alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Karena Semua Hari Adalah "Ramadhan" Untuk Ku...
4.72 stars - based on 29 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af5063660e24bd4488b4567/karena-semua-hari-adalah-quotramadhanquot-untuk-ku

Karena Semua Hari Adalah "Ramadhan" Untuk Ku...

Quote:


Karena Semua Hari Adalah "Ramadhan" Untuk Ku...

Membahas Ramadhan memang terasa keindahannya... Bulan istimewa dimana semua ibadah yang kita lakukan berkali lipat pahalanya... Jadi tidak salah, jika semua orang menyambutnya dengan gembira... Selain mengikuti anjuran Rasulullah SAW, Ramadhan juga menjadi ajang untuk memanen pahala sebanyak-banyaknya...

Banyak yang mencari cara, agar ibadah di bulan Ramadhan bisa berjalan dengan maximal... Mulai mencari makanan dan minuman yang bisa menunda lapar lebih lama, sampai yang paling ekstrem, mengusir orang yang ingin makan di siang hari... Entah apa alasannya, mungkin supaya tidak tergoda untuk membatalkan puasa...

Lalu, apa esensi Ramadhan buat ku??? Jujur, aku bingung sekarang... Apa yang harus membuat ku gembira dengan datangnya Ramadhan??? Apakah karena iming-iming pahala yang berlipat ganda??? Untuk apa pahala itu??? Masuk ke surga??? Apakah aku pantas ada di sana, ketika aku masih sangat tertarik memelototi Maria Sharapova??? Apa sih hakekat puasa itu??? Menahan yang halal kan??? Menundanya untuk sementara waktu, sampai aturan memperbolehkannya...

Kolak pisang itu halal... Tapi saat puasa menjadi haram, baru halal lagi saat berbuka... Apa tujuannya??? Secara rohani, tentu agar aku bertaqwa... Sadar bahwa tanpa rezekinya Allah SWT, aku ini bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa... Secara Jasmani, puasa itu menyehatkan... Monggo saja dicari, banyak artikel yang mengulasnya...

Ketika puasa, kita harus menahan diri dari yang membatalkan dan merusak pahala puasa... Apa itu??? Yang membatalkan, makan, minum, kumpul suami istri dan seterusnya... Yang merusak pahala puasa, marah, iri, dengki, hasud, fitnah, dan seterusnya... Sampai sini sudah paham belum, apa esensi puasa???

Puasa itu membentuk manusia yang sebenarnya manusia... apakah marah itu baik??? Apakah dengki akan membawa kebaikan pada manusia dan lingkungan??? Apakah hasud akan membawa persatuan??? Tidak!!! Bukankah berbuat baik itu yang seharusnya manusia lakukan setiap hari??? Bukankah "yang merusak pahala puasa" itu harus ditinggalkan setiap hari??? Mengapa hanya bisa dilakukan secara maximal di bulan puasa??? Karena pahala??? Jadi, mana yang lebih berarti??? Pahala atau menjadi "manusia nya Allah???"

Poin kedua... Mengapa setiap Ramadhan harga-harga selalu naik??? Hukum ekonomi saja lah, semakin banyak dicari, harga barang yang dicari akan semakin mahal... Lihat komoditas apa yang naik drastis saat Ramadhan??? Daging!!! Kenapa daging??? Mau diakui atau tidak, nafsu besar ingin dipuaskan saat berbuka... Makan enak dan beraneka rasa... Mencari cara agar bisa aktivitas tanpa merasa lapar... Lalu esensi puasanya di mana???

Padahal lapar adalah cara Tuhan untuk menunjukkan cinta-Nya kepada sang hamba... Tidak bisa dituliskan, karena hanya orang yang berani lapar saja yang bisa merasakannya... Jujur aku pun pernah menjadi bodoh seperti itu... Puasa, makan sahur dan berbuka yang enak-enak, kalau siang ngadem di tempat ber-AC... Dzuhur nya tepat waktu, plus iktikaf yang lama, disambung tidur... Puasa bukannya membuat ku jadi manusia, malah jadi binatang...!!! Coba lihat binatang, beranikah mengahadapi situasi yang tidak nyaman??? Pasti nyari yang nyaman, meski itu terbatas...

