alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Warga Negara Asing (WNA) Mulai Tinggal di Gang Sempit Jakarta, Tim PORA Dibentuk
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af3be7f14088d513f8b4568/warga-negara-asing-wna-mulai-tinggal-di-gang-sempit-jakarta-tim-pora-dibentuk

Warga Negara Asing (WNA) Mulai Tinggal di Gang Sempit Jakarta, Tim PORA Dibentuk

BANYAK warga negara asing dilaporkan mulai tinggal di wilayah-wilayah kumuh dan gang sempit di Jakarta.

Terkait hal tersebut, maka dibentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Tingkat Kecamatan.

Sebelumnya Tim Pora hanya ada di tingkat kota administrasi. 

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Bambang Sumardiono, menyatakan peran Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Tingkat Kecamatan sangat penting dalam membantu mengawasi pelanggaran keimigrasian yang dilakukan warga negara asing di lapangan

"Jumlah orang asing di Jakarta Selatan terus meningkat hingga 7 Mei sudah menyentuh angka 22942. Imigrasi tidak bisa mengawasi sendiri orang sebanyak itu," katanya saat mengukuhkan Tim Pora Tingkat Kecamatan Kota Jakarta Selatan di Kantor Imigrasi Kelas 1, Jalan Buncit Raya, Jakarta Selatan, Selasa (8/5/2018).

Belum lagi, adanya kemungkinan membludaknya orang asing pasca keluarnya Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing yang diteken presiden beberapa waktu lalu. Juga terkait kebijakan bebas visa yang diterapkan terhadap 169 negara yang tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 21 Tahun 2016.

"Maka ini sebagai upaya lanjutan di mana presiden dengan tujuan baik telah mempermudah masuknya TKA dengan syarat-syarat tertentu dan kami di imigrasi bertugas mengawasi keberadaan mereka," ungkapnya.

"Imigrasi bertugas dalam pengawasan orang asing di Indonesia dalam rangka menjaga tegaknya kedaulatan bangsa. Pengawasan dilakukan mulai orang asing masuk sampai keluar dari wilayah Indonesia," imbuhnya.

Kepala Imigrasi Kelas 1 Jakarta Selatan, Hamzah mengatakan, nantinya tim gabungan ini akan membentuk posko di setiap kecamatan agar pengawasan kepada WNA bisa maksimal.

"Karena kecamatan merupakan wilayah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan tahu dinamika sosial di wilayahnya sendiri. Dengan terbentuknya tim ini, akan mudah dalam mengumpulkan informasi tentang keberadaan orang asing. Tim nanti akan membuat posko di kantor kecamatan yang juga bisa menampung informasi atau laporan dari masyarakat," paparnya.

80 WNA dideportasi

Hamzah mengungkapkan, bertambahnya WNA yang bermukim di Jakarta Selatan seiring dengan peningkatan pelanggaran yang ditemukan pihaknya. Ia mencatat, sejak awal tahun telah menindak puluhan pelanggar dokumen imigrasi.

"Ada lima WNA yang diproses hukum akibat proyustisia dan 80 orang kami deportasi ke negara asalnya. Kebanyakan pelanggarannya terkait penyalahgunaan ijin tinggal bahkan ada yang tidak punya dokumen," kata dia.

Sementara itu, Walikota Jakarta Selatan Tri Kurniadi menyatakan, sebagai kota administrasi, Jakarta Selatan menjadi pusat ekonomi dan aktifitas bagi warga negara asing.

Mereka kebanyakan tinggal di apartemen. Tapi selama ini kesulitan kita sulit menembus apartemen. Aparat saja kadang tidak bisa masuk," kata dia.

Tim Pora kata Tri bertugas tidak hanya menindak para WNA yang langgar aturan namun juga memastikan keberadaan WNA terlindungi selama berada di Jakarta Selatan.

"Kemarin di Pesanggrahan puluhan WNA tinggal tanpa dokumen namun luput dari pengawasan. Dan warga jadi resah dan melaporkannya lalu ditindaklanjuti secara cepat. Kejadian semacam ini mungjin saja terjadi di kecamatan lain, baik penyalahgunaan imigrasi, tindak kriminal maupun narkoba. Maka saya kira Tim Pora tingkat kecamatan ini akan sangat efektif ke depannya," terangnya.

http://wartakota.tribunnews.com/2018/05/09/warga-negara-asing-wna-mulai-tinggal-di-gang-sempit-jakarta-tim-pora-dibentuk?page=2

Ilegal atau legal
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Bahkan ada yang nyapres dan didukung nasbung emoticon-SmilieWarga Negara Asing (WNA) Mulai Tinggal di Gang Sempit Jakarta, Tim PORA Dibentuk
Quote:


Huahuahua
Warga Negara Asing (WNA) Mulai Tinggal di Gang Sempit Jakarta, Tim PORA Dibentuk
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
yg di funcak juga siap2 bubble wna. ke taman safari aja 50% muka timteng
Tim pemburu babi

emoticon-Traveller
Quote:


yg jadi ustad ama anggota fpi juga ada

Warga Negara Asing (WNA) Mulai Tinggal di Gang Sempit Jakarta, Tim PORA Dibentuk

Warga Negara Asing (WNA) Mulai Tinggal di Gang Sempit Jakarta, Tim PORA Dibentuk
Diubah oleh agus.malaikat
Quote:


Puncak banyak tuh, di gang gang aja ada
setidaknya warga asing yg masuk ke indonesia itu tdk dengan cara genosida pribumi & rampas tanah pribumi

beda dgn bangsa eropa kulit putih yg masuk dgn cara genosida pribumi & rampas tanah pribumi amerika;/australia/kanada

setelah sukses genosida ,langsung bule2 domba eropa berbondong2 pindah ke tanah rampasan & ngesex membuat keturunan
bule2 domba kulit putih yg ada di amerika/australia/kanada skrg itu semuanya keturunan tukang genosida & perampas tanah
rata2 kok hari ini reply nya pada bernasbung semua yua emoticon-Ngakak
Asal akur sama nasbung, nasbung sih oke saja.
Bule nyang demen nongkrong di jaksa enih pasti emoticon-Ngakak
Quote:


didunia cuma ada 2 pemenang dan pecundang, buktinya negara rampasan mereka itu min sejahtera max jadi negara maju... lu ngapain takut sama kulit putih? palingan lu juga gak punya skill, sekolah sering bolos dll...
Mending jangan timteng makin banyak teroris malah
Diubah oleh sirhx
Di tempat ane di jaktim ada tuh tp niger, sempet di sweeping sampe kejar2an kayak di pilem2
emoticon-Ngakak
Tenaga ahli tinggal digang sempit. Sungguh luar biasa rendah hatinya. Wahli tipuuu! Serba tipu2.
Warga Negara Asing (WNA) Mulai Tinggal di Gang Sempit Jakarta, Tim PORA Dibentuk
dulu taun 2000an kawasan kemang dan bangka jd kawasan favorit kaum ekspat bule2. tp sejak harga sewa rumah selangit harganya akhirnya memaksa kaum ekspat trdesak cari rumah sewa d pinggiran yg harganya jauh murah.
gw yakin klo nnti LRT dan MRT jd apartemen d bekasi,depok ato tangsel bs mirip ky kawasan kuningan skrng....
kasusnya beda sm orang2 yg sdng cr suaka
Diubah oleh smogal
Waduh, waspada
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Quote:


perasaan di daerah petukangan utara, pesanggrahan, jak sel orang item smua, aprika, gak ada menlen emoticon-Bingung
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di