alexa-tracking

Kakak Thor, Loki Si Dewa Api Dan Penipu

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af434209e7404b4688b4567/kakak-thor-loki-si-dewa-api-dan-penipu
Kakak Thor, Loki Si Dewa Api Dan Penipu
Dalam beberapa serial Marvel, terutama yang berkisah tentang dunias Asgard. Maka tokoh Thor dan Loki tidak bisa dipisahkan. Thor merupakan tokoh protagonis yang cukup polos. Ia adalah dewa petir junior. Sedangkan Loki adalah dewa api dan penipu. Ia mempunyai karakter yang dinamis, kadang baik dan kadang jahat.
 
Untuk level dewa, Thor sudah memenuhi syarat. Karena ia hanya mempunyai satu kemungkinan, yaitu menjadi baik atau jahat. Sedangkan Loki, untuk ukuran dewa ia memiliki permasalahan yang kompleks. Sifatnya yang berubah-ubah dan dinamis justru lebih mirip dengan manusia.
 
Menurut kisahnya, Loki bukanlah anak kandung dari Odin. Ia merupakan anak pungut yang kemudian diangkat menjadi anak oleh dewa petir. Keluarga pemimpin dewa tertinggi ini ternyata cukup rumit. Karena di film Marvel, dikisahkan bahwa Thor dan Loki pun mempunyai kakak perempuan yang beringas.
 
Kakak perempuan si dewa petir junior dan dewa api plus penipu itu bernama Hela. Film Thor Ragnarok memperlihatkan betapa rumit hubungan keluarga ini.

Kakak Thor, Loki Si Dewa Api Dan Penipu
 
Dalam film tersebut dikisahkan bahwa Hela adalah anak sekaligus panglima perang yang menemani Odin berperang sebelum menjadi pemimpin para dewa. Setiap pertempuran berhasil ia menangkan karena Hela memang memiliki kemampuan perang yang luar biasa.
 
Mungkin, bila disetarakan dengan Mitologi Yunani, Hela sangat mirip dengan Ares, si dewa perang.
 
Di Thor Ragnarok dikisahkan bahwa Thor dan Loki bekerja sama untuk mencari sang ayah yang pergi mengembara. Anehnya, yang dapat memberi petunjuk di mana Odin berada adalah Dr. Strange. Aneh. Tapi begitulah kehidupan para dewa.
 
Loki sendiri konsisten dengan sikapnya, yaitu sikapnya berubah-ubah sesuka hati. Kakak Thor, si dewa api dan penipu ini di akhir kisah akhirnya mampu menyingkirkan egonya dan berani membela rakyat Asgard.
 
Ia menjadi pemimpin yang membawa kapal evakuasi berisi rakyat Asgard ke bumi. Film tersebut berhasil membuat Loki, kakak Thor, si dewa api dan penipu, menjadi pahlawan untuk rakyat Asgard.
 
Tentunya akhir kisah itu masih menyisakan banyak pertanyaan, mampukah Loki bertahan menjadi tokoh baik dan pahlawan?

Sumber: Kakakdewa Thor, Loki Dewa Penipu & Api

image-url-apps
oh loki malah kakaknya thor ya
ada yg bilang adiknya gan.. alasannya karena tahta Asgard diserahkan ke Thor.. tapi di mitologi nordik yg gw baca, loki itu lebih tua dan anak adopsi.. cuma dia gak masuk kategori dewa.. makanya sebutannya dewa penipu.
KASKUS Ads
image-url-apps
loki itu anaknya kratos emoticon-Big Grin

dan bukannya dewa perang norse (yunaninya: ares) itu tyr y?

ato trit ini dicampur aduk ama cerita marvel
image-url-apps
Quote:


maaf gan ini forum sejarah xenology, bukan forum sinopsis film.

dalam mitologi aslinya, Loki bukan saudaranya Thor, tapi Odin. dia diangkat menjadi dewa api pada mulanya. tidak jelas kenapa dia diangkat menjadi keluarga para Æsir, karena tidak ada keterangan baik dari Prose Edda maupun di Poetic Edda. para pakar mitologi Nordik sepakat alasan Loki diangkat menjadi saudara Odin adalah karena keduanya sering bersekutu dalam perang, Loki bantuin Odin, Odin bantuin Loki. Loki dianggap satu-satunya jötunn (raksasa) yang dapat bergaul dengan para Æsir dan leluasa keluar masuk Ásgardr.

dalam Lokasenna (Poetic Edda), Bragi melarang Loki duduk di kursi para Æsir dalam perjamuan karena tidak layak seorang jötunn duduk sejajar bersama para Æsir. Loki membela diri, "ingatkah Odin tatkala dulu kau dan aku bersaudara karena darah kita bercampur". kemudian Odin menyuruh Vidar mengambil kursi untuk Loki dan duduk bersama para Æsir dan minum anggur bersama-sama dalam perjamuan tsb.

namun bukan berarti maksudnya Odin pernah sharing darah dengan Loki, dalam artian sepersusuan/sedarah, tapi ucapan Loki tsb maksudnya mereka berdua menumpahkan darah bersama-sama dalam perjuangan perang.