Kenapa Dzuhur dan iktikaf tidak dilakukan sepanjang tahun??? Oh, pahalanya kecil... Jadi kalau aku bilang, Tuhan mu itu Pahala, bukan Allah... Karena kamu lebih tertarik sama pahala daripada Allah... Kenapa sholat tasbih hanya di malam-malam ganjil??? Kenapa tidak sepanjang tahun??? Kembali lagi kan??? Kali ini ga ada malam Lailatul Qadr... Jadi siapa Tuhan mu???

Well... Dari situ aku belajar, bahwa Ramadhan itu sebenarnya hanya sarana latihan untuk ku... Ibarat aku adalah seorang prajurit infanteri, aku ditugaskan masuk Pusdikpassus... Tentara mana yang tidak gembira ketika ditunjuk menjadi calon pasukan khusus??? Itulah yang disebut dengan kegembiraan... Gembira bisa masuk Pusdik dan digembleng di dalamnya... Gembira ketemu Ramadhan, dan bisa beribadah bersama-sama...

Goal sebenarnya itu setelah keluar Pusdik, atau Selesainya Ramadhan... Jadi insan atau jadi hewan??? Kalau menjadi insan, apa saja yang didapat saat Ramadhan akan diaplikasikan... Sehingga, setiap hari sepanjang Tahun ya Ramadhan... Mau marah, tidak jadi, karena marah itu bisa membatalkan menjadi manusia... Mau makan berlebihan, selalu ingat, Tuhan tidak suka yang berlebihan... Kalau mau menelaah lebih jauh, hidup kita itu sebenarnya menggunakan konsep puasa...

Coba kamu pakai baju, dibatasi ga??? Mau sebanyak apapun baju mu, kamu pasti akan memakai nya satu per satu... Ga mungkin kamu pakai semuanya secara bersamaan... Berlalu lintas di perempatan, secara hakekat, kalian bebas kok jalan saja... Tapi karena ada rambu, kamu pun menahan diri untuk tidak melintas, jika bukan jatah mu... Apa bedanya dengan menahan nafsu???

Last... Setiap manusia mempunyai ceritanya masing-masing... aku tidak bisa memaksakan pendapat ku ini kepada orang lain... Namun sebagai sesama manusia, boleh lah saling mengingatkan... Mari menyambut Ramadhan dengan gembira... Dan mari kita luapka kegembiraan itu dengan tetap menjadi manusia... Salam Damai Semuanya...


Ciaooo...

Sumber gambar: di sini...
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
THR segera cair emoticon-Selamat
Goal sebenarnya itu setelah Selesainya Ramadhan... Jadi insan atau jadi hewan???.

That's Right 😂
Betul itu..
Bulan ramadhan ibarat camp pelatihan bagi umat muslim buat melawan hawa nafsu dan diagendakan secara tahunan. Bulan2 selanjutnya adalah bulan ramadhan yg sebenarnya. Bagaimana caranya kita bisa menerapkan apa yg sudah kita lalui selama ramadhan.

Bulan ramadhan juga disebut bulan penuh ampunan, penuh hidayah, penuh keberkahan, dan bulan sejuta pintu maaf buat sesama.

Meminjam peribahasa kuno yaitu Sambil menyelam minum air, maka ijinkan ane mengucapkan permintaan maaf apabila ada kekhilafan selama ngaskus.
Panastak, jasmev, jokower, maafin ane ya kalo ada kata2 yg kurang pantas, walaupun itu cukup layak. Semoga di 2019, kita mendapatkan hidayah dan juga presiden yg lebih baik

Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin

#2019raihkemenangan
Pelajaran agama disekolah sekarang mbahas ini gak ya om ? Soalnya waktu saya sekolah yang dibahas kebanyakan soal pahalanya yang berlipat-lipat bukan esensi dari puasa itu sendiri, jadi saya oleng deh wkwk. Puasa gw juga asal ngelakuin doang sih ya,ga dipikir bener-bener buat apa gw puasa emoticon-Berduka (S)

Semoga kita semua mau menggunakan anugrah tuhan berupa "otak" ini buat memikirkan serta merenungkan semua perintah dan keagungannya.

