alexa-tracking

Dolar Menguat, Pengrajin Tahu di Bojonegoro Terancam Gulung Tikar

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af459a812e2579d308b456f/dolar-menguat-pengrajin-tahu-di-bojonegoro-terancam-gulung-tikar
Dolar Menguat, Pengrajin Tahu di Bojonegoro Terancam Gulung Tikar
Bojonegoro (beritajatim.com) - Kenaikan dolar berimbas pada pengrajin tahu yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Sebab harga kedelai impor yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tahu itu juga naik. Kenaikan kedelai impor mengancam industri tahu, terutama di Bojonegoro gulung tikar. Kenaikan harga kedelai ini diprediksi bakal terus terjadi hingga akhir lebaran.

Sejauh ini, harga bahan dasar pembuatan tahu tersebut telah mencapai Rp 7.500 per kilogram, padahal bulan sebelumnya baru Rp 6.800 ribu per kilogram. "Sejak awal bulan, harga kedelai impor terus mengalami kenaikan. Setiap harinya naik Rp 1 rupiah," ujar Wiyono (50) seorang produsen tahu di Kelurahan Ledok Kulon, Kecamatan/Kota Bojonegoro, Kamis (10/5/2018).

Menurutnya, dengan kondisi harga sekarang, dirinya tidak bisa menyimpan uang sisa keuntungan, dan hanya bisa bertahan untuk makan dan biaya produksi selanjutnya. Wiyono juga berupaya menyiasati dengan cara mengurangi ukuran jenis tahu yang diproduksi tersebut. Dalam satu hari, Wiyono dapat produksi hingga tiga kuintal kedelai.

"Bila kita mau bertahan solusinya hanya mengurangi ukuran tahu. Kita produksi dua jenis tahu. Tahu kopong dan tahu bulat," terangnya.

Dirinya mengaku, bahwa besama kelompok paguyuban pengusaha tahu telah beberapa kali menemui pemerintah setempat, tapi mereka hanya bisa mendukung agar para produsen ini tidak gulung tikar. "Sepertinya tidak punya strategi khusus yang disiapkan pemerintah untuk menangani kenaikan harga kedelai yang terjadi terus-menerus ini," tuturnya.

Lanjut Wiyono, produsen sebenarnya hanya ingin kepastian harga kedelai. Harga kedelai terus berfluktuasi. "Kami berharap pemerintah, membuat peraturan tata niaga kedelai, jangan sampai harga kedelai ini semakin memberi ketidakpastian bagi produsen khusunya pengusaha lokal berbahan dasar kedelai," tutupnya. [lus/kun]

http://m.beritajatim.com/ekonomi/328187/dolar_menguat,_pengrajin_tahu_di_bojonegoro_terancam_gulung_tikar.html

Apakah harga tahu tempe akan meroket
cuma naik 10 persen lebay
Quote:


10% dibilang cuma 😁
nandur dele dewe goblok, utek ki dinggo emoticon-Blue Guy Bata (L)
kebanyakan impor sih bahan bakunya, coba tanam sendiri sekalian jadi petani kedelai emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata
meroket ngoahaha
Quote:


antum miskiner yang cuma bisa makan tahu tempe?
noh daging sapi meroket 100% kalau lebaran baru jadi berita
solusi dari menteri darmin "rakyat jangan menabung"
solusi dari menteri lukita "makanya ditawar"
Quote:


Blablabla

Yang penting bela rezim, walau gak ngerti dampaknya. Tipikal nastak
Quote:


makanya nawar. gitu aja repot
Dolar Menguat, Pengrajin Tahu di Bojonegoro Terancam Gulung Tikar

Punya pemimpin kok macem gini yaelaaaahhhhh..... emoticon-No Hope
#2019gantiagama
Jangan mau Seagama dengan teroris yang mengamuk diMako Brimob

Buat tahu tempe dari jagung saja
Kita penghasil jagung nomor 7 dunia
Sudah ekspor jagung ke berbagai negara
Dolar Menguat, Pengrajin Tahu di Bojonegoro Terancam Gulung Tikar
Quote:


cuma segitu doang kemampuan bacot lu?
kayak emak emak mulut lu berisik
Anu anu........

emoticon-Leh Uga
strategi para nastaik or.jokower alias sampah negara emoticon-Big Grin

wajib di.inget emoticon-Cool

Dolar Menguat, Pengrajin Tahu di Bojonegoro Terancam Gulung Tikar
kedelai malika bisa ga sih dipake bikin tahu/tempe? harusnya bisa ye

Quote:


Nomor 10 cirikhas nastaik bgt
Quote:


kayaknya kamu gak tau sifat tanaman kedelai.

kedelai gak ifisien di tanam di indo. mending tanah nya di buat nanam lain. kedelai plng bagus di tanam di wilayah subtropik. makanya penguasa kedelai ya amerika dan china

itu pasti nasbung yang ngeluh
harusnya kerja bukan ngeluh
contoh jokowi dia sibuk kerja terus
makin mini aja ukuran tahu/tempe emoticon-Big Grin