alexa-tracking

Cadangan Devisa RI Anjlok Demi Selamatkan Rupiah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af3b664a09a39a7198b4568/cadangan-devisa-ri-anjlok-demi-selamatkan-rupiah
Cadangan Devisa RI Anjlok Demi Selamatkan Rupiah
Jakarta, CNN Indonesia -- Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa (cadev) pada April 2018 sebesar US$124,9 miliar, atau lebih rendah US$1,1 miliar dari posisi Maret 2018 sebesar US$126 miliar. Tergerusnya cadev diakibatkan penggunaan devisa untuk menyelamatkan nilai tukar rupiah yang tengah melemah dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Posisi cadev merosot sekitar 0,87 persen, ini merupakan penurunan cadev dalam tiga bulan berturut-turut sejak Februari lalu.

"Penurunan cadangan devisa pada April 2018 terutama dipengaruhi oleh penggunaan devisa untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan stabilisasi nilai tukar rupiah di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang masih tinggi," ujar Kepala Departemen Komunikasi BI Agusman dalam keterangan tertulis, Selasa (8/5).

Kendati begitu, BI memastikan bahwa posisi cadev ini masih cukup baik untuk mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Pasalnya, posisi cadev masih cukup untuk membiayai 7,7 bulan impor atau 7,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

"Selain itu, posisi ini berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," imbuhnya.

Ke depan, Agusman bilang, BI akan terus menjaga kecukupan cadangan devisa guna mendukung stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Sebelumnya, BI mengaku, memang telah menggelontorkan cadev ke pasar sebagai bentuk intervensi untuk menyelamatkan rupiah dari keterpurukan. Adapun intervensi dengan cadev itu dilakukan sejak Februari lalu, saat rupiah pertama kali menyentuh angka Rp13.700 per dolar Amerika Serikat (AS).

Setelah itu, BI terus menyatakan bahwa bank sentral nasional terus ada di pasar untuk menjaga stabilitas rupiah. Meski, posisi rupiah terus melemah hingga saat ini menyentuh kisaran Rp14.000 per dolar AS.

Kepala Ekonom Samuel Sekuritas Lana
Soelistianingsih menilai pemerintah dapat membantu Bank Indonesia untuk memperoleh pasokan dolar Amerika Serikat (AS) dan memperkuat cadangan devisa yang dibutuhkan BI untuk menstabilkan nilai tukar rupiah. Salah satunya, dengan menerbitkan obligasi global (global bond).

"Pemerintah seharusnya membantu (BI) dengan mempercepat penerbitan global bond. Ini salah satu cara yang dapat dilakukan pemerintah untuk menambah stok dolar AS," terang dia.

Saat ini, menurut lana, kebutuhan pasokan dolar AS di dalam negeri memang tengah tinggi seiring adanya kebutuhan pembayaran dividen dan utang luar negeri. Namun, dia memperkirakan, kondisi tekanan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hanya akan berlangsung hingga akhir bulan ini atau bulan depan.

"Itu dari sisi permintaan domestik, tapi tekanan rupiah kan juga sangat bergantung pada faktor global," jelas dia.

https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2...amatkan-rupiah
Intervensi Rupiah dah telat bu, bentar lagi di tagih hutang, mau bayar pakai apa?
Mau narasi apalagi ini
Setelah teroris dukungan kalian kalah telak mulailah membuat isu rupiah
Santai aja cuk
Mang bakso depan rumah Lagi Untung gede itu
Harga bakso juga masih 10.000 rupiah
Senyum tuh mang bakso

Rokok dululah kita
Harganya masih sama saja
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Cadangan Devisa RI Anjlok Demi Selamatkan Rupiah

Amsyong jual tuh kaos rugi...alhamdulilah sekarang jual #DiaSibukKerja sehari dapat omset 5juta
Quote:


Analisa yg luar biasa, mang bakso bentar lagi bantu mengembalikan rupiah ke 10rebu.

Mang bakso untung gede yang menambah devisa negara.

#2019MangBaksoJadiPresiden


Govlok sudah
Quote:


Cadangan Devisa RI Anjlok Demi Selamatkan Rupiah
kan sdh ditutupi dorrr... emoticon-Leh Uga
Quote:


Nah kan telat nggak dari kemarin serta pemotongan anggaran skala besar..emoticon-Hammer
Quote:


Sebelum ada rusuh rupiah memang sdh melemah sis
Quote:


Mantab gan kontribusi nya bagi dunia, luar biasa, sampai lupa USD= Rp14.000++
Quote:


mang bakso saja lagi Untung kok
mbak cantik juga santai aja ini sambil ngebakso semuanya ekonomi lancar jaya
saya juga rokