alexa-tracking

Mahathir segera jadi perdana menteri tertua di dunia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af3e495d9d770c1798b4568/mahathir-segera-jadi-perdana-menteri-tertua-di-dunia
Mahathir segera jadi perdana menteri tertua di dunia
Mahathir segera jadi perdana menteri tertua di dunia
Mahathir Mohamad memimpin koalisi Pakatan Harapan memenangi Pemilihan Umum 2018 di Malaysia, Rabu (9/5/2018), menumbangkan koalisi Barisan Nasional pimpinan UMNO.
Sejak merdeka dari kekuasaan Inggris pada 1957, politik Malaysia dikuasai oleh koalisi Barisan Nasional (BN) yang dipimpin oleh partai besar United Malays National Organization (UMNO). Mulai hari ini, Kamis (10/9/2018), tidak lagi. Setidaknya hingga 2023.

Pilihan Raya (pemilihan umum) 2018 menghasilkan kekuatan politik baru yang bakal mengendalikan pemerintahan negeri jiran tersebut. Namanya Pekatan Harapan (PH). Uniknya, koalisi baru ini dipimpin oleh tokoh politik yang membesarkan UMNO dan BN. Dialah Mahathir Mohamad, yang populer disebut Tun M.

Pada pemungutan suara yang berlangsung Rabu (9/5), PH berhasil merebut 121 dari 222 kursi parlemen (Dewan Rakyat) yang diperebutkan. BN, yang dipimpin perdana menteri (PM) inkumben, Najib Razak, hanya mendapatkan 79 kursi, turun dari 139 pada pemilu sebelumnya.

Selain itu, PH juga menguasai delapan badan legislatif dari 12 negara bagian. Hanya negara bagian Serawak yang tidak melaksanakan pemilu pada 2018 karena masa jabatan anggota legislatif mereka baru selesai pada 2022 setelah pemilu pada 2016.

Kemenangan PH ini memastikan Tun M akan kembali menjadi perdana menteri, jabatan yang pernah dipegangnya pada periode 1981-2003.

Dalam usia 92 tahun, Mahathir juga menjadi pemimpin pemerintahan tertua di dunia yang dipilih melalui proses demokratis, alias pemilu.

"Kami tidak akan membalas dendam." Begitu kalimat pertama yang keluar dari mulut Mahathir, yang bersama para pendukungnya tengah berada di Hotel Sheraton, Petaling Jaya, begitu PH dipastikan merebut mayoritas kursi parlemen.

"Apa yang kami inginkan adalah mengembalikan kedaulatan hukum. Kalau ada yang melanggar hukum, termasuk para wartawan, mereka akan dibawa ke pengadilan untuk diadili," sambungnya, dikutip Malaysiakini (10/5).

Balas dendam yang dimaksud terkait dengan dugaan korupsi ratusan juta dolar AS oleh Najib Razak dalam skandal 1Malaysia Development Berhad, perusahaan investasi negara yang didirikan Najib pada 2009. Perusahaan itu saat ini terlilit utang besar.

Dana sebesar $700 juta AS (Rp9,8 triliun dalam kurs saat ini) dari perusahaan tersebut diduga mengalir ke rekening pribadi Najib menjelang Pemilu 2013. Sang Perdana Menteri membantah mati-matian tuduhan tersebut.

Kasus tersebut bahkan sempat melibatkan kepolisian Indonesia ketika Biro Penyelidik Federal Amerika Serikat (FBI) meminta bantuan untuk menahan kapal layar mewah Equanimity yang diduga terkait kasus 1MDB. Kapal tersebut kedapatan berlabuh di Tanjung Benoa, Bali, pada Februari lalu.

Kasus dugaan korupsi ini pula yang membuat Mahathir--guru politik Najib--memutuskan keluar dari UMNO pada Februari 2016. Mahathir pernah keluar dari UMNO pada 2008 ketika PM Abdullah Ahmad Badawi berkuasa, tetapi masuk kembali saat Najib menjadi PM pada 2009.

Sebulan setelah keluar dari UMNO, lelaki kelahiran 10 Juli 1925 mengambil langkah dramatis. Ia mendekati tokoh oposisi Anwar Ibrahim, yang juga bekas orang kepercayaannya. Anwar adalah wakil PM era Mahathir namun kemudian hubungan mereka retak setelah sang PM menuduhnya korupsi dan sodomi.

Anwar saat ini masih menjalani hukuman 5 tahun penjara yang dijatuhkan pengadilan pada pada 10 Februari 2015 atas tuduhan sodomi. Dikurangi berbagai remisi, ia dijadwalkan bebas pada 10 Juni 2018. Karena 10 Juni adalah hari Minggu, Anwar bisa keluar sel lebih cepat, yaitu pada Jumat (8/6).

Tun M menjalin kerja sama dengan Partai Keadilan Rakyat yang didirikan Anwar dan dipimpin oleh sang istri, Wan Azizah Wan Ismail. Mahathir kemudian bergabung dengan Pekatan Harapan.

Koalisi tersebut didirikan pada September 2015 dan merupakan gabungan dari Partai Tindakan Demokratik, Partai Keadilan Rakyat, Partai Amanah Negara (AMANAH), dan Partai Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM).

Para anggota PH kemudian sepakat untuk menunjuk Mahathir sebagai calon perdana menteri jika mereka memenangi Pilihan Raya 2018.

"Fokus utama kami adalah menyelamatkan negara tercinta," ujar Mahathir ketika menerima penetapannya sebagai calon perdana menteri.

"Tidak mudah bagi partai-partai yang sebelumnya menjadi musuh saya untuk menerima saya, tetapi mereka sadar akan pentingnya meruntuhkan pemerintahan yang sekarang berkuasa."

Target tersebut telah tercapai.

Tun M, dikutip New Straits Times, menyatakan akan mengangkat Wan Azizah sebagai wakil perdana menteri, segera setelah ia dilantik. Pelantikan tersebut awalnya dijadwalkan berlangsung hari ini, tetapi kemudian ditunda.

Setelah membentuk kabinet, Mahathir menyatakan ia akan meminta pengampunan bagi Anwar Ibrahim dari raja Malaysia, setelah Anwar bebas pada 8 Juni.

"Setelah itu, ia bisa menjadi perdana menteri," tegas Mahathir, tapi mengingatkan Anwar mesti mengikuti ketentuan yang berlaku, yaitu mendapatkan kursi di parlemen terlebih dahulu.

Beberapa pengamat politik Malaysia menyatakan BN dan UMNO sebenarnya bisa memenangi pemilu tersebut, kalau saja mereka tidak mempertahankan Najib.

"Najib adalah liabilitas. Sifat narsisnya membuat mereka kalah dalam pemilu," kata Bridget Welsh, ahli politik Malaysia dari John Cabot University, kepada CNN.

"Ia menggunakan politik rasial dan uang, seperti pada 2013, tetapi tidak lagi memiliki daya tarik yang sama. Ini adalah tsunami (politik) di Malaysia yang melintasi ras, generasi, dan latar belakang."
Mahathir segera jadi perdana menteri tertua di dunia


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ertua-di-dunia

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Mahathir segera jadi perdana menteri tertua di dunia Jutaan orang berpotensi kehilangan hak pilih

- Mahathir segera jadi perdana menteri tertua di dunia Cuti panjang dinilai turut bikin Rupiah makin loyo

- Mahathir segera jadi perdana menteri tertua di dunia Lupus, misteri autoimun yang mengisap energi pengidapnya