alexa-tracking

12 Mitos Populer tentang Alkohol dan Mabuk

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af50caea2c06e3d758b4567/12-mitos-populer-tentang-alkohol-dan-mabuk
12 Mitos Populer tentang Alkohol dan Mabuk
12 Mitos Populer tentang Alkohol dan Mabuk


Minuman beralkohol sudah menjadi lifestyle untuk sebagian orang. Seringkali dikonsumsi saat hangout, tapi kebanyakan menenggak minuman beralkohol bisa membuat seseorang jadi mabuk bahkan hingga tak sadarkan diri.
Banyak anggapan yang beredar terkait alkohol, salah satunya bahwa mabuk bukan masalah besar. Padahal, mabuk adalah reaksi tubuh akibat diracuni alkohol terlalu banyak. Akibatnya, sistem saraf pusat mengalami gangguan lalu menyebabkan sakit kepala, pusing, mual, dan dehidrasi. Setelah efek alkohol hilang, akan timbul sakit kepala berat, kelelahan, mulut baal, perut kram, dan sistem kekebalan tubuh melemah. Tentu saja hal tersebut tidak bisa disepelekan.

Masih banyak mitos tentang alkohol dan mabuk. Misalnya saja, alkohol membantu untuk tidur lebih baik atau minum kopi bisa mengurangi efek mabuk. Benarkah begitu? Yuk, cek fakta dan mitos tentang alkohol selengkapnya.

1.Mabuk bukan masalah yang besar
Fakta: Mabuk adalah reaksi tubuh akibat diracuni alkohol terlalu banyak. Orang yang minum alkohol secara berlebihan akan mengalami gangguan sistem saraf pusat. Ini bukanlah hal yang sepele, karena dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual, dan dehidrasi. Selain itu, setelah efek alkohol hilang akan timbul sakit kepala berat, kelelahan, mulut baal, perut kram, dan sistem kekebalan tubuh melemah.

2.Mabuk tidak mengenal gender
Fakta: Siapa bilang mabuk tidak mengenal gender? Dengan minuman yang sama, wanita lebih mungkin memberikan dampak negatif alkohol ketimbang pria. Hal ini karena pria memiliki kandungan air yang lebih banyak di tubuhnya ketimbang wanita, yang dapat membantu mengencerkan alkohol yang diminumnya. Sedangkan pada wanita, dalam jumlah yang sama, alkohol lebih banyak terbentuk dalam aliran darah.

3.Mabuk hanya terjadi jika minum banyak alkohol
Fakta: Memang benar minum banyak alkohol dapat menyebabkan mabuk, tapi itu juga tergantung pada komposisi tubuh. Pada sebagian orang, hanya minum segelas alkohol saja sudah bisa memicu sakit kepala dan gejala mabuk lainnya.

4.Wine adalah jenis alkohol yang paling ringan
Fakta: Anggur merah mengandung tanin, yaitu senyawa yang dikenal sebagai pemicu sakit kepala pada beberapa orang. Minuman seperti wiski juga cenderung menyebabkan mabuk yang lebih parah. Wine bahkan lebih keras daripada vodka dan gin.

5.Diet koktail merupakan cara yang aman
Fakta: Diet minuman mungkin dapat membantu jika Kamu ingin mengurangi kalori, tetapi tidak akan membantu untuk menghindari mabuk. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan, jus buah, atau cairan yang mengandung gula dapat mengurangi intensitas minum minuman beralkohol

6.Minum liquor sebelum bir tidak membuat mabuk
Fakta: Bukan masalah urutan jenis minuman alkohol yang Kamu konsumsi, tapi berapa banyak jumlah alkohol yang Kamu minum. Mengonsumsi liquor sebelum meminum bir tidak akan menjamin Kamu tidak mabuk.

7.Makan sebelum tidur dapat mengurangi efek mabuk
Fakta: Ini merupakan satu dari 2 anggapan yang salah. Pertama, makan sebelum tidur (setelah minum alkohol) tidak akan membantu mengurangi efek mabuk. Kedua, meskipun makanan dapat memperlambat penyerapan alkohol tubuh, tapi makan sebelum tidur justru malah memperburuk keadaan tubuh Kamu.

8.Minum 2 pil anti nyeri sebelum tidur Kamu akan baik-baik saja
Fakta: Memang benar bahwa obat anti nyeri dapat membantu mengatasi nyeri kepala hebat yang Kamu rasakan akibat terlalu banyak minum semalam. Akan tetapi, bukan berarti kedua obat tersebut dapat mencegah terjadinya nyeri kepala. Selain itu, obat-obat anti nyeri dapat memperburuk keadaan hati Kamu yang memang sudah "kelelahan" akibat terlalu banyak alkohol yang harus diprosesnya.
 
9.Alkohol membantu Kamu untuk tidur lebih baik
Fakta: Bukannya membantu untuk tidur lebih baik, alkohol malah dapat mengganggu tidur. Pada awalnya, alkohol mungkin dapat membantu orang tertidur lebih cepat, tapi alkohol membuat tubuh tidak bisa mencapai siklus tidur REM (tidur dalam) dan membuat orang bangun lebih cepat karena dampak sakit pasca mabuk.

10.Minum lagi di pagi hari akan membuat Kamu sadar
Fakta: Walaupun tampaknya hal ini dapat membantu pada awalnya, akan tetapi mengonsumsi minuman beralkohol di pagi hari setelah Kamu banyak mengkonsumsinya semalam hanya menunda rasa tidak enak akibat mabuk yang memang tidak terhindarkan. Lagipula, hal ini justru dapat semakin memperburuk sakit kepala Kamu nantinya.

11.Minum kopi mengurangi efek mabuk
Fakta: Kopi dapat menyebabkan dehidrasi dan dapat membuat mabuk semakin memburuk. Hindari minuman berkafein dan meninum berenergi setelah Kamu mabuk. Air putih adalah minuman terbaik untuk menggantikan elektrolit tubuh yang hilang, terutama bila Kamu mengalami muntah saat mabuk.

12.Pengobatan herbal dapat membantu
Fakta: Peneliti Inggris meninjau studi tentang pil mabuk, seperti ekstrak ragi dan artichoke. Mereka tidak menemukan bukti kuat pil ini dapat membantu. Sementara, peneliti juga menemukan bahwa suplemen yang terbuat dari kaktus pir berduri dapat mengurangi mual dan mulut kering dari mabuk, tetapi bukan menghilangkan sakit kepala yang ditakuti. Satu-satunya obat yang terbukti? Waktu!


https://www.guesehat.com/12-mitos-me...ohol-dan-mabuk

emoticon-Angkat Beer
emoticon-Leh Uga TSnya spesialis alkohol
KASKUS Ads
Take a Beer emoticon-Angkat Beer
emoticon-Matabelo tipis tipis
orang mabok serem gan liat aja jackie chan emoticon-Hammer2
kalo mabuk agama kudu ngapain om emoticon-Embarrassment
jangan berlebihan nanti bisa mabuk
Hah?! mabuk bukan masalah yang besar?! emoticon-Bingung
heran bin bingung ane gan,
udah jelas banyak kejadian yang merugikan orang banyak dan penyebabnya adalah MABUK
perkosa perempuan ame ngebunuh anak kecil mitos jg ga? emoticon-Bingung
begadang jangan begadang kalau tiada party-nya emoticon-Cool
emoticon-Leh Uga lebih nikmat ken-tang ( kena tanggung ) daripada mabuk