alexa-tracking

3 Momen saat Anda harus jadi pendengar yang baik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af4257cde2cf28c2d8b4572/3-momen-saat-anda-harus-jadi-pendengar-yang-baik
icon-hot-thread
3 Momen saat Anda harus jadi pendengar yang baik
3 Momen saat Anda harus jadi pendengar yang baik 
Ilustrasi percakapan antar-teman Africa Studi /Shutterstock


Mendengar merupakan kemampuan sosial yang sering luput dikuasai atau diperhatikan oleh kebanyakan manusia.

Pada era media sosial seperti sekarang banyak orang ingin selalu menjadi pusat perhatian, membuat peran menjadi pendengar yang baik pun terlupakan.

Menjadi pendengar yang baik manfaatnya tak hanya memberikan rasa nyaman pada lawan bicara,tetapi juga bagi diri sendiri.

"Sebuah kisah itu tidak melulu menjelaskan kehidupan kita, tetapi juga bisa membentuk kehidupan kita," jelas Murray Nossel, Ph.D, penulis buku Powered by Storytelling.

Salah satu hal penting dalam ilmu komunikasi, kata Nossel, adalah mendengarkan orang lain. Hal ini sama pentingnya dengan berbagi cerita sendiri.

Dia mengatakan, percakapan yang Anda lakukan dengan satu teman bisa berbeda dengan percakapan bersama teman lainnya, meskipun Anda membicarakan topik yang sama.

"Setiap interaksi sosial memberikan sesuatu yang baru dan mengejutkan,"imbuhnya.

Menjadi pendengar yang baik, sebut dia, bisa membuat Anda memahami kehidupan teman Anda, nilai yang mereka yakini, dan belajar mengenai apa yang membentuk diri mereka hingga sekarang.

Richard Carlson, penulis buku Don't Sweat Small Stuff, mengungkapkan,kebanyakan orang menyikapi momen percakapan seperti perlombaan sehingga Anda lupa dengan apa yang Anda bicarakan dan tidak memberikan ruang untuk mendengar tanggapan orang lain.

"Kita sering kali melihat komunikasi itu seperti lomba dengan tujuan menumpahkan semua cerita tanpa ada jeda sehingga lupa awal dan akhir tujuan dari percakapan tersebut. Memotong pembicaraan orang lain membuat Anda semakin stres karena Anda tidak memberikan orang itu waktu untuk menjelaskan semuanya hingga selesai. Cobalah untuk diam dan mendengarkan, Anda akan merasakan tekanan itu hilang perlahan dari tubuh Anda," urai Carlson seperti dikutip Inc.

Berikut ini adalah tiga waktu dalam hidup saat Anda harus menjadi pendengar yang baik:


Spoiler for 1. Mendengarkan teman yang tengah menghadapi kesulitan:


Spoiler for 2. Berselisih pendapat dengan pasangan:


Spoiler for 3. Percakapan dengan rekan kerja:


Quote:

Pertamax hanya untuk TS emoticon-Cool
biasanya si sering tuh yg no1. tp ane belum bisa ngasih solusinya
gw tau tapi selow
pinter dengerin orang lain itu tanda2 orang cerdas, sedangkan orang yg banyak omong itu tanda otak yg dangkalemoticon-Cool
TS nya pengalaman pribadi yah... emoticon-Malu
3 Momen saat Anda harus jadi pendengar yang baik
gitu ye gan..
nice sharenya
romantic moment
gak peduli sama urusan orang
emoticon-Cool
Quote:


Lucu bgtz
3 Momen saat Anda harus jadi pendengar yang baik

gagal fokus sama trit ente gan emoticon-Malu
kalo gue pendengar yang baik kok
Dengerin sambil di elus elus,di puk puk trus nyender trus terjadilah adegan seruemoticon-Ngakak
Saling mendengarkan aja
saya colay aja
emoticon-Leh Uga emoticon-Rate 5 Star emoticon-2 Jempol
Didengarkan dulu gan.
Jangan langsung nyerocos, kadang mereka hanya butuh didengarkan.
dah sering, tapi yang terkahir belum emoticon-Big Grin