alexa-tracking

Saham suram, potensi dana kelolaan BPJS TK susut Rp16 triliun

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af526a9d675d41c618b456e/saham-suram-potensi-dana-kelolaan-bpjs-tk-susut-rp16-triliun
Saham suram, potensi dana kelolaan BPJS TK susut Rp16 triliun
Saham suram, potensi dana kelolaan BPJS TK susut Rp16 triliun
Dua pekerja berbincang di depan layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, di Jakarta, Agustus 2016. Anjloknya harga saham membuat hilangnya potensi kelolaan dana BPJS TK.
Anjloknya harga saham-saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak akhir April lalu, membuat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) kehilangan potensi penambahan dana kelolaan sebesar Rp16 triliun pada periode Januari-Maret 2018.

Hilangnya potensi tambahan dana ini disebabkan karena perbedaan nilai yang diinvestasikan dan nilai di pasar saat ini.

Menurut Direktur Pengembangan Investasi BPJS-TK Amran Nasution mengatakan, pada akhir Maret 2018 dana kelolaan yang diinvestasikan mencapai Rp321 triliun.

Nilai tersebut dihitung berdasarkan marked to market atau dihitung berdasar harga saham terkini pada masing-masing portofolio.

"Bila tidak marked to market maka dana yang bisa dinvestasikan sebesarnya mencapai Rp337 triliun," ujar Amran, Selasa (8/5/2018) seperti dikutip dari CNBC Indonesia.

Dengan demikian selisih dana investasi BPJS-TK berdasarkan marked to market dan nonmarked to market mencapai Rp16 triliun.

Mengutip Bloomberg Index, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok drastis pada Kamis (26/4/2018). Pada hari itu, IHSG pertama kalinya dalam tahun ini berada pada level di bawah 6.000. Pada Rabu (2/5/2018) lalu, IHSG sempat memantul menembus angka 6.012, tapi kembali longsor hingga hari ini.

BPJS TK menghimpun dananya dari para pekerjadan perusahaan pemberi pekerjaan. Dana yang dihimpun dari potongan gaji bulanan ini sudah terkumpul ratusan triliun rupiah. Hingga akhir tahun lalu, dana kelolaan mencapai Rp317,26 triliun. Dari jumlah itu, sebesar Rp73 triliun diinvetasikan ke infrastruktur.

Amran menyatakan, BPJS TK tetap untung investasinya jika dihitung sejak awal tahun. Menurut hitungannya, dana kelolaan masih dapat tumbuh sebesar 1,23 persen dari posisi awal 2018. "Tentu saja ini didukung oleh pencapaian iuran, dan strategi investasi yang tepat," ujarnya seperti dikutip dari Kompas.com.

Tapi pasar modal yang bergejolak tetap membuat BPJS TK harus melakukan diversifikasi portofolio, khususnya pada instrumen dengan dampak paling minimal.

Amran berharap Bank Indonesia akan meningkatkan suku bunga acuan, yang akan berdampak positif pada Instrumen Pendapatan Tetap, seperti surat utang dan deposito.

Portofolio Pendapatan Tetap adalah ladang utama investasi BPJS TK. "Sebesar 71 persen ditempatkan pada Surat Utang dan deposito yang mempunyai dampak minimal terhadap gejolak IHSG," kata Amran.

Harapannya, jika suku bunga acuan naik, maka akan memberikan keuntungan yang lebih menarik.

Selain itu, strategi yang akan diambil BPJS TK adalah mengoleksi saham-saham yang sedang turun harga, tetapi memiliki fundamental yang bagus.

"Kami mempertimbangkan pembelian saham dengan valuasi yang menarik, tetapi tetap menekankan pada kelayakan fundamental, potensi pertumbuhan jangka panjang dan mengedepankan prinsip kehati-hatian dan 'governance'," ucap Amran seperti dikutip dari Merdeka.com.

Menurut Amran, portofolio BPJS Ketenagakerjaan memiliki prospek jangka panjang yang baik. Dia yakin kondisi fundamental Indonesia masih positif, sehingga diharapkan tidak butuh waktu lama bagi pasar modal untuk kembali pulih. “Kondisi market tidak dapat kita duga, tinggal bagaimana investor memanfaatkan momentum," kata Amran.
Saham suram, potensi dana kelolaan BPJS TK susut Rp16 triliun


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...t-rp16-triliun

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Saham suram, potensi dana kelolaan BPJS TK susut Rp16 triliun Seruan 'Kami Bersama Polri' dan tindak tegas terorisme

- Saham suram, potensi dana kelolaan BPJS TK susut Rp16 triliun Jejak Aman dan dugaan rencana penyanderaan di Mako Brimob

- Saham suram, potensi dana kelolaan BPJS TK susut Rp16 triliun Saat penumpang harus turun lagi dari pesawat Lion Air

image-url-apps
menejemennya gmn si?
×