alexa-tracking

REVIEW HONOR 9 LITE - KILAUAN CERMIN BAK PERMATA

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af4302b32e2e6021f8b4567/review-honor-9-lite---kilauan-cermin-bak-permata
REVIEW HONOR 9 LITE - KILAUAN CERMIN BAK PERMATA
REVIEW HONOR 9 LITE - KILAUAN CERMIN BAK PERMATA


Hai sobat, apa kabar? Semoga baik baik saja. emoticon-Salam Kenal
 
Kali ini saya akan mencoba mengulas salah satu smartphone yang belum lama ini resmi memasuki pasar Indonesia. Smartphone ini bernama HONOR 9 LITE.
HONOR 9 LITE pertama kali diperkenalkan resmi pada tanggal 27 maret 2018 dan tersedia di pasaran pada 5 April 2018, dijual melalui Shopee dengan harga Rp2.499.000. Di hari perdana penjualannya, ada harga spesial yakni Rp2.299.000 melalui system flash sale.
 
Langsung saja kita simak ulasannya.
 
Dalam paket penjualannya HONOR 9 LITE ini dating dengan Box berwarna biru muda yang terang dan simple.
Isi dalam Box nya sendiri lumayan lengkap, ada unit smartphone HONOR 9 LITE, kitab kitab buku panduan, sim ejector, charger dengan output 2 ampere, cable micro usb, hardcase transparan dan earphone.
HONOR 9 LITE hadir dalam 3 varian warna, ada warna hitam, putih, biru dan abu. Dan yang saya punya HONOR 9 LITE warna biru (Shapire blue).
 
DESAIN

REVIEW HONOR 9 LITE - KILAUAN CERMIN BAK PERMATA
 
HONOR 9 LITE hadir dengan desain yang menurut saya WOW banget gan, bentuknya simple serta finishingnya OK dilapisi kaca, ya beneran kaca yang membuat HONOR 9 LITE ini tampak seperti smartphone mahal. HONOR 9 LITE ini punya desain dual glass yang jarang ditemui di smartphone harga 2 jutaan. Pada bagian belakang desain, pantulan kacanya bisa dipungsikan sebagai cermin, lumayan lah buat ngaca benerin rambut atau monitorin wajah kita, siapa tau ada kotoran diwajah kita, kan malu kalo dilihat orang. Hehe
Desain HONOR 9 LITE ini compact, nyaman digenggam dan dioprasikan dengan satu tangan karena layar HONOR 9 LITE beresolusi 5.65 inch dengan rasio layar 18:9. Dan juga bagian belakang mempunyai tampilan melengkung effect 2.5 D sehingga terlihat premium.
Seperti bagian belakang, bagian layar juga disentuh dengan lengkungan effect 2.5 D yang membuat layar seolah menyatu dengan pinggiran body smartphone nya gan.
Secara keseluruhan body ponsel ini cukup solid, slim, ringan dan bobotnya tidak berat.
Asli gan, smartphone ini body nya juara, selama ini saya pake desain body yang gitu gitu aja mainstream, nah setelah saya pake smartphone ini feel nya itu loh, beda banget lah sama smartphone lain.

Spoiler for Desain:

LAYAR
 
HONOR 9 LITE ini dibekali layar berpanel IPS LCD beresolusi 5.65 inch FullHD+ dengan rasio layar 18:9 yang membuat pandangan smartphone ini lebih luas. Resolusi FullHD+ memberikan kecerahan layar yang maksimal walaupun berada dibawah terik sinar matahari atau dibawah lampu yang terang.
Kerapatan pixel yang sangat rapat serta tajam. Membuat layar smartphone ini nyaman untuk digunakan multimedia, bermain game dll, untuk digunakan berlama lama tidak akan membuat mata sakit.
Hobi saya nonton film gan, terutama film drama jepang, kalo lagi mati lampu saya suka nonton pake smartphone ini, ga bosenin gan karna warna yang dihasilkan bening.
 
PROSESOR
 
HONOR 9 LITE dibekali Chipset buatan Huawei yaitu HiSilicon Kirin 659, dengan CPU Octa-core (4x2.36 GHz Cortex-A53 & 4x1.7 GHz Cortex-A53) dan GPU Mali-T830 MP2 utuk grafis, dipadukan dengan Ram 3 GB dan Rom 32 GB. Dilengkapi dengan 2 slot Hybrid. Bisa digunakan untuk 2 SIM atau 1 SIM + 1 microSD.
HiSilicon Kirin 659 ini berteknologi 16 nano meter. Saat dipakai bermain game berat seperti PUBG, Asphalt Extreme hasilnya bisa dioprasikan dengan sangat lancar, walaupun harus di settingan medium.
Dipakai multitasking beberapa aplikasi berjalan dengan lancar, smooth dan aplikasi yang dijalankan tidak mereload kembali ke awal.
Pengalaman saya pake smartphone merk sebelah yang speknya kurang lebih sama, kalo dipake multitasking pas pindah dari aplikasi satu ke aplikasi lain itu aplikasinya suka restart lagi dari awal. Kalo HONOR 9 LITE ini saya belum nemu kendala begituan.

Spoiler for Game:

KAMERA
 
HONOR 9 LITE dibekali dengan 4 kamera gan, 2 kamera di depan dan 2 kamera di belakang. Pada bagian depan beresolusi 13 + 2 MP dan bagian belakang pun sama 13 + 2 MP dan dilengkapi dengan lampu flash dual tone untuk kondisi minim cahaya. Dan juga 2 MP ini difungsikan untuk menciptakan mode Bokeh.
Sutter speed kamera nya cepat, sangat membantu bila objek banyak bergerak gan.
Mode kameranya lumayan banyak diantaranya :
1.      Wide apature. Mode ini favorite saya gan, karna foto yang dihasilkan seperti hasil kamera DLSR gan, mode bokehnya itu              rapih banget. Dan juga setelah foto jadipun masih bisa diatur tingkat blur nya, sesuai selera agan aja.
2.      Potrait Mode. Ini cocok buat foto dengan objek berjarak 0.5 sampai 2 meter, menghasilkan foto bokeh yang natural dan              rapih gan. Serta bisa diatur beauty level menurut selera agan masing masing
3.      Moving picture. Menghasilkan foto yang bisa bergerak sepersekian detik.
 
Dan juga terdapat beberapa mode tambahan, diantaranya :
1.      Pro Photo. Untuk agan yang suka oprek oprek pengaturan foto seperti ISO, White Balance, Sutter Speed, dll.
2.      AR lens
3.      HDR
4.      Panorama
5.      Light painting
6.      Time Lapse
7.      Filter
8.      Watermark

Spoiler for Screeshoot:

Untuk hasil kameranya sendiri saat kondisi banyak cahaya hasilnya OK, mamapu menangkap detail objek foto itu sendiri. Kontrasnya bagus. Warnanya dramatis. Saya semakin penasaran mau bawa smartphone ini kalo saya naik gunung lagi, untuk foto foto diatas gunung kayanya OK nih hasil fotonya, rencana sih bulan agustus. Mungkin nanti hasil fotonya akan saya upload disini.
Untuk kondisi minim cahaya hasilnya lumayan, tisak bisa dibilang bagus dan tidak bisa dibilang jelek, hasilnya lumayan bagus, cukup lah buat saya karena saya jarang foto foto saat minim cahaya. Namun mungkin bisa ditingkatkan lagi dengan update sistem. Semoga saja.
 
Untuk perekaman video resolusinya bisa sampai Full HD 1080p, warna yang dihasilkan tajam dan akurat. Tangkapan suaranya pun lumayan ok.
Dan juga bisa diatur mode Pro Video, untuk mengatur pengaturan secara manual. Namun akan lebih baik jika ada fitur EIS, saya sih berharap smartphone ini dapat update sistem dilengkapi EIS supaya video yang dihasilkan lebih OK mengurangi getaran getaran saat merekam video sambil berjalan, namun untuk saat ini sudah dibilang cukup, tidak mengecewakan asal pinter pinter aja atur tangan supaya stabil.

Spoiler for "Hasil Jepretan":

Spoiler for "Hasil Jepretan Kamera Depan":

BATERAI
 
Baterai yang disematkan di HONOR 9 LITE berkapasitas 3000 mah. Saat saya test daya tahan baterainya dengan menonton video, mampu bertahan sekitar 9 jam,  saat dipakai nermain game mampu bertahan sekitar 4-5 jam dan saat dipakai untuk sosmed saja mampu bertahan seharian.
Pengisian daya baterai ini dari 10% sampai 100% memakan waktu sekitar 2 jam. Karena saya bukan seorang gamer jadi ya kapasitas 3000 mah ini sudah cukup bagi saya untuk menemani kegiatan saya sehari hari.
 
KEAMANAN
 
HONOR 9 LITE dibekali dengan sistem keamaanan Finger Print, responnya cepat dan akurat gan dan Face Unlock yang cepat dan akurat juga walaupun dalam keadaan minim cahaya, dan juga tidak bisa diakali dengan menggunakan foto wajah kita.
Tentunya sistem keamanan ini membuat smartphone aman dari ulah tangan jahil sekitar, membuat file privasi terjaga dengan aman.
Spoiler for Screenshoot:

SISTEM OPERASI
 
HONOR 9 LITE bersistem operasi Android OREO 8.0 dengan tampilan EMOTION UI terbaru versi 8.0 yang secara keseluruhan nyaman dipakai nya. Sitem UI ini stabil, desain UI yang menarik, costumisasi tampilan yang lengkap, fitur yang juga lengkap. Smooth banget gan kalo dipake.
Spoiler for Screenshoot:

FITUR
 
HONOR 9 LITE dibekali fitur fitur yang menarik gan, beberapa fitur favorite saya, diantaranya :
a. App twin. Fungsinya mengcloning aplikasi, contohnya whatsapp bisa digunakan untuk log in secara bersamaan dengan no berbeda dalam satu smartphone.
Spoiler for Screenshoot:

b. Baterai saving mode. Untuk mengoptialkan kinerja baterai.
Spoiler for Screenshoot:

c. Screen Resolution. Bisa mengatur resolusi layar menjadi HD+ untuk menghemat baterai dan juga mendongkrak frame rate pada game agar lebih ringan. 
Spoiler for Screenshoot:

d. Home screen style. Bisa menggunakan App drawer ataupun tidak.
Spoiler for Screenshoot:

e. Eye comfort. Berfungsi untuk mengatur warna layar agar bisa bersahabat dengan mata.
Spoiler for Screenshoot:

f. App Lock. Untuk mengunci applikasi agar tidak bisa dibuka orang lain.
Spoiler for Screenshoot:

g. Find my device. Berguna jika lupa menaruh ponsel atau hilang.
Spoiler for Screenshoot:

h. One handed UI. Bisa mengatur tampilan one hand mode agar mudah dipakai dengan satu tangan.
i. Motion control. Untuk mengatur screenshoot 3 jari, double tap untuk menghidupkan layar.
 
KESIMPULAN
 
HONOR 9 LITE adalah smartphone harga 2 jutaan dengan desain yang paling MEWAH, bila dilihat smartphone ini berasa smartphone mahal, pantulan kacanya memberikan kesan premium. Beda lah dengan smartphone smartphone lain dikelas harganya, paling OK gan. Dilihat bikin enak dilihat, digenggampun nyaman.
Untuk kinerja dapur pacu nya juga mampu mengoprasikan aplikasi aplikasi berat seperti game 3D, cukup nyaman saat dimainkan.
4 Kamera yang menghasilkan foto yang bagus untuk kelas harganya, efek bokeh yang rapih serta kelengkapan mode mode lain yang membantu menciptakan foto yang bagus.
 
Sekian ulasan dari saya, bila ada yang salah tolong dikoreksi saja. Terima kasih HONOR INDONESIA emoticon-Rate 5 Star
Cukup rapih ya gan mode bokehnyaemoticon-Traveller
Quote:


Rapih gan, apalagi kalo keadaan banyak cahaya, dan juga kalo mode wide apature setelah foto jadipun bisa diatur tingkat blurnya
Thank you suhu pencerahannya.. sebelumnya gue galau beli h9l atau asus.. setelah lihat hasil fotonya gue pilih h9l aja lah.. cocok buat kebutuhan gue emoticon-Big Grin
Ane udah make 3 mingguan, emang bagus ini henfon, cocok buat belajar photography, hasilnya bagus
kekurangan kecil henfon ini ada dua sih menurut ane, ga ada image stabilizer pas rekam video sama ga support fast charging
andai aja ada dua itu, sempurna banget deh ini henfon