alexa-tracking

Saat penumpang harus turun lagi dari pesawat Lion Air

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af3eb9cded770e7658b456c/saat-penumpang-harus-turun-lagi-dari-pesawat-lion-air
Saat penumpang harus turun lagi dari pesawat Lion Air
Saat penumpang harus turun lagi dari pesawat Lion Air
Para penumpang pesawat Lion Air menanti kejelasan berangkat ke Jakarta di Bandara Sultan Babullah, Ternate Utara, Rabu (9/5/2018).
Dody Tjahya Nugraha was-was. Lelaki asal Jakarta itu panik saat mengetahui pesawat yang ditumpanginya tidak bisa lepas landas dari Bandara Sultan Babullah, Ternate Utara, Maluku Utara, Rabu (9/5/2018), pukul 08.30 WIT.

Lelaki 25 tahun itu menceritakan sudah melakukan boarding di bandara pada pukul 08.00 WIT. Setelah itu, dirinya langsung menuju maskapai Lion Air sesuai arahan petugas bandara yang menyatakan pesawat hendak terbang pukul 08.30 WIT.

Kurang lebih dua jam, Dody bersama 199 penumpang lainnya berada di dalam pesawat Lion Air. Mereka semua sudah memasang sabuk pengaman sesuai aturan keselamatan penerbangan yang diarahkan pramugari.

“Peragaan penggunaan alat keselamatan sudah selesai dilakukan. Tapi, sampai sekitar 2 jam pesawat tidak pernah berangkat,” kata Dody ketika disambangi di Terminal Bandara Sultan Babullah, Ternate Utara, Rabu (9/5) sore.

Menurut Dody, seluruh penumpang mulai panik saat pramugari membuka pintu pesawat. Maklum, karena selama dua jam di dalam pesawat, tak satu pun informasi yang diberikan oleh pihak maskapai.

“Mesin pesawat sudah menyala semua, tapi tidak terbang, dan setelah menunggu lama tiba-tiba pintu pesawat terbuka. Saat itu, sebagian penumpang sudah ngamuk, minta kejelasan tentang pesawat yang kami tumpangi. Tidak ada kejelasan sehingga kami meminta turun,” ujar Dody.

Sebagian besar penumpang pun kembali ke terminal Bandara Sultan Babullah untuk menanti kejelasan berangkang. Sementara lima penumpang lainnya memilih menunda keberangkatan dan mengganti maskapai.

Dody sempat mempertimbangkan hal itu. Namun, dirinya belum dapat mengambil keputusan karena pihak maskapai Lion Air Ternate belum memberikan konfirmasi.

“Sebenarnya saya tidak mau lagi. Takut, karena menurut Manager Lion Air penyebab penundaan lepas landas akibat gangguan mesin hidrolik,” imbuhnya.

Informasi yang dihimpun Beritagar.id menyebutkan, sebanyak 200 penumpang pesawat Lion Air yang hingga Rabu sore WIB masih terlantar di bandara setempat karena belum ada penjelasan soal kepastian jadwal baru keberangkatan.

Menurut Irawan, Manager Lion Air Cabang Ternate, penyebab penundaan lepas landas akibat adanya perbaikan pada bagian mesin pesawat. "Untuk saat ini masih dalam perbaikan. Kita upayakan hingga pukul 20.00 WIT (baru bertolak ke Jakarta),” kata Irawan ketika memberi penjelasan.

Para penumpang yang seharusnya sudah bertolak menuju Bandara Internasional Sukarno-Hatta di Cengkareng, Jakarta, pagi itu menilai maskapai Lion Air tidak layak beroperasi.

“Ini menyangkut keselamatan kami. Kalau memang tidak layak, ya tidak usah operasi. Kami sudah 2 jam di dalam pesawat tapi turun lagi,” sambung seorang penumpang bernama Ahmad saat mengamuk di terminal bandara.

Lion Air bukan satu-satunya penerbangan rute Ternate - Jakarta dan sebaliknya. Ada pula maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Batik Air.

Sejauh ini, peristiwa gagal tebang akibat kerusakan mesin pesawat jarang terjadi di bandara Ternate Utara. Pemicu keterlambatan berangkat biasanya letusan Gunung Gamalama dan kondisi cuaca buruk.

“Namun, kali ini disayangkan karena penundaan keberangkatan akibat gangguan mesin pesawat yang hendak berangkat. Seharusnya lebih diperhatikan oleh maskapai karena menyangkut keselamatan penumpang,” pungkas Ahmad.
Saat penumpang harus turun lagi dari pesawat Lion Air


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...sawat-lion-air

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Saat penumpang harus turun lagi dari pesawat Lion Air Mahathir segera jadi perdana menteri tertua di dunia

- Saat penumpang harus turun lagi dari pesawat Lion Air Jutaan orang berpotensi kehilangan hak pilih

- Saat penumpang harus turun lagi dari pesawat Lion Air Cuti panjang dinilai turut bikin Rupiah makin loyo