alexa-tracking

Bayang-Bayang Krismon 98 Menanti Setelah Nilai Rupiah Tembus Rp 14.000

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af3dc24d89b09146d8b4567/bayang-bayang-krismon-98-menanti-setelah-nilai-rupiah-tembus-rp-14000
Bayang-Bayang Krismon 98 Menanti Setelah Nilai Rupiah Tembus Rp 14.000
SULSELSATU.com, JAKARTA - Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) diminta tetap waspada terhadap pelemahan kurs rupiah saat ini. Sebab, meski merupakan dampak eksternal, namun pelemahan ini serupa dengan yang terjadi saat krisis moneter (krismon) 1998

Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada (UGM), Tony Prasetiantono mengakui, pelemahan ini bukan hanya dialami rupiah saja, tetapi juga mata uang negara lain. Namun level Rp 14.000 per dolar AS ini mengingatkannya dengan yang terjadi saat krisis 20 tahun lalu.

"Memang betul rupiah melemah tidak sendiri. Tapi saya catat, pemerintah dan BI agak kurang aware karena Rp 14.000 per dolar AS itu agak kurang nyaman. Itu level yang mirip krisis 1998, ini level yang mestinya jangan terlampaui. Pasar melihat situasi ini sudah seperti 1998," ujar dia di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Tony mengungkapkan, kala itu, fundamental ekonomi Indonesia juga dinilai dalam kondisi yang baik. Namun, tiba-tiba Indonesia mengalami krisis dan kondisinya berubah 180 derajat. "Kita juga pernah alami situasi seperti ini. Kalau disebut fundamental ekonomi, itu seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, neraca transaksi berjalan, neraca transaksi pembayaran, waktu itu baik-baik saja tapi tiba-tiba terjadi krisis (krismon 1998)," kata dia dikutip dari liputan6.

Saat ini, lanjut Tony, krisis dipicu oleh utang luar negeri swasta. Namun belajar dari pengalaman tersebut, pemerintah kini dinilai telah bisa memantau utang swasta secara baik.

"Kejadian itu muncul karena ada indikator ekonomi yang luput, yaitu utang luar negeri oleh swasta. Karena saat sistem devisa kita bebas, jadi swasta boleh utang keluar negeri bebas dan tidak tercatat. Setelah itu pemerintah Indonesia memaksa utang swasta harus dicatat. Sejak saat itu pemerintah bisa meng-handle utang swasta, berapa besar, jatuh tempo kapan sehingga profil utang kita terkendali. Jadi konsidi utang kita tidak seserius seperti 1998," jelas dia.

Meski demikian, Tony tetap meminta pemerintah untuk lebih waspada dan jangan menganggap enteng masalah pelemahan ini. Sebab, Indonesia masih memiliki sisi yang lemah bisa menjadi pemicu terjadinya krisis.

"Sekarang saya duga ada struktur ekonomi kita yang kurang kuat. Ketika membuat studi soal Indonesia dan Asia Timur, negara seperti Taiwan, Korea ekonominya berorientasinya ekspor, maka dia bisa himpun cadangan devisa yang gede makanya mata uangnya stabil. Yang lemah dari kita soal devisa, karena yang masuk kebanyakan mengandung devisa dari hot money bukan ekspor," tandas dia.

https://www.sulselsatu.com/2018/05/09/ekonomi/bayang-bayang-krismon-98-menanti-setelah-nilai-rupiah-tembus-rp-14-000.html

Bayang2 krismon 98?👹
Bayang-Bayang Krismon 98 Menanti Setelah Nilai Rupiah Tembus Rp 14.000
Udah fix 2030 bubar
maka itu untuk mencegah krisis jokowi harus 2periode
menurut pakar ekonomi jokowi presiden dollar 10rb maksudnya presiden 2x
oh jadi ini yang katanya perekonomian indonesia membaik.. preeet
lebay ah...

mungkin kita terlalu goblok untuk memahami tanda2 akan terjadinya krisis emoticon-Ngacir
menurut BCA (Babi Cyber Army) nyang penting bakso mang kasep pengkolan depan masih 10ribuan....
Bayang-Bayang Krismon 98 Menanti Setelah Nilai Rupiah Tembus Rp 14.000
Dari dulu produktivitas gak diurus !!!
Ekspor dari jaman belanda sampe sekarang berkutat di komoditas mentah ( kopi , teh , karet dll )

Produktivitas gak signifikan tapi jumlah penduduk membludak !!! Walhasil bencana !!



kebanyakan parodi sih pemerintahannyaemoticon-Traveller
Bayang-Bayang Krismon 98 Menanti Setelah Nilai Rupiah Tembus Rp 14.000
Bayang-Bayang Krismon 98 Menanti Setelah Nilai Rupiah Tembus Rp 14.000
Bayang-Bayang Krismon 98 Menanti Setelah Nilai Rupiah Tembus Rp 14.000
yg jelas g bakal sampe kejadian pembantaian ras seperti dulu
yg ditakutkan itu harga2 melambung tinggi phk masal dll
Sabar, prediksi saya 14.500 BI mulai jual devisa emoticon-Big Grin
Di 2019 pakde perlu jadi sekjen PBB biar gampang ngatur nilai tukar rupiah thd dolar,ketika dolar naik tinggal panggil presiden US buat melemahkan dolar mereka
jaman sby sampe 14400 masih blm segitunya udah ribut, dulu kok gak ribut?
Quote:


Belum 2030 bisa2 sudah bubar duluan ini gan emoticon-Cape d...

NASBUNG DONGO cuma bisa ngeluh engga kreatif

maen valas donk daripada buat hoax cuma dapet uang parkir doank
Quote:


bukan nya paling tinggi cuman nyentuh angka 12.000 sekian ya ?

kata nastak, rame2 pasang #wajar ntar ekonomi membaik dan rupiah bakal 10rebu.