alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
MUI tolak kolom aliran kepercayaan dalam KTP
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af42870a2c06e13608b4570/mui-tolak-kolom-aliran-kepercayaan-dalam-ktp

MUI tolak kolom aliran kepercayaan dalam KTP

MUI tolak kolom aliran kepercayaan dalam KTP

Rabu, 9 Mei 2018 23:26 WIB

Pewarta: Yose Rizal

MUI tolak kolom aliran kepercayaan dalam KTP

Logo Majelis Ulama Indonesia (MUI). (mui.or.id)

Banjarbaru (ANTARA News) - Majelis Ulama Indonesia melalui Komisi Fatwa menolak pencantuman kolom aliran kepercayaan dalam Kartu Tanda Penduduk elektronik yang diterbitkan pemerintah.

"Penolakan itu menjadi pembahasan pandangan majelis ulama tentang aliran kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan diputuskan komisi fatwa," ujar Wakil Ketua MUI Kalsel Hafidz Ansyari di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rabu.

Pernyataan itu disampaikan usai penutupan Ijtima` Ulama Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke-6 yang membahas strategis kebangsaan, keagamaan kontemporer dan masalah perundang-undangan.

Ia mengatakan, MUI juga menolak keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memberikan ruang terhadap aliran kepercayaan disatukan dalam kolom agama strip aliran kepercayaan pada KTP.

Dijelaskan, aliran kepercayaan bukan agama tetapi merupakan kepercayaan yang dianut sebagian masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia sehingga tidak bisa disatukan dalam kolom agama.

"Kalau agama semuanya jelas dan diakui pemerintah sebagai agama yang berkembang di Indonesia, sedangkan aliran kepercayaan bukan tergolong agama," ungkapnya.

Menurut dia, MUI bisa menerima jika kolom agama dan aliran kepercayaan dipisahkan atau dibuatkan KTP elektronik khusus bagi aliran kepercayaan bagi yang menginginkannya.

"Jadi harus ada pemisahan kolom agama dan aliran kepercayaan, jangan disatukan. Saran lainnya, bagi penganut kepercayaan diberikan KTP khusus yang memuat kepercayaannya," ucap dia.

Wakil Ketua MUI Kalsel Hafidz Ansyari mendukung fatwa MUI yang menolak disatukannya kolom agama dengan kolom aliran kepercayaan karena perbedaan antara keduanya.

"Kami sangat mendukung fatwa MUI karena agama tidak bisa disamakan dengan aliran kepercayaan, termasuk mendukung pemberian KTP khusus bagi penganut kepercayaan," katanya.

Editor: Tasrief Tarmizi

https://m.antaranews.com/berita/7084...yaan-dalam-ktp

Benar2 edan mui, masa orang mau cantumin agamanya di ktp, elu yang baperan
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Kalau teroris yang di Mako itu gimana tanggapan
Belum ada suara nih emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Coba cek KTP nya
Agamanya apa coba emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
giliran kulkas dikasi "HALAL"


Quote:


Kalo terawangan ane, agamanya sinto.
emoticon-Ngakak
kolom agama sebaik nya diisi dua jenis saja
islam atau kafir
biar senang lah para ahli surga itu
Takut berkurang member?

Atau mungkin takut bertambah enemies ? emoticon-Embarrassment
Kalau dilegalkan, sekali muncul mungkin bisa 10. emoticon-Big Grin
Kejawen, wiwitan, dll.
Diubah oleh WongDagang
kehilangan member itu mmg menyakitkan emoticon-Big Grin

ikhlas aja napa yg masuk kemarin kan terpaksa aja biar ktpnya jadi emoticon-Big Grin
takut kehilangan member apakah termasuk phobia ? emoticon-Leh Uga
Quote:


harus nya mui bikin ktp sendiri & jangan lupa bahan baku ktpnya harus halal seperti tinta , kertas, mesin cetaknya ,alat rekamnya, softwarenya , servernya
Kek mpr lama2
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Quote:


Orang ini kalo ga salah dulu ketua KPU pusat.

Maunya kolom agama dihilangkan. Diganti di bagian atas sendiri Kartu Tanda Penduduk Islam Indonesia.
Quote:


Kan itu cita-cita MUI, mau jadi lembaga legislatif di Republik Islam Indonesia.

nastak babi kelojotan masal
jangan lupalah agama/kepercayaan asli leluhur indonesia sebelum masuknya samawi ( ajaran timur tengah)
Quote:


iya bre bener
Quote:


Ngapain kelojotan suara onta kgk da gunanya juga, dah di tetapin MK
trus maunya gimana? agama/kepercayaan kan hak azasi, masa harus dipaksain juga..
Quote:


Harusnya Agama yang itu yang nggak usah dicantumin di KTP..
Bisa malu kalau diperiksa KTP semua teroris emoticon-Ngakak
Kyknya anggota Sisa2 relik orba masih ada tuh.

Makanya dikolomnya ditulis "penghayat kepercayaan"
Udah bener itu.

Kalau mau protes harusnya lewat jalur yang sesuai yaitu MK/MA sama seperti langkah para penghayat yg minta diakui jg lewat situ.
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di