alexa-tracking

1-10-1957: 'In God We Trust' Muncul di Lembaran Uang Dolar AS

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af4e863d44f9f19668b4569/1-10-1957-in-god-we-trust-muncul-di-lembaran-uang-dolar-as
1-10-1957: 'In God We Trust' Muncul di Lembaran Uang Dolar AS
1-10-1957: 'In God We Trust' Muncul di Lembaran Uang Dolar AS

JAKARTA - 'In God We Trust' hanya kepada Tuhan kita percaya -- kalimat itu muncul untuk kali pertamanya di lembaran uang dolar Amerika Serikat pada 1 Oktober 1957. Dikutip dari situs Historynet.com, pencantumannya bertujuan untuk membedakan AS dari seterunya Uni Soviet yang menyatakan diri ateis. Today in History akan menyoroti sejarah menarik tersebut.

Meski muncul di lembaran dolar di tengah Perang Dingin, kalimat tersebut sudah ada duluan di uang koin sejak 1864. Dikutip dari situs resmi Departemen Keuangan Amerika Serikat atau US Department of Treasury, ada latar belakang mengapa moto 'In God We Trust' diukir di uang logam sejak 1864. Yakni, sentimen keagamaan yang meningkat selama Perang Saudara.

Menteri Keuangan saat itu, Salmon P. Chase menerima banyak permohonan dari orang-orang taat dari penjuru negeri -- yang meminta agar AS mengakui Ketuhanan, salah satunya dengan cara mencantumkannya pada uang koin.

"Berdasarkan catatan Departemen Keuangan, permohonan pertama datang dalam bentuk surat bertanggal 13 November 1861. Ditulis untuk Menteri Keuangan oleh Pendeta M. R. Watkinson, pemuka agama Minister of the Gospel di Ridleyville, Pennsylvania," demikian dimuat situs www.treasury.gov.

Pada 11 Juli 1955, Presiden AS kala itu Dwight D. Eisenhower menandatangani UU yang mengharuskan tulisan "In God We Trust" muncul pada semua uang kertas dan koin. Setahun kemudian, Kongres meloloskan sebuah resolusi yang menyatakan frasa tersebut resmi menjadi semboyan nasional Amerika Serikat, menggantikan "E Pluribus Unum"-- yang diambil dari Bahasa Latin yang secara harafiah berarti "dari banyak menjadi satu".

Wakil rakyat dari Florida, Charles E. Bennett adalah yang mengusulkan resolusi tersebut di hadapan parlemen. Di depan Kongres, ia mengatakan bahwa AS didirikan dalam suasana spiritual dan dengan kepercayaan yang teguh kepada Tuhan. "Sentimen kepercayaan pada Tuhan adalah hal yang bersifat universal dan abadi. Namun khusus untuk 4 kata, 'In God We Trust' adalah asli milik AS," kata dia seperti dimuat situs history.house.gov.

Digugat Kaum Ateis

Seiring berlalunya waktu, sejumlah orang berpendapat, frasa "In God We Trust" tak lagi relevan. Kaum ateis dari Freedom From Religion Foundation yang diwakili pengacaranya, Michael Newdow merasa 'dipaksa' mengakui Tuhan -- yang tak mereka yakini -- kapan pun mereka memegang uang.

Newdow mengklaim bahwa penempatan moto pada uang kertas dan dan koin tidak konstitusional, melanggar klausul Amandemen Pertama.

Namun, permohonan tersebut ditolak hakim Harold Baer, Jr pada Desember 2013. "Tak ada pelanggaran konstitusional terkait pemuatan moto dalam mata uang," kata dia seperti dimuat Huffington Post.

https://m.liputan6.com/global/read/2...-uang-dolar-as
bodo amat yang penting pertamax
1-10-1957: 'In God We Trust' Muncul di Lembaran Uang Dolar AS
Quote:


1-10-1957: 'In God We Trust' Muncul di Lembaran Uang Dolar AS
Quote:


Dia adalah tuhan yang nggk percaya Tuhan! emoticon-Malu (S)
Satu pelajaran baik untuk kita bahwa negara sekaliber sebesar sedigdaya amerika saja tidak melupakan Tuhan, sang pencipta. Ini baik untuk character building bangsa indonesia.
dengan kekuatan Tuhan, akhirnya 1 $ bisa setara dengan 14000 rupiah lebih...lanjutkan emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Bedug emoticon-Bedug emoticon-Bedug emoticon-Bedug emoticon-Bedug emoticon-Bedug emoticon-Bedug
Kalau all-seeing-eye muncul di cetakan dollar mulai tahun berapa? emoticon-Matabelo
Quote:


united states of america
USA berdiri karena kekejaman/kebiadaban bangsa eropa kulit putih
bangsa eropa kulit putih genosida penduduk pribumi asli & merampas tanah pribumi amerika/australia/kanada
setelah sukses genosida ,langsung bule2 domba eropa berbondong2 pindah ke tanah rampasan & ngesex membuat keturunan
bule2 domba kulit putih yg ada di amerika/australia/kanada skrg itu semuanya keturunan tukang genosida & perampas tanah

bule domba kulit putih paok donald trump mau ' make america great again "
paoknya bule domba itu genosida dibangga2kan !!!
donald trump ....balik aja kalian bule2 domba kulit putih paok kembali ke eropa ( negara asal kalian )
1-10-1957: 'In God We Trust' Muncul di Lembaran Uang Dolar AS1-10-1957: 'In God We Trust' Muncul di Lembaran Uang Dolar AS
]1-10-1957: 'In God We Trust' Muncul di Lembaran Uang Dolar AS[]1-10-1957: 'In God We Trust' Muncul di Lembaran Uang Dolar AS
GOD itu maksudnya Gold, Oil, Diamond
GOD itu maksudnya Gold, Oil, Diamond
Quote:


Bukan gan. GOD adalah Tuhan sesuai konstitusi Amerika yang mengatakan: "Tuhan Memberkati Amerika"
ya karena selama ini amerika tergolong negara sekuler. Cenderung melupakan agama dan Tuhan

karena ini dimenangkan oleh partai republik yg notabene religius maka diubahlah mata uangnya. biar orang tidak lupa Tuhan
]1-10-1957: 'In God We Trust' Muncul di Lembaran Uang Dolar AS

1-10-1957: 'In God We Trust' Muncul di Lembaran Uang Dolar AS

emoticon-Wkwkwk white supremacy jesus
thread jadi menggila setelah tukang klipingan paok menyerang... emoticon-Ngacir
Quote:

emoticon-2 Jempol emoticon-Leh Uga quote of the day !!!!
Quote:


usa ga melupakan tuhan, sekuler iya
Quote:


bule paok kena pencucian otak white supremacy emoticon-Najis
I do...
Truely
Quote:


1935