alexa-tracking

Jam kerja pegawai pemerintah berkurang selama Ramadan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af52da6de2cf226218b4572/jam-kerja-pegawai-pemerintah-berkurang-selama-ramadan
Jam kerja pegawai pemerintah berkurang selama Ramadan
Jam kerja pegawai pemerintah berkurang selama Ramadan
Para Aparatur Sipil Negara (ASN) memperingati ulang tahun provinsi Sulawesi Tengah di Palu, 13 April 2018.
Para pegawai pemerintah (aparatur sipil negara/ASN) seperti pegawai negeri sipil (PNS), prajurit TNI, dan Polri bakal mendapat pengurangan jam kerja selama bulan Ramadan 2018. Hal itu diatur dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) nomor 336 tahun 2018 tentang Penetapan Jam Kerja ASN, TNI, dan POLRI yang diterbitkan pada Selasa (8/5/2018).

Bagi para ASN di instansi dengan lima hari kerja, jam kerja berlangsung pada pukul 08.00 hingga 15.00--kecuali pada Jumat yang hingga 15.30. Sementara bila instansi menetapkan enam hari kerja, jam kerja pada Senin-Kamis dan Sabtu hanya pada pukul 08.00-14.00. Adapun pada Jumat hingga pukul 14.30.

Kementerian PAN RB menjelaskan, perubahan jam kerja ditetapkan agar ASN bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Meski begitu, Menteri PAN RB Asman Abnur tetap meminta para ASN tidak mengabaikan tugas dan tetap menjalankan pelayanan publik seperti biasa.

"Jam kerja dikurangi satu jam dari biasanya. Jumlah jam kerja bagi instansi pemerintah pusat dan daerah yang melaksanakan lima hari atau enam hari kerja menjadi 32,5 jam per minggu," demikian penjelasan dalam surat edaran tersebut.

Kendati demikian, pelaksanaan kebijakan ini juga bakal diatur lebih lanjut oleh setiap kepala instansi dan pemerintah daerah. Mereka boleh menyesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat.

Pemprov Jambi, misalnya, belum menentukan teknis pelaksanaan. Dilansir Tribun Jambi, Kepala BKD Provinsi Jambi Husairi mengatakan keputusan soal itu bakal diumumkan pada Senin (14/8) mendatang.

Kemungkinan besar, pelaksanaan pengurangan jam kerja tak akan berbeda dengan Ramadan tahun lalu. Kebetulan durasi dari Kementerian PAN RB sama seperti tahun lalu. "...tidak ada perubahan," katanya.

Sementara di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), jam kerja para ASN pada masa Ramadan berkurang selama 60 menit. Masiing-masing 30 menit pada jam masuk dan 30 menit pada jam pulang.

Pada masa normal, masuk kantor pukul 07.30 WITA dan pulang pada pukul 16.00 WITA. Namun, pada masa Ramadan menjadi 08.00 WITA dan 15.30 WITA.

Menurut Sekretaris Daerah Maros, Baharuddin, ini adalah kebijakan rutin yang berlaku setiap Ramadan. "Kami berikan kesempatan ke ASN yang muslim untuk mempersiapkan kebutuhan berbuka," ujarnya soal jam pulang lebih cepat seperti ditulis Tribun Maros.

Adapun di Kabupaten Barru, Sulsel, kebijakan jam kerja pegawai di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) selama Ramadan bakal berubah. Pengurangan durasi kerja mencapai dua jam per hari.

Menurut Kepala Seksi Penetapan dan Pembayaran Samsat Barru, Muh Ampar Nur, ini adalah kebijakan rutin selama masa Ramadan yang ditetapkan Bapenda Provinsi Sulsel.

Bila pada masa non-Ramadan, jam kerja berlangsung pada 08.00-17.00 WITA, maka pada masa Ramadan menjadi 08.00-15.00 WITA (h/t Tribun Barru).

Khusus di Sulsel, agenda olahraga senam kesegaran jasmani dan apel (upacara) bagi para ASN bakal ditiadakan selama Ramadan. Kemudian, para ASN juga diimbau tidak lagi terlambat masuk kerja karena bakal ada evaluasi sanksi kendati tak dijelaskan detail.

Perubahan jam kerja selama Ramadan juga bakal diberlakukan Bank Indonesia. Menurut Agusman, Direktur Komunikasi BI, pengaturan jam kerja khusus selama Ramadan adalah hal rutin bagi kalangan internal bank sentral Indonesia itu.

Namun Agusman kepada Kontan.co.id, Rabu (9/5), menjamin perubahan jam kerja itu tak akan memberi pengaruh pada pelayanan publik seperti aktivitas kliring.
Jam kerja pegawai pemerintah berkurang selama Ramadan


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...selama-ramadan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Jam kerja pegawai pemerintah berkurang selama Ramadan Saham suram, potensi dana kelolaan BPJS TK susut Rp16 triliun

- Jam kerja pegawai pemerintah berkurang selama Ramadan Seruan 'Kami Bersama Polri' dan tindak tegas terorisme

- Jam kerja pegawai pemerintah berkurang selama Ramadan Jejak Aman dan dugaan rencana penyanderaan di Mako Brimob

×