alexa-tracking

Ingin puasa nya tetap segar ? Ikuti sunnah berpuasa ala rasulullah berikut ini

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af52ec7c0d7703e658b4567/ingin-puasa-nya-tetap-segar--ikuti-sunnah-berpuasa-ala-rasulullah-berikut-ini
Ingin puasa nya tetap segar ? Ikuti sunnah berpuasa ala rasulullah berikut ini
Ada beberapa tips puasa ramadhan ala Rasulullah SAW selama bulan Ramadhan yang sunnah untuk kita ikuti, diantaranya adalah:

Menyegerakan buka puasa
Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk menyegerakan berbuka, beliau bersabda :

لَا يَزَالُ الناسُ بِخَيْرٍ مَا عَجلُوْا الْفِطْرَ – رواه الشيخان

“Manusia akan sentiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Apabila telah datang waktu berbuka puasa, hendaklah menyegerakan berbuka, karena didalamnya terdapat banyak kebaikan.

Mengakhirkan Sahur
Zaid bin Tsabit berkata, “Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah saw. Kemudian kami melaksanakan shalat. Kemudian saya bertanya: Berapa lamakah waktu antara keduanya (antara makan sahur dengan salat)? Rasulullah menjawab: Selama bacaan lima puluh ayat.” (HR. Shahih)

Jika 50 ayat itu sekitar 5 menit, maka berhentilah makan dan minum lalu selang waktu 5 menit kemudian melaksanakan shalat subuh.

Makan Kurma dan Madu saat sahur dan berbuka
“Apabila seseorang di antara kamu berbuka, hendaknya ia berbuka dengan kurma, jika tidak mendapatkannya, hendaknya ia berbuka dengan air karena air itu suci.” (HR. Imam Lima)

Memakan 3 butir kurma dan meminum 2 sendok makan madu setelah sahur dan berbuka puasa atau bisa juga sebagai takjil (setelah makan utama) sangat baik bagi tubuh (Baca juga: Manfaat Takjil). Kandungan kalori yang tinggi pada kurma dan madu dapat memberikan kita energi yang cukup untuk aktivitas seharian agar kuat berpuasa (Baca juga: tips agar kuat berpuasa).

Membaca Al-Quran
Imam Az-Zuhri berkata, “Apabila datang Ramadhan, maka kegiatan utama kita selain berpuasa adalah membaca Al-Qur’an.” Bacalah dengan tajwid yang baik dan tadabburi, pahami, dan amalkan isinya. Insya Allah, kita akan menjadi insan yang berkah.

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini Al-Quran pertama kali diturunkan. Tidak heran kenapa Rasulullah lebih sering membaca Al-Quran pada bulan ini dibandingkan pada bulan-bulan lainnya. Manfaat membaca Al-Quran memberi kita banyak sekali pelajaran dalam kehidupan sehari-hari (Baca juga: Manfaat membaca Al-Quran setiap hari).

Berolahraga
“Jika salah seorang di antara kamu berpuasa, maka hendaklah pada pagi harinya ia dalam keadaan berharum-haruman serta rambut yang tersisir rapi.”(HR Bukhari).

Walaupun kita dalam keadaan berpuasa, tetapi itu tidak membuat kita menghentikan kegiatan. Kita tetap semangat untuk bekerja dan beribadah. (Baca juga: tips berpuasa sambil bekerja)

Agar kondisi badan tetap terjaga, kegiatan berolahraga tetap dijalankan meskipun dengan intensitas yang agak dikurangi. Setelah kita berolahraga, walaupun kita berkeringat, lelah dan haus akan segar kembali setelah mandi (Baca juga: Cara Mandi Dalam Islam).

Memberikan Makanan Berbuka Puasa
“Barang siapa yang memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa itu” (Shohih Nasa’i dan Tirmidzi).

Di bulan yang mulia ini adalah kesempatan kita untuk berbuat kebaikan. Dengan memberi makan tetangga, anak-anak yatim, dan orang-orang tidak mampu, selain berbagi kebahagian, itu merupakan amalan-amalan untuk kita di akhirat.

