alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Indonesia Ekspor Islam Moderat ke Seluruh Penjuru Dunia
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af4f1f2d675d4fd7f8b456c/indonesia-ekspor-islam-moderat-ke-seluruh-penjuru-dunia

Indonesia Ekspor Islam Moderat ke Seluruh Penjuru Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia diakui sejumlah ulama dan cendekiawan Muslim dunia memiliki kearifan dalam penerapan nilai Islam sejak lama, yaitu Islam wasathiyah (moderat atau penengah) yang memiliki ciri damai dan toleran terhadap keragaman. Tumbuhnya Islam moderat di Indonesia tidak terlepas dari budaya tepo seliro atau tenggang rasa masyarakat nusantara.

Budaya toleransi itu secara berangsur kimpoi-mawin dengan sejumlah agama, salah satunya Islam yang juga memiliki kesamaan dalam kemoderatannya. Mantan rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Azyumardi Azra mengatakan bahwa Islam lewat Nabi Muhammad SAW mengajarkan mengenai sebaik-baik perkara itu di tengah, dalam hal ini moderat.

Untuk itu, kata dia, seharusnya umat Islam mengambil jalan tengah dalam mempraktikkan Islam, yaitu tidak terlalu ekstrem dan tidak terlalu liberal. Dalam hal itu, Azra mengatakan bahwa orang Indonesia sebelum Islam datang sudah memiliki budaya yang baik terkait dengan toleransi.

"Begitu Islam datang, terdapat titik temu yang sama, yaitu tentang toleransi beragama sehingga karakter Islam di nusantara dapat tumbuh secara moderat," ujarnya baru-baru ini.

Azra mengambil contoh masyarakat nusantara sudah sejak lama cenderung mengutamakan musyawarah mufakat dan tenggang rasa. Dengan begitu, Islam yang tumbuh di Indonesia memiliki kekhasan yang berbeda dengan karakter Islam di beberapa negara lain, seperti di Timur Tengah.

"Ada budaya yang bertemu maka Islam di Indonesia bisa mengakomodasi budaya lokal. Setelah ada Islamisasi, budaya lokal tidak serta-merta ditolak. Misalnya, adanya pesantren dan surau yang merupakan peninggalan pra-Islam di nusantara tetap ada sampai sekarang sebagai bagian dari Islam di Indonesia," katanya.

Menurut Azra, ada kearifan lokal nusantara yang bertemu dengan Islam dan terjadi harmoni. Hal itu berujung pada terbentuknya Islam moderat khas Indonesia.

Ia mengatakan bahwa saat unsur-unsur masyarakat nusantara masa lalu hingga kini mengalami perbedaan pendapat cenderung diselesaikan dengan musyawarah, bukan dengan saling meniadakan.

Hal sebaliknya, kata dia, tidak terjadi di banyak kelompok di Timur Tengah. Terdapat istilah yang bisa disematkan untuk sebagian kalangan masyarakat di Teluk itu, yaitu zero sum game.

Zero sum game merupakan istilah yang merujuk pada permainan antara pihak kita atau musuh yang menang. Hanya ada pemenang dan kalah. Bagi pihak yang kalah, menyerahkan segalanya untuk pemenang dan pemenang mengambil semuanya.

Dalam pandangan Azra, zero sum game itu kini banyak terlihat di negara-negara Islam dan mayoritas Islam di Timur Tengah. Salah satu penandanya adalah proses demokratisasi yang tidak kunjung terwujud di kawasan itu.

"Ada zero sum game, dia atau saya. Islam di sana sulit untuk dialog. Siapa yang berkuasa itu habisi yang kalah, oposisi misalnya. Beda dengan Indonesia yang memiliki budaya damai dalam Islam wasathiyah ini," kata Ketua Steering Committee Konsultasi Tingkat Tinggi (KTT) Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia tentang Islam Wasathiyah itu.

Menurut dia, budayanya memang keras di sana dan kurang akomodatif untuk pihak berseberangan, bisa karena wilayahnya yang padang pasir. Tenggang rasa, tepo seliro tidak ada.

Untuk itu, dia mengatakan bahwa Islam khas Indonesia yang moderat telah dipraktikkan Indonesia sudah saatnya disebarluaskan ke berbagai penjuru dunia. Islam moderat, kata dia, menjadi pilihan memunculkan citra Islam yang kini terasosiasi sebagai agama yang tidak toleran dan lekat dengan kekerasan.

http://m.republika.co.id/berita/duni...-penjuru-dunia
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
didalam penuh Islam radikal
Indonesia Ekspor Islam Moderat ke Seluruh Penjuru Dunia
gak berani komen ah
jaman sekarang islam jadi macam2 bentuknya ...... aneh emoticon-Turut Berduka
Quote:


Yoi
Huahuahua
Kembalikan Indonesiaku yg dulu emoticon-Frown
Nasbung malah impor islam radikalisme di mari.
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
dijual berapa per kepala?

ini ngomong apa ngigau
serahloeajadech
Indonesia Ekspor Islam Moderat ke Seluruh Penjuru Dunia

Memang sudah saatnya Indonesia menyuarakan diri di dunia Internasional.
islam yak islam,
gak ada islam moderat

ISIS = islam
alqaedah = islam
boko haram = islam
MUI = islam
FPI = islam


Indonesia Ekspor Islam Moderat ke Seluruh Penjuru Dunia
Quote:

jadi antek selangkangan, ngenjot gratis


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di