alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Jaga Stabilitas Harga Pangan, Bulog Selalu Intervensi Pasar
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af51e34d9d770997d8b456c/jaga-stabilitas-harga-pangan-bulog-selalu-intervensi-pasar

Jaga Stabilitas Harga Pangan, Bulog Selalu Intervensi Pasar

Jaga Stabilitas Harga Pangan, Bulog Selalu Intervensi Pasar

JPP, JAKARTA - "Untuk menjaga stabilisasi harga pangan, Bulog selalu siap lakuka intervensi pasar. Apalagi dalam menghadapi momen penting seperti Ramadan dan Lebaran." Demikian disampaikan Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Karyawan Gunarso

Ia mengatakannya dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk "Ketersediaan Stok Pangan Jelang Ramadhan 2018" yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Jumat (11/5/2018).

Gunarso menegaskan tahun ini stabilitas harga harus lebih terjaga dari tahun lalu karena Bulog diminta pemerintah melakukan Gerakan Stabilisasi Pangan. 

Selaku operator, Bulog harus melakukan langkah-langkah strategis  dalam upaya mewujudkan keinginan pemerintah tersebut. 

Stok Pangan Cukup dan Distribusi Memadai 

Menurut Gunarso, jumlah stok beras di seluruh NKRI jumlahnya sangat cukup."Totalnya mencapai lebih daru satu juta ton," tukasnya mantap.  

Sedangkan daging kerbau beku stoknya 4000 ton lebih. Ia menambahkan bahwa beberapa provinsi sudah mengajukan permintaan daging kerbau ini.

Lalu Bulog telah menggelontorkan sebanyak 400 ribu ton gula pasir dan masih memiliki stok sisa sebanyak 190 ribu ton. 

Selanjutnya untuk mendukung bahan-bahan pokok itu sampai ke masyarakat perlu jaringan distribusi yang memadai bahkan harus mencapai daerah-daerah terpecil.

"Kami memiliki GDT (gudang daerah terpencil) dan diisi stok bahan pangan untuk kebutuhan tiga bulan ke depan," tukas Gunarso. 

Ia memaparkan Bulog memiliki 1500 unit gudang dengan total kapasitas penyimpanan lebih dari 4 juta ton. Masih ditambah adanya 130 antor sub regional dan ditunjang dengan jaringan teknplogi terkini dan memadai.

"Dengan demikian Bulog siap mengamankan ketersedian pangan dan stabilitas harga pangan tahun ini dan berikutnya," tegas Gunarso. 

Turut hadir sebagai narasumber antara lain Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi dan  Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kemendag Kasan Muhr. 

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di: www.fmb9.id, FMB9ID (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID (Youtube).

 


Sumber : https://jpp.go.id/ekonomi/perdaganga...tervensi-pasar

---

Kumpulan Berita Terkait EKONOMI :

- Jaga Stabilitas Harga Pangan, Bulog Selalu Intervensi Pasar Stabilitas Harga Pangan 2017 Bukti Kenaikan Jelang Puasa Bisa Dihindari

- Jaga Stabilitas Harga Pangan, Bulog Selalu Intervensi Pasar Kementan: Stok Pangan pada Ramadan dan Idul Fitri Aman

- Jaga Stabilitas Harga Pangan, Bulog Selalu Intervensi Pasar Pemerintah Siap Sediakan Bahan Pangan Jelang Ramadan 2018

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di