alexa-tracking

Gunung Merapi Keluarkan Letusan Freatik Hingga Radius 3 Km Pagi Ini

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af4f833d44f9fa3158b4571/gunung-merapi-keluarkan-letusan-freatik-hingga-radius-3-km-pagi-ini
Gunung Merapi Keluarkan Letusan Freatik Hingga Radius 3 Km Pagi Ini
Gunung Merapi Keluarkan Letusan Freatik Hingga Radius 3 Km Pagi Ini



Tirto.id - Pada Jumat (11/5/2018) pagi, Gunung Merapi mengeluarkan letusan freatik sekitar pukul 07.45 WIB dan sempat terjadi getaran selama 15 detik. Hal ini dibenarkan oleh Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Kabupaten Magelang dari rilis yang diterima Tirto pagi ini.

"Terjadi Letusan Freatik Gunung Merapi, kami himbau masyarakat tetap tenang. Jauhi radius 3 km dari Puncak Merapi," dikatakan rilis tersebut.

Dari pantauan Tirto di Jalan Kaliurang Km.13, terlihat asap tebal mengepul dari puncak Merapi. Dari kesaksian warga sekitar terdengar suara kencang bergemuruh seperti pesawat sedang mengudara.


"Warga pada teriak-teriak, pasar di sekitar Pakem bubar. Dan langsung seperti kawah longsor terus awan naik warna putih," ujar salah seorang warga yang berada di Jl. Kaliurang Km.13.

Sementara itu, dari kesaksian warga di lereng Merapi, Magelang, Fahri, terdengar suara kencang beberapa saat pada pagi hari ini.

"Kami yang di lereng Merapi, Magelang kerasa bergetar dan suara kencang. Asap mengepul. Sementara blm tau. Masih tetep waspada," ujarnya saat dihubungi Tirto.

Sementara itu, dari keterangan salah satu warga di Pakem, Kaliurang, Ian Dwinanto, membenarkan sempat terjadi gempa beberapa saat di sekitar wilayah Pakem.

"Ada gempa dan suara gemuruh dari Merapi. Sekitar pukul 7 pagi tadi dan sempat terjadi getaran selama 15 detik," ujarnya kepada Tirto.

Hingga saat ini, warga diminta untuk tetap waspada dan tidak panik. Beberapa sekolah di sekitar lereng Gunung merapi juga diliburkan. Belum ada laporan korban jiwa dan materi dari laporan hingga pukul 08.30 WIB.

Baca juga artikel terkait GUNUNG MERAPI ERUPSI atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - may/may)

https://tirto.id/gunung-merapi-kelua...-pagi-ini-cKd5

atas ane wonk edan !!!

wah pdhal jogja lg bergairah di tengah lesunya ekonomi, lagi rame turis/liburan anak sekolah
alam hendak memutar roda kehidupannya lagi
Weh semoga aman2 saja
anjir... ilustrasi nya sangat oot... emoticon-Najis
gemuruh e ngeri
Batuk? emoticon-Takut
Semoga tetep aman yak
semoga ga erupsi berlebihan
Duh.. semoga aman2 yah..emoticon-Frown

Buat yang penasaran apa itu freatik (gw juga googling)

""Itu letusan freatik. Untuk letusan seperti ini tidak ada wedhus gembel," kata Operator Pusadalops BPDB Magelang, Kristian, saat dihubungi, Jumat pagi. Kristian menambahkan, letusan freatik yang terjadi di Gunung Merapi adalah letusan gas atau embusan asap dan material yang dipicu oleh tekanan gas yang berada di bawah permukaan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gunung Merapi Kembali Erupsi, Tipe Letusan Freatik", https://regional.kompas.com/read/201...tusan-freatik.

Editor : Caroline Damanik"
semoga masih kondusif Dan cepat normal gunung merapi
Baru aja nyampe seturan/Babarsari abunya...jadi g bsa keluar rumah emoticon-Hammer2
Untung meletusnya bukan pas hari sabtu atau Minggu..
Pasti udah banyak pendaki di atas sana, dan bakal ada yg panik turun terburu2