Memberikan Dakwah
“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung.” (TQS. Al-Imran[3] : 104).

Walaupun hanya satu ayat, sampaikan kebenaran-kebenaran fungsi Al-Quran bagi umat manusia serta keajaiban Al-Quran di dunia.


Melaksanakan Shalat Tarawih
Salah satu keistimewaan ramadhan adalah dengan adanya Shalat Tarawih. Shalat ini merupakan salah satu shalat sunnah yang hanya ada pada bulan Ramadhan.

Rasulullah pernah merasa khawatir kalau Shalat Tarawih dianggap sebagai Shalat wajib karena semakin hari semakin banyak yang mengikuti shalat tarawih di Masjid. Lalu Rasulullah melakukan shalat Tarawih sendiri di rumah.

Melakukan Itikaf
Itikaf artinya berdiam diri di Masjid dengan niat sebagai bentuk iman kita kepada Allah (Baca juga: Manfaat beriman kepada Allah). Salah satu amal yang selalu Rasulullah SAW lakukan selama bulan Ramadhan.

Imam Az-Zuhri berkomentar, “Aneh benar keadaan orang Islam, mereka meninggalkan i’tikaf padahal Rasulullah tidak pernah meninggalkannya sejak beliau datang ke Madinah sampai beliau wafat”.

Menanti Malam Lailatul Qadar
Malam Lailatul Qadar merupakan satu malam yang istimewa pada bulan Ramadhan. (Baca juga: keutamaan malam Lailaul Qadar). Malam tersebut merupakan malam yang penuh berkah. Malam yang nilainya sama dengan seribu bulan. Tidak semua orang bisa meraih Lailatul Qadar. Bahkan, untuk mendapatkan malam penuh berkah itu, Rasulullah SAW mengajarkan kita sebuah dengan doa, “Allahumma innaka ‘afuwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii” yang artinya “Ya Allah, Engkaulah Pemilik Ampunan dan Engkaulah Maha Pemberi Ampun. Ampunilah aku”.

Rasulullah lebih fokus menjalankan ibadah pada 10 hari pertama (Baca juga: fadhilah puasa Ramadhan 10 hari pertama), pertengahan bulan, dan terutama pada 10 hari akhir untuk mendapatkan Lailatul Qadar.

Rasulullah SAW bersabda yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim: “Barangsiapa yang shalat pada malam lailatul qadar berdasarkan iman dan ihtissab, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Menjalankan Umrah
Pada bulan Ramadhan segala amalan baik nilainya berlipat-lipat. Jika kalian mampu, pergilah untuk Umrah. Umrah tidak membebani kita dalam berpuasa. Puasa kita semakin lancar dan mendapat pahala berkali-kali lipat. Amin. (Baca juga: tips agar lancar berpuasa).


Rasulullah SAW berkata kepada Ummu Sinan melalui riwayat Bukhari dan Muslim: “Seorang wanita Anshar, agar apabila datang bulan Ramadhan, hendaklah ia melakukan umrah, karena nilainya setara dengan haji bersama Rasulullah SAW”.

Melaksanakan Taubat
Pintu ampunan terbuka lebar selama bulan Ramdhan oleh Allah SWT bagi seluruh hambanya yang benar-benar melaksakan taubat dengan sungguh-sungguh. Bulan Ramadhan merupakan kesempatan bagi hamba Allah untuk kembali fitrah.

Memberikan Zakat Fitrah bagi yang mampu
Sehari sebelum bulan Ramadhan berakhir wajib bagi kita umat muslim yang mampu untuk membayar Zakat Fitrah sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. Dengan ijin Allah SWT, dengan mengeluarkan zakat ini kita kembali fitrah.

Demikian 13 tips berpuasa ramadhan ala Rasulullah. Semoga berguna di kehidupan sehari-hari kita dan semakin mendekatkan kita kepada Allah SWT. Amin YRA.
Ramadhan bulan ini mau nyari lailatul qadr
image-url-apps
Quote:


ane seumur hidup belom pernah ketemu lailatul qadar, semoga ramadhan kali ini bisa merasakan
×