyaris tak kasat mata meski terjadi hujan. “Tapi di kaca mobil terlihat jelas,” katanya yang mengalami hujan abu di kediaman rumahnya di Jalan Godean, Demak Ijo, Sleman.

BPBD DIY mengimbau warga tak panik dengan peristiwa itu. Jika terpaksa mengungsi, warga dipersilakan mengungsi ke tempat yang disediakan dan tetap tenang sembari menunggu informasi dari petugas berwenang.

Sedangkan bandara internasional Adi Sucipto, Yogyakarta, harus ditutup akibat hujan abu. Menurut keterangan tertulis Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia), penutupan bandara pada Jumat bakal berlangsung hingga pukul 16.30 WIB.
Letusan freatik Gunung Merapi picu hujan abu
Abu tipis akibat letusan freatik Gunung Merapi terlihat di bodi sepeda motor di Sleman, Yogyakarta, Jumat (11/5/2018).
Sementara di kota Yogyakarta, warga diminta mengenakan masker jika berpergian keluar rumah. Sementara pengurus kampung Pujokusuman, Mergangsan, menyiarkan imbauan melalui pengeras suara agar bisa didengar warga.

Gunung Merapi terletak di perbatasan Jawa Tengah dan DIY. Gunung setinggi 2.968 meter di atas permukaan laut ini tercatat sebagai gunung api strato paling giat di Indonesia.

Sejak 1672 hingga 2010, Merapi tercatat meletus lebih dari 80 kali. Interval waktu erupsi berkisar antara satu hingga 18 tahun atau rata-rata empat tahun. Sejak abad 17 hingga 20, jumlah korban jiwa akibat erupsi Merapi --baik oleh awan panas maupun lahar--tercatat mencapai 5.200 jiwa.

Erupsi Merapi terakhir terjadi pada delapan tahun silam. Letusan yang terjadi pada 26 Oktober 2010 itu bahkan disebut sebagai terdahsyat dalam kurun 100 tahun. Dengan indeks letusan VEI 4, volume material vulkanis yang dikeluarkan Merapi pada letusan tahun 2010 mencapai 130 juta meter kubik.

Sebaran awan panas dan jatuhan material bahkan melampaui batas peta kawasan rawan bencana yang diterbitkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi 2002.

Letusan itu menyebabkan kerusakan besar. Ratusan orang meninggal, termasuk juru kunci Merapi Mbah Marijan akibat terjangan awan panas di Cangkringan. Sementara itu, ratusan ribu warga Jawa Tengah dan DIY mengungsi.
Letusan freatik Gunung Merapi picu hujan abu


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...picu-hujan-abu

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Letusan freatik Gunung Merapi picu hujan abu Indonesia kecam Amerika pindahkan kedutaan ke Yerusalem

- Letusan freatik Gunung Merapi picu hujan abu Jam kerja pegawai pemerintah berkurang selama Ramadan

- Letusan freatik Gunung Merapi picu hujan abu Saham suram, potensi dana kelolaan BPJS TK susut Rp16 triliun