alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tekanan Eksternal, Lelang Surat Utang Negara Sepi Peminat
5 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af4fcdc529a45ee5d8b4567/tekanan-eksternal-lelang-surat-utang-negara-sepi-peminat

Tekanan Eksternal, Lelang Surat Utang Negara Sepi Peminat

JAKARTA - Pemerintah kembali mengelar lelang surat utang negara (SUN) pada Selasa (8/5) nanti. Namun, analis memprediksi, lelang itu bakal sepi peminat karena tekanan eksternal masih menghantui pasar obligasi dalam negeri.

Fund Manager Capital Asset Management Desmon Silitonga memperkirakan, jumlah penawaran yang akan masuk dalam lelang SUN pekan depan hanya berkisar Rp 20 triliun-Rp 25 triliun.

"Kemungkinan pelemahan penawaran yang masuk dalam lelang SUN masih akan berlanjut, kemarin saja pemerintah hanya memenangkan tidak sampai 50% dari jumlah penawaran yang masuk, berarti rendah," kata dia, Jumat (4/5).

Asal tahu saja, pada lelang SUN yang dilaksanakan pada 24 April lalu, pemerintah hanya menyerap Rp 6,15 triliun saja dari jumlah penawaran yang sebesar Rp 17,02 triliun.

Penyebab lesunya pasar SUN adalah isu eksternal, seperti potensi kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS) yang lebih agresif, diikuti dengan menguatnya indeks dollar dan yield US Treasury yang kembali mendekati 3%.

Untungnya, Desmon menilai, sentimen dari dalam negeri, seperti tingkat inflasi April 2018 yang mencapai 3,41%, bisa jadi sentimen positif.

Desmon menambahkan, data pertumbuhan ekonomi Indonesia yang rencananya akan rilis pada Senin (7/5), berpotensi menjadi katalis positif bagi lelang SUN pekan depan.

Di tengah sentimen eksternal yang banyak memberikan ketidakpastian, Desmon memperkirakan seri SUN tenor tiga bulan hingga satu tahun akan banyak diburu investor.

"Sekarang harga seri tenor panjang relatif tertahan pelemahannya, seperti tenor 10 tahun yang relatif stabil," ujar Desmon. Sementara seri SUN tenor menengah masih akan volatil dan biasanya dihindari investor.

Dengan perkiraan jumlah penawaran masuk sepi, Desmon memprediksi lelang SUN pekan depan tidak akan mencapai target indikatifnya. "Pemerintah baiknya jangan memaksakan, nanti malah kasih yield tinggi dan bisa membebani," tutur dia.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, ada lima seri yang akan ditawarkan. Di mana satu seri merupakan seri anyar, yakni SPN12190510.

Empat seri lainnya adalah seri lawas, yang terdiri dari SPN12180809, seri FR0063, FR0065 dan FR0075. Target indikatif yang ditetapkan pemerintah untuk lelang ini mencapai Rp 17 triliun.

http://kaltim.tribunnews.com/2018/05...a-sepi-peminat
Urutan Terlama
kasih bonus sembako biar rame emoticon-Recommended Seller
Mau laku bagaimana, sok sok an.

Bunga sun beraPa? Depresiasi rupiah sudah berapa? obligasi us berapa yieldnya?

Kita tuh masih negara berkembang. Jgn belagu suku bunga rendah.
mana nih panastak gak ada kontribusinya sama sekali
Nunggu ganti presiden dulu!!
kata nastak, yang penting bakso 10rebu emoticon-Angkat Beer

#2019Bakso10rebu
Quote:


paling banter mereka ngurusi teroris, padahal semua tahu gara kegoblokan si plonga-plongo jadi makin gampang ngrekrut teroris
Quote:


Semakin banyak lapangan kerja diambil TKA maka semakin banyak pengangguran dan kesenjangan ekonomi.
Alhasil member2 ormas dan aliran ekstrim tambah banyak.
Goblognya nastak malah seneng liat kondisi kayak gitu, tar ujung2nya kabur duluan kalo ada apa2.
Quote:


nastaik pada gak mikir, semakin ekonomi hancur dibuat si plongo man, semakin sering orang yang mau direkrut jadi teroris, jadi kalau ada teroris, salahin yang buat keadaan jadi begitu emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman
Quote:


Nastaik mau makan di warung aja masi utang, mau gegayaan beli ginian emoticon-Leh Uga
Quote:


Quote:

emoticon-Salaman
Diubah oleh db84x2
Nastak dilelang ajaemoticon-Leh Uga
nastak dijual aja gan lumayan jadi babu di menlen atau di vietnam😂


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di