alexa-tracking

Survei RTK: Elektabilitas AHY Tertinggi untuk Cawapres

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af41b6bd675d435438b4578/survei-rtk-elektabilitas-ahy-tertinggi-untuk-cawapres
Survei RTK: Elektabilitas AHY Tertinggi untuk Cawapres
Survei RTK: Elektabilitas AHY Tertinggi untuk Cawapres

Jakarta: Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendulang suara tertinggi yang dipilih masyarakat sebagai calon wakil presiden dalam survei Roda Tiga Konsultan (RTK).


Direktur Riset dan Data TRK Rikola Fedri mengatakan, dari hasil survei di April terkait elektabilitas cawapres, Agus berada di posisi teratas yakni 18 persen. Atau, elektabilitasnya naik dari survei sebelumnya di September tahun lalu yang bertengger di angka 14,3 persen.  


Di tempat kedua disusul Gatot Nurmantyo naik dari 10,8 persen menjadi 14 persen. Kemudian disusul Anies Baswedan, dan lain sebagainya.


'Pada pilihan wakil presiden terlihat tren kenaikan dari AHY,' kata Rikola dalam paparan surveinya di Cafe Mandailing, Jakarta Selatan, Kamis, 10 Mei 2018.




Dalam survei berdasarkan top of mind atau berdasarkan pikiran saat ini ketika ditanya siapa yang akan dipilih menjadi cawapres, AHY juga menduduki peringkat teratas, dengan angka 8,5 persen. AHY mengalahkan Jusuf Kalla, Gatot Nurmantyo dan lainnya. 


Begitu juga berdasarkan empat nama besar yang diajukan, AHY mendapatkan suara 18 persen di peringkat pertama mengungguli Gatot Nurmantyo dan Anies Baswedan.


Selain itu, survei juga menanyakan kemungkinan mengenai apabila AHY dipasangkan menjadi pendamping Joko Widodo di 2019 nanti, sebanyak 70,8 persen menjawab mungkin. Pilihan pasangan tersebut berada di posisi paling atas dari pilihan lainnya yang memasangkan Jokowi dengan Gatot, atau Jokowi dengan Wiranto, serta Jokowi dengan Sri Mulyani.


Survei RTK: Elektabilitas AHY Tertinggi untuk Cawapres

Suasana rilis hasil survei Roda Tiga Konsultan (RTK)--Medcom.id/Suci Sedya Utami.


Sementara, apabila AHY dipasangkan menjadi pendamping Prabowo Subianto, pasangan ini mendapat suara 70 persen. Lebih tinggi dibanding pilihan Prabowo dengan Gatot atau Prabowo dengan Anies.


RTK pun mengambil simulasi pasangan capres dan cawapres dengan hanya menyajikan dua poros yakni bila Demokrat merapat ke kubu Jokowi, dan AHY dipasangkan sebagai calon wakil presiden. Maka akan mendapatkan dukungan tertinggi 51,3 persen melawan kubu Gerindra apabila jadi berkoalisi bersama PKS dengan memasangkan Prabowo Subianto dan Sohibul Iman sebagai capres dan cawapres yang hanya mampu menarik dukungan 28,6 persen.


'Artinya AHY merupakan tokoh yang paling fleksibel jika berpasangan dengan Jokowi atau dengan Prabowo pada Pilpres 2019,' tutup Rikola.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...untuk-cawapres

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Survei RTK: Elektabilitas AHY Tertinggi untuk Cawapres TGB Malu-Malu Ingin Nyapres

- Survei RTK: Elektabilitas AHY Tertinggi untuk Cawapres PDI Perjuangan Main Aman di Pilpres 2019

- Survei RTK: Elektabilitas AHY Tertinggi untuk Cawapres Muhaimin Iskandar: Kalau Bapak Jokowi Tidak Mengajak Saya Wapres, itu Bisa Kalah