tidak pernah juga Loki diangkat anak oleh Odin dan menjadi kakak angkat Thor. tidak ada kisah seperti itu dalam mitologi aslinya, itu murni versi film Marvel.
Yup, mitologi Nordik berbeda dengan versi Marvel.
Dalam mitologi Nordik, Loki adalah raksasa, dan saudara angkat Odin.
Dia juga ayah dari Hel, dewi penguasa Helheim.
Loki juga dewa yang paling kompleks, dan licik.
Dia juga ibu dari Sleipnir, kuda berkaki 8 yang jadi kuda tunggangan Odin.
Kok bisa? Karena Loki bisa berubah wujud dan bahkan berganti kelamin.
Quote:


Quote:


jd, topik forsex ini termasuk aliran sesat donk, gan??
image-url-apps
Quote:


selain kompleks, bahkan dia tokoh sentral dari hampir seluruh bab mitologinya. boleh dibilang bahwa Ragnarök adalah klimaks dari mitologi Nordik, maka kisah-kisah pra-Ragnarök adalah preface dan tokoh-tokoh antagonis yang akan terjun dalam Ragnarök dikisahkan asal-usulnya dimana Loki sebagai ayah dari 3 jötnar antagonis yang jadi tokoh sentral Ragnarök: Hel, Fenrir, dan Jörmungandr. juga Sleipnir, kuda kendaraan Odin hasil kimpoi silang Loki sama Svadilfari si kuda jantan. Sleipnir juga ditunggangi pas Odin by one sama Fenrir pas Ragnarök. dan juga jangan lupa, Loki juga yang melatar-belakangi meletusnya Ragnarök. dikisahkan Frigga mimpi Balder sang dewa cinta kasih mati tertusuk sebuah batang pohon. Frigga kemudian menyuruh semua tumbuhan di seluruh sembilan dunia bersumpah untuk tidak menyakiti Balder. namun Loki menghasut sebuah pohon mistletoe di Asgardr agar tidak bersumpah karena dia masih terlalu muda. setelah bersumpah, para dewa membuat tombak dan panah dari batang pepohonan dan dilemparkan ke tubuh Balder buat bahan candaan karena Balder sudah kebal sama pohon apapun kecuali mistletoe. Loki kemudian bikin tombak dari mistletoe dan memberikan tombak itu ke Hödr sang dewa buta. Hödr kemudian melemparkan ke Balder dan Balder mati tertusuk. arwah Balder muncul di Helheimr (karena dalam ajaran keagamaan Nordik, siapapun yang mati bukan karena perang/non-martir, arwahnya pasti ke Helheimr, begitu juga nasib Balder). arwah Balder ditawan sama Hel. dalam berbagai diplomasi dan negoisasi, Hel kukuh menolak melepaskan Balder. demi melepaskan Balder, para dewa Æsir pun memulai serangan pertama Ragnarök.

di dunia nyata, Loki memang penuh misteri. dia jahat sekaligus baik, karena dia membawa sifat iseng/penuh tipu daya secara alami. masyarakat Nordik percaya bahwa kesialan yang dialami mereka adalah akibat ulah isengnya Loki sehingga mereka menghormati Loki dan juga melakukan persembahan doa kepada Loki sebab kalo Loki gak disembah, Loki suka "iseng" sama manusia dan mulai menyesatkan manusia, membuat huru-hara, dan seringkali pro ke musuh-musuh pasukan Viking sehingga menyebabkan kegagalan dan kekalahan Viking dalam perang. bahkan seorang dukun (völva) bisa salah meramal jika Loki masuk ke dalam visi/penglihatan sang dukun dan memulai bikin penglihatan palsu. Viking juga sering mencemooh Yesus sebagai jelmaan Loki.
image-url-apps
Ni TS nya gimana cerita fiksi film kok dimasukkan dalam forum sejarah. Apa lagi gak dicek dulu dari sumber mitologi nya
Mestinya setidaknya TS bikin komparasi antara versi Marvel dengan versi mitologi asli.
Bukan murni bawa versi marvel doang.
Quote:

Jangan lupa, Hel sempat mau melepas balder, dengan syarat semua makhluk bersedia menangis untuk Balder.
Dan hasilnya, semua makhluk menangis, kecuali seorang wanita tua.
Akibatnya Hel menolak melepaskan Balder.
Dan tentu saja, si nenek tua adalah jelmaan Loki.
ini cerita film atau mitologi emoticon-Bingung
image-url-apps
so mungkin bisa buat masukan ke ts. sebenarnya keren juga kalo trit ini dijadikan compare antara mitologi asli dengan versi filmny, cthnya di pilah antara yg sesuai dengabln mitology dan juga yg ga sesuai. ane yakin tritny bakal jd keren
image-url-apps
Quote:


thanks pi udah ngelengkapin emoticon-Big Grin
Loki memang mewakili sifat-sifat licik alamiah, tipu-dayanya absurd tanpa motivasi atau tujuan yang jelas. mungkin itu yang bisa dijelaskan tentang personifikasi Loki.

jadi back to topic. ini TS mau ngomongin film fiksi ya bukan di sinilah tempatnya. udah ada sub forumnya sendiri. mending kayak yg dibilang atas ane, boleh lah peer review antara versi Marvel dengan versi true mythology.
image-url-apps
Jadi sebenernya loki ini ga jahat cuman iseng mungkin karena hidupnya tujuannya buat senang2 aja emoticon-Big Grin
×