Jangan cuma buat cari cara pacarin gebetan aja gan emoticon-Big Grin

Diubah oleh l.merindu22
Quote:


Huahuahua
Quote:

Tapi, banyak yang terlalu fokus ke Ramadhan nya... Bener sih, tapi ora pener kalau orang jawa bilang... emoticon-Big Grin
Quote:

Sama-sama om... emoticon-Big Grin
Quote:

Ga akan diajari om... Ya harus mikir sendiri, mencari sendiri... emoticon-Big Grin
bahasan yang terlalu berat ini
Quote:

Biasa aja ah om... Dimana beratnya jal??? emoticon-Big Grin
Quote:

ngga semua orang mikir ginian gan
ya kebanyakan jarang ada yg bisa terapin di luar ramadhan om ndo.
Diubah oleh rindaman07
lebarin sebentar lagi emoticon-Mewek
manteb gan emoticon-thumbsup
Wuih om londo

Penulis favorit gw nih, semua thread nya gw baca, sedikit banyak miriplah cerita2 kehidupannya om emoticon-Malu (S)

Semoga kita bisa mengambil nilai dari esensi puasa yg sebenarnya ya om

Salam buat Cak Nun om emoticon-Malu (S)
iku sing ijik tak goleki, esensine puasa. aku poso kok gaono manfaate neng awak dewe. mungkin mindsetku ijik ke gowo pahala. gudu murni gawe nyatu karo tuhan dadi makhluke tuhan sing bener
komentar lurus :
puasa itu syariat, sama seperti solat
hakikatnya menjadi manusia yg bermanfaat bagi sekitarnya
secara teori, boleh aja hakikat tanpa syariat
tapi kenyataannya, manusia itu sering lupa dan salah
makanya ada syariat supaya mengingatkan

komentar oot:
Buat apa Tuhan menciptakan segala sesuatu (dilihat dari sisi Tuhan) ?
Ramadhan tahun ini kayaknya full sebulan gak puasa .. Kerjaan berat banget soalnya..
ramadhan tiba ramadhan tiba
Quote:

Ya mari kita mulai... emoticon-Big Grin
Quote:

Kenapa??? Karena ga ada pahala nya??? emoticon-Big Grin
Quote:

Biasa aja om... emoticon-Leh Uga
Quote:

Semoga Tuhan sayang kita om... emoticon-Leh Uga
Quote:

Semoga disegerakan... emoticon-Big Grin
Quote:

Hakikat tanpa syariat??? Jangan terlalu "berlebihan..." Kemanapun syariat akan tetap dibawa... emoticon-Big Grin
Quote:

Ya itu hak om... Bebas aja... emoticon-Big Grin
Quote:

Nyanyi gitu??? emoticon-Big Grin
Quote:


mungkin kebanyakan cuma jalanin kewajiban doang om. ya kya gw ini. di luar ramdhan ya balik lagi.
Ya itu hak om... Bebas aja... emoticon-Big Grin


emoticon-Big Grin ya disini emg bebas om atasan juga cuek2 aja liat bawahannya ga puasa emoticon-Big Grin
Katanya sih urusan msing2 individu. Tapi tetep suasana puasa lebih indah di kampung halaman drpd di rantauan.. emoticon-Big Grin
Quote:

Kenapa ga dicoba untuk naik kelas om??? emoticon-Big Grin
Quote:

Selama masih di bumi nya Tuhan, suasana akan indah om... Jika tau cara menikmatinya sih... emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di