alexa-tracking

Penyebab Kerusuhan Napi Teroris Versi Tim Pengacara Muslim

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af40dd3dc06bdc7358b456e/penyebab-kerusuhan-napi-teroris-versi-tim-pengacara-muslim
Penyebab Kerusuhan Napi Teroris Versi Tim Pengacara Muslim
Penyebab Kerusuhan Napi Teroris Versi Tim Pengacara Muslim
© VIVA Pengacara Amrozi cs, Ahmad Michdan di Penyeberangan Nusakambangan

Tim Pengacara Muslim atau TPM, selaku tim yang mengaku memiliki tiga klien kasus terorisme di Mako Brimob, membenarkan soal makanan menjadi salah satu pemicu utama kerusuhan yang terjadi di tempat tersebut.

Hal itu disampaikan Koordinator Tim Pengacara Muslim, Achmad Michdan, saat ditemu di Kantor Pusat Mer-C, Jakarta, Kamis 10 Mei 2018.

Dia mengatakan, belakangan ini para tahanan di Mako Brimob, tidak diperbolehkan untuk menerima makanan dari luar. Padahal, pemberian makanan dari pihak keluarga menjelang puasa dan Lebaran biasa dilakukan sejak dulu.

"Tapi memang, belakangan terakhir mereka makanan enggak boleh, kadang-kadang diperiksa secara ketat. Barang kali itu SOP mereka (Kepolisian). Tetapi, itu kemudian menjadi persoalan. Memang, yang menjadi dasar belakangan, termasuk di Nusakambangan, mereka tidak boleh menerima makanan bawaan dari luar," ucap Michdan.

Hal itu kemudian, menurutnya, diperburuk oleh makanan yang disediakan lapas, yang pada umumnya tidak memenuhi gizi tahanan maupun jumlahnya yang sangat terbatas, sehingga cenderung tidak memenuhi hak-hak kemanusiaan bagi para tahanan.

"Padahal, makanan yang terima itu bukan saja dari gizi kurang, tetapi juga jumlahnya relatif. Kemudian, mereka tidak bisa apa apa dan paling tidak adalah bawaan dari keluarga itu harapan dari mereka," paparnya.

Meski begitu, dia juga tidak memungkiri bahwa kericuhan yang dilakukan tahanan terduga teroris tersebut disebabkan oleh persoalan lama yang telah mengkristal, seperti mulai dari proses penangkapan, penahanan, maupun persidangan mereka yang dianggap tidak memenuhi hak-hak asasinya.

"Proses yang selama ini kita ketahui bersama dari mulai penangkapan, penahanan, sampai mereka disidangkan itu banyak hal-hal yang dirasa sebagai pelanggaran hak asasinya. Pada intinya itu. Ya, perlakuan yang paling mendasar mereka sebetulnya punya hak didampingi penasihat hukum. Nah, ini hampir enggak boleh tim pengacara hukum menemani," ucapnya.

Karenanya, dia menegaskan, persoalan yang terjadi di Mako Brimob tersebut merupakan hikmah yang harus dipahami pihak Kepolisian, bahwa penanganan terduga teroris tersebut harus dilakukan secara soft approach (pendekatan lunak).

Sebab, menurutnya, mayoritas terduga kasus teroris adalah orang-orang yang dilabeli sebagai teroris yang kemudian tidak diberikan kesempatan pembelaan hukum, maupun pendampingan hukum.

"Dari banyak kasus penanganan sebelumnya dibanding yang terjadi di Mako, ada hikmah yang baik bahwa dengan cara soft approach itu pada akhirnya enggak terjadi korban, karenanya kami apresiasi Kepolisian," ungkapnya.

Sumur

Apa mungkin ngasih makanannya pake sendok garpu dari logam?
jadi ada tim pengacara muslim yah ? emoticon-Takut (S)

trus kapan tim pengacara kapir ? emoticon-Entahlah
Kalau masalah makanan anehnya
Koq ahok makin sehat dimako brimob !!!
kan emang sengaja dikasih makanan yg kurang mencukupi
kalo tahanannya malah sehat n bugar bakalan susah ngejagainnya
di luar negri juga gitu kok apalagi utk tahanan yg berbahaya
Waookkk ada pengacara yang membela teroris yang sudah membunuh polisi

Cieeee yang seukhuwah dibela mati2an walaupun sudah membunuh 5 orang polisi

Ini baru namanya seukhuwah emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
trus gagara makanan, boleh bunuh orang gitu.....
sekarang d nusakambangan, makanannya lebih irit lagi
ga ada nego2 lagi
Quote:


Emang makan nya apa
Quote:


Nasi
mempertahankan citra gimmick emoticon-Imlek
ciee udah ngerasain dinginnya penjara baru teriak hak asasi blok
sapa suruh jd pesakitan, makanya hidup itu yg lurus2 aja blok, mikirin kaper bikin lu2 jd gilak kn
Tuhkan mending dimatiin aja ini teroris pake peluru minyak babi. Gak usah diurusin dan ujung2 ngelunjak. Pake protes makanan ga bergizi, emangnya lu atlit apa? emoticon-Busa
Udah dor ajaemoticon-Najis
kalo tetap mau makan enak ya jangan bikin kejahatan, blok emoticon-Cape d...
Truss ditahanan menunya minta pizza hut , burger , siomay , bakso , capjay gitu !??
emoticon-Marah
koq mikirin hak asasi sendiri?
waktu ngebunuh orang mikirin hak asasi orang ga?
makan jumlahnya relatif? mau makan sebanyak apa?
org yg bebas aja kadang susah makan....
gizi ga terpenuhi?
lu bayar pajak ga, tapi mau makan gratis enak?

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
Quote:


dia sedang menjalanken propesi loyernya
dan sedang ber-Logical Fallacy

emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Traveller

dikasih makan daging steak, makanya dapat piso dan garpu buat senjata?emoticon-Leh Uga
hak asasi?
hikmah?
Quote:


Tempe
Gak salah tuh ngomongin HAM? emoticon-Smilie