alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Seluruh Napiter Terlibat Kerusuhan Dipindahkan ke Nusakambangan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af3ca66d675d4fd098b4579/seluruh-napiter-terlibat-kerusuhan-dipindahkan-ke-nusakambangan

Seluruh Napiter Terlibat Kerusuhan Dipindahkan ke Nusakambangan

Seluruh Napiter Terlibat Kerusuhan Dipindahkan ke Nusakambangan

JPP, DEPOK - Seluruh narapidana teroris (napiter), yakni 155 tahanan, yang terlibat dalam aksi kerusuhan dan penyanderaan anggota Polri di rumah tahanan (rutan) cabang Salemba di Kompleks Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, saat ini tengah dipindahkan ke Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Demikian diungkapkan Wakapolri Komjen Syafruddin dalam konferensi pers di Mako Brimob, Depok, Kamis (10/5/2018), pukul 08.30 WIB.

"(napiter) Sudah dipindahkan seluruhnya atas keputusan Menkuham (Menteri Hukum dan HAM) dan Dirjen Lapas. Seluruhnya dipindahkan ke Nusakambangan dan sudah dalam proses perjalanaan. Per hari ini sudah dalam perjalanan seluruhnya," jelasnya.

Sementara terkait tindakan hukum apa yang akan diberikan kepada 155 napiter tersebut, Wakapolri menegaskan semuanya akan diproses di pengadilan.

"Ini Indonesia negara hukum, semua akan berujung pada penegakkan hukum. Nanti kita lihat prosesnya, itu semua pemberatan, peringanan, semua di pengadilan," ujarnya.

Sebelumnya, dalam konferensi pers pukul 07.30 WIB, Wakapolri Komjen Syafrudin menyatakan bahwa operasi penanggulangan kerusuhan dan penyanderaan anggota Polri oleh napiter ini telah selesai, di mana operasi tersebut berlangsung selama 36 jam.

"Alhamdulillah, dengan penuh kesabaran, kami dapat menanggulangi ini semua dengan me-minimize (meminimalisir) korban dan ini operasi sudah berakhir pada pukul 7.15 pagi tadi, sudah selesai," katanya.

"Operasi penyanderaan dan pembunuhan sadis oleh tahanan ini berjalan selama 36 jam di mana terdapat 156 tahanan yang melakukan penyanderaan. Polri dalam menangani senantiasa sangat berupaya sepersuasif mungkin dan berkepala dingin. Saya selalu menekanan kepada tim untuk berkepala dingin walaupun teman-teman mereka jadi korban pembunuhan," tambahnya.

Atas keberhasilan operasi penanggulangan ini, Wakapolri pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Polri yang penuh kesabaran sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik, serta kepada seluruh rakyat Indonesia yang membantu dengan doa dan dukungannya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Polri yang penuh kesabaran melaksanakan tugas ini dengan baik. Ini sebuah tugas yang sangat berhasil. Dan juga pula kepada semua pihak yang membantu dengan doa, saya terima banyak doa dari WA (Whatsapp) kepada Polri, membantu dengan doa dan pikirian, tenaga dan support yang tulus dan ikhlas," tandasnya.

Adapun akibat kerusuhan yang dilakukan oleh napiter ini, sebanyak sembilan anggota Polri disandera di mana lima di antaranya telah gugur saat kejadian dan empat lainnya luka-luka yang saat ini sedang dirawat di rumah sakit. Sementara dari pihak napiter terdapat satu orang tewas.

Operasi penanggulangan ini berakhir setelah 155 napiter menyerahkan diri, di mana dari jumlah tersebut 145 menyerah tanpa syarat dan 10 sisanya menyerah setelah diserbu aparat keamanan dalam kontak senjata yang berlangsung singkat. (nba/pol)


Sumber : https://jpp.go.id/polkam/hankam/3208...-nusakambangan

---

Kumpulan Berita Terkait POLKAM :

- Seluruh Napiter Terlibat Kerusuhan Dipindahkan ke Nusakambangan Kagumi Karya Seni Para Napi, Menko Wiranto: Istimewa!

- Seluruh Napiter Terlibat Kerusuhan Dipindahkan ke Nusakambangan Wakapolri Akan Copot Kapolres dan Kapolda Tak Serius Atasi Miras Oplosan

- Seluruh Napiter Terlibat Kerusuhan Dipindahkan ke Nusakambangan Bertemu Dubes Rusia, Wiranto Bahas Pelaksanaan KTT Keamanan Global

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di