alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Curhat pernikahanku
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af3de829a0951bd178b4567/curhat-pernikahanku

Curhat pernikahanku

Hallo. Ak pengguna kaskus baru. Ak sering liat forum kaskus di google dg cerita2 banyak hal. Ak juga mau cerita nih bu. Ak menikah tanggal 23 desember 2017 skg usia pernikahanku sekitar 5bulan dan blm di karuniai anak dan jg tadinya ak sebelum menikah bekerja di bank swasta setelah menikah sama suami suruh resign dan sy skg hanya d rumah. Mungkin permasalahan dunia rumah tangga ada yang sepertiku. Waktu acara pesta pernikhanpun mertuaku nggak keluar uang 1 rupiah pun karna memang sudah d tanggung suami, hasil tabunganku dan uang dari orangtuaku. Dan memang acara nikahnya ada acara ngunduh mantu yg sederhana klo itu yg biayain mertua. Karna habisnya cuma bekisar 15jt dan itu ke tutup dg sumbangan dr keluarga besarnya karna memang pas di acara resepsi keluarga besar suami tidak ada yang datang untuk di jadwalkan acara ngunduh mantu dr mertua.dan itu pun sisa 5jt dr hasil sumbangan keluarganya. Yang bikin sy jengkel, baru nikah seminggu karna sehabis pulang dr honeymoon ke bali. Sy dan suami main ke mertua, ibu mertua sy suka sekali minta uang ke suami saya. Dalam hal apapun. Ga cuma orang tua suami, ternyata 1 keluarga besarnya suka minta bantuan ke suami dan pasti bab uang. Sy jengkel bu. Baru aja nikah ibunya sudah blg ke suami klo adiknya mau bangun rumah pinjam uang 10jt. Sy tny suami kata suami itu pakai uang ibunya. Ternyata suami bohong, dy yang minjemin uangnya. Pertama di talangin ibunya dl baru si ibu mertua minta ganti ke suami sy. Gak cuma itu. Waktu sy main ke rumah adiknya ibu mertua di semarang, sy sama suami lg tidur. Ibunya bicara keras bgt bilang saudaranya ada yg kecelakaan trs tlp ibu mertua klo butuh uang 1jt. Suami blg ya. Yg sy pikir ini maksudnya apa setiap ada saudara sambat kok ibunya ngmng ke suami sy. Ternyata di talangin ibu mertua dan nnti di ganti suami sy. Ada lagi kan suami sy beli mbl lagi paroan duitnya sama omnya, harusnya bagi hasil setiap bulan 1,5jt di kirim ke sy. Ibu mertua blg ke suami ya kasian klo om mu ngasih 1,5jt d iklasin 500rb ya nang. Pdhl suami blg ya terngantung bos wedok py ( maksudnya istri ) sy cuma blg terserah. Sy menghela nafas aja liatnya karna muak bgt rasanya. Suami blg oke gpp. Dan selang 3 hari ibu mertua WA suami sy blg klo saudaranya ada yg kesusahan sepi job anaknya masih sekolah yg 500rb diminta buat biaya sekolah. Sumpah ane jengkel bgt. Kenapa kok sll di bebankan suami sy, sedangkan suami sy masih muda hanya kerja di instansi pemerintah biasa. Ga hanya itu bu, yang minta bayarin snacklah, minta bayarin baju wisuda adeknya lah, yg sodaranya pinjem duit 1,5jtlah, kadang malah bilang ini atas nama bapaknya tp yg bayarin suami sy. Baru aja kmrn juga keluarganya ada yg pinjem 20jtlah buat DP mobil. Ini mau lebaran ibunya minta adek2nya d beliin bajulah. Kan sy punya rumah di sendiri bu, tp emg sy penge punya rumah lagi yg agak luas. Waktu ibunya ke sini bilang ya udah rumah ini nnti d tempatin ibu ya nang. Sambil ketawa trs nglirik sy. Maksudnya apa lagii ituu . Yg bikin jengkel itu kok gak mikir ya, anak baru slse nikah habis ratusan juta biaya sendiri bukannya mesake ben d tabung. Eh malah masihh aja minta2. Masih banyak bu permintaan mertua sy itu. Klo kaya gini terus ga kuat rasanya. Karna pengeluaran kami jd membengkak tiap bulan. Dalam sebulan pengeluaran kita 30jt lebih bun itu selama nikah 5bulan dan tabungan jd makin menipis. Sy sama suami cuma d kasih gaji bulnan sama insentif aja itu juga uang sy tabung. Tp klo keluarga besar mereka yg minta suami sy blg selalu oke. Sebenernya sy ga masalah gan. Tp klo suami sy uangnya turah2 bgt sih gpp. Lah kita berdua aja masih banyak cita2, blm ada anak juga. Mau sampai kapan jadi sapi perah keluarga besarnya??? Apa yg harus ak lakuin klo kaya gini. Sy jengkel bgt rasanya
Halaman 1 dari 3
ane nyimak aja gan. siapa tau bisa jd pelajaran buat ane di masa depan emoticon-Cool
saya bukan bun, emoticon-Nyepi
anyway suami nya sis anak pertama?
trs gmn keluarga sis?
baiknya ngobrol berdua sm suami, keluarin unek unek sis dgn cara yg santai
Suami sis orang baik, murah hati, ringan tangan membantu keluarga dlm hal keuangan. Sekarang sis nya aja harus sabar, nurut sama suami, ikhlas...

Sis bilang suamimu org biasa, kerja di instansi pemerintah biasa, tapi luar biasa ya jiwanya dermawan, ga segan keluar uang untuk saudara yg kesusahan.

Jaga baik2 suamimu itu sis,.... emoticon-2 Jempol
Diubah oleh sadako88
Iya suamiku anak pertama. Keluargaku udah tau semua ya cuma bilang sabar aja. Klo keluargaku gak pernah sih ngrepotin gt. Pernah mau di bantu buat kuliah adikku tp ortu nggak mau katanya masih banyak kebutuhan lain masa depan buat ak sama suami. Gt gan.gak kaya yg sono klo WA suami adanya minta duit mulu. Klo suami dy bilang bagi dia itu amal gan, tp lama2 ak males juga masak amal terus2an pemgeluaran jd membengkak juga. Maaf gan kirain ibu2 🤣
Itu yang susah gan. Makanya sy males klo d ajak k rumah mertua karna pasti ada aja yang mau di minta. Klo gak ya liat hp suami klo ibunya wa pasti minta2
Quote:


kalo ga kuat ya minta cere aja gan... emoticon-Big Grin

suami ente orang baik kok, rajin membantu emoticon-Embarrassment
Quote:


kalo males, ganti suami aja gan ......................... emoticon-Ngacir
Quote:


wajar dan di maklumi saja sis
toh semua yg suami sis punya bantuan keluarga nya jg
pinter nya sis ngatur keuangan
keluarga suami ya tanggung jawab suami
dan jgn di biasain bilang terserah, yg ada sis malah jd dongkol sendiri, klo sis ngerasa gak perlu, ya bilang aja gausa

Pikir semua serba positif aja, toh uang lari nya jelas, bukan ketempat yg gak seharusnya

Suami sis baik lho
Diubah oleh dhittoarief
Mungkin sistanya jg agak bosan yah, yg biasa kerja jadi diem di rumah? Coba aja sambil kerja/bisnis apa gtu yg bs dikerjakan di rumah dan sistanya suka... Jadi ada kesibukan dan ada penghasilan lagi sis... Obrolin sama suami emoticon-I Love Kaskus (S)
Ane salut suami sis amat dermawan..langka orang gini...tetapi dermawan boleh bodoh jangan...arti nya apa? ..kalo minta bantuan buat dp mobil dll tetek bengek yg ga mendesak...hanya utang buat gengsi mending jgn di kasih bilang aja gada duit...kecuali bantuan buat bayar sekolah,beli beras,susu bayi dll yg penting dan kita tau saudara kita uang habis g bsa ngasih susu anak nya misal nya

membantu itu baik sis jika masalah primer....jika sekunder dan tersier no...jgn mau di jadikan bank untuk hanya gedein gengsi sama kebutuhan2 ga penting mendesak

lagi pula apa mereka ga punya pekerjaan atau pensiunan?...tolak halus...bohong aja pada mereka kita ga ada uang..itu bohong putih ga apa2
rajin sedekah nanti juga bakal ngalir rejekinya kak
Pertanyaannya sekarang, selama duit suami sista diminta sama mertua, kebutuhan untuk RT sista terpenuhi nggak? Masih punya pegangan tabungan nggak?
Kalo masih tercukupi sih, menurut ane wajar2 aja ngasih duit ke orang tua. Apalagi suamimu anak pertama, dia punya tanggung jawab lebih ke keluarga nya. Bahkan seharusnya kita sebagai anak walaupun sudah menikah tetap harus kasih uang ke orang tua/mertua. Karena bagaimanapun, suami sista itu bisa kayak sekarang karena didikan orang tuanya.

Tapi kalo ternyata sista merasa berat dengan tuntutan mertua, apalagi kalo keuangan juga jadi kacau, saat nya sista rembukan sama suami.
Mulai itung penghasilan suami per bulan berapa, dikurangi biaya RT plus tabungan. Baru deh sisa uang nya disisihkan untuk mertua. Misalnya jatah untuk mertua per bulan 2jt.
Kasih pengertian ke mertua bahwa kalian emang cuma bisa kasih segitu per bulan..

just my humble opinion
emoticon-Cendol Gan
sista menikah sama suaminya pake pacaran atau dijodohkan ?
andai dijodohkan ya emang itu sdh resiko dpt mertua seperti itu,
kalo pacaran dulu memangnya engga pernah cari tahu ttg selukbeluk keluarga cowonya, gmn karakter ortu dan keluarga besar cowo sist,
andai engga cocok lebih baik putus dan jgn lanjutin ke proses pernikahan krn itulah fungsinya pacaran dulu sebelum menikah,
nasi sdh menjadi bubur sist, percuma andai komplen yg ada sist yg akan dimarahin suaminya dan dianggap menantu yg kurangajar sama keluarga besarnyaemoticon-Cool


suami sis sepenuhnya yg cari uang.. suami sis rela tuh diperah ? kalo sis komplen k keluarganya nnti jadi sis yg salah.. coba bicarakan baik baik dulu ma misua.. sebaik mungkin sesabar mungkin.. ngingetin masalah pemerahan ini ... gimana tanggapan misua ?
Pertama sist TS harus bersyukur mempunyai suami yg baik, pengertian pada Ortu spt trit diatas.
Kemudian sedikit saran untuk TS, coba ajak diskusi suami mengenai cara mengatur keuangan, misal bikin planning kedepan dan skala prioritas.
Soalnya kalau terus2an kayak gitu nanti nyesel lho, mumpung masih muda dan tanggungannya masih sedikit.
Kalau masalah suami ngasih uang ke Ibunya ya gak masalah, tp kalau sm sodaranya ya itu yg harus di stop.
Kan Sodaranya jg udah berkeluarga, jadi ya harus bisa ngurusin sendiri lah.

Dikomunikasikan dulu ya, jangan buru2 emosi emoticon-Hammer2
Menurut saya suami masih perlu "suara" anda dalam keputusan dia.

Bicarakan. Komunikasikan. Inilah pentingnya komunikasi dalam pernikahan. Semua angka2 itu dan jumlah2 yg tersisa harus dikomunikasikan agar ada solusi. Tidak ada jalan lain.

Bicara perlahan dengan suami bahwa kondisi seperti itu tidak ideal. Perlu ada manajemen keuangan yang baik. Perlu penjelasan bahwa adanya uang itu untuk keperluan kedepan juga, terutama soal pendidikan dan gizi anak kelak. Sampaikan saja rasionalitas2 itu.

Suami anda orang yang baik. Dia berusaha menjadi anak dan bagian keluarga yang baik. Jangan jadikam dia melawan ibunya. Satu2nya cara komunikasi terus.

Dan tolong, ketika ditanya suami "bagaimana nih?" jangan jawab "terserah" trus ujung2nya curhatnya ke orang lain. Itu momentum suara anda memiliki hak.

Good luck.
Quote:


setuju sama ini
Ini sih keduanya sama2 tipe yg ga bisa nolak
Suaminya ga bisa nolak, dilempar ke bini
Lah bininya sama aja malah bilang terserah
Dibelakang baru nyerocos ga ikhlas
Kenapa ga ngeluarin suara pas ditanya

intinya komunikasi

sebagai istri berhak jg untuk ikut andil dlm masalah yg beginian
Kalo diliat dr cerita nya sih suami lu tipikal org yg kurang tegas sis.. ky nya kok susah bilang NO
Tp emg mertua lu keterlaluan jg sih.. emoticon-Hammer2
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di