alexa-tracking

Lukas Enembe

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af43870d9d7703e7c8b4567/lukas-enembe
Lukas Enembe Tidak Setuju Pemekaran Tanah Papua
Lukas Enembe
Papua, Lukas Enembe Calon Gubernur Papua, menolak semua usulan dibentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB). Pasalnya masyarakat yang berada di wilayah paling Timur Indonesia ini, dinilai tidak membutuhkan pemekaran.
Calon Gubernur Lukas Enembe melalui kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi Papua, kepada wartawan mengatakan mengatasnamakan rakyat Papua menolak pemekaran di Papua.
“Rakyat Papua tidak membutuhkan Pemekaran di tanah Papua. untuk itu, saya menolak seluruh usulan Daerah Otonomi Baru,” katanya.
karena jumlah DOB yang telah diusulkan sebelum Lukas Enembe menjadi Gubernur Papua terdiri dari 20 calon Kabupaten DOB dan 2 Kota DOB yang sudah masuk dalam Komisi II DPR RI.
Yang menjadi alasan dasar adalah Gubernur tidak ingin melanggar mekanisme, karena semua pembentukan pemekaran kabupaten/kota harus melalui tahapan-tahapan yang berlaku.
Salah satunya proses pemekaran harus mendapatkan persetujuan dan rekomendasi dari DPRD, bupati/wali kota, Dewan Perwakilan Rakyat Papua.
Karena menurutnya Gubernur merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah pusat di daerah.

Oleh karena itu pemerintah Pusat dan komisi terkait bila syarat-sayarat yang dimaksud tidak memenuhi maka sebaiknya DPR RI menolak dan mengembalikan ke daerah untuk memenuhi prosedur atau persyaratan tersebut.
Karena dari sekian DOB dari Papua yang baru masuk di Komisi II DPR RI sebagian melenceng tanpa mendapatkan persetujuan dan Rekomendasi DPRP dan Gubernur Papua.
Lukas mengatakan hal ini merupakan salah satu bentuk arogansi dari pemerintah pusat yang tidak menghargai pemerintah di daerah, sehingga penerintah di daerah menjadi tidak berwibawa.
Tentunya agar saling menghargai, maka sebaiknya segala macam bentuk pemekaran harus dikembalikan sesuai mekanisme serta prosedur undang-undang pemerintahan RI yang berlaku.
Dengan demikian, terkait dengan pembentukan provinsi DOB diseluruh tanah Papua dengan tegas ditolak. Sebab DPRP dan Gubernur Definitif Papua tidak pernah memberikan rekomendasi satupun untuk Cumiaran provinsi menjadi tiga atau 10 diatas tanah Papua, karena Provinsi Papua sudah cukup.
“Argumentasinya adalah Orang Papua asli itu sangat sedikit, jika buat provinsi banyak di atas tanah Papua siapa yang mau isi atau siapa yang akan di pekerjakan, hal ini merupakan masalah besar dengan jumlah pemekaran yang sedang dirancang tidak sesuai dengan jumlah penduduk yang ada di Papua,” ujarnya.
Ditambahkannya, untuk mengisi daerah otonom baru itu tidak asal duduk atau menempatkan orang. Karena Republik yang besar ini ada aturan birokrasi yang baku mengaturnya, sehingga tidak perlu ada pemekaran dan tidak perlu dilakukan pemekaran provinsi di Papua saat ini.

Sumber Berita : http://www.swarapapua.com/index.php?...pua&Itemid=563

Lukas Enembe
Lukas Enembe
Lukas Enembe udah kuat banget di Papua TS. kamu mau pengaruhi warga BP ga bakalan mempan. Pak Wempi juga bagus. Tapi warga papua mau pak Lukas 2 periode.
pemekaran papua barat, apakah bisa bikin papua mengalahkan jabar emoticon-Imlek

pemekaran berarti jabatan kosong lagi poli-tikus temen2 TS bukan buat rakyat emoticon-Imlek
Natalius pigai for governor emoticon-Marahemoticon-Marah
ga paham.dah,nyimak ae gue emoticon-Traveller
katanya di papua banyak dukun?
kog nih emoticon-babi masih idup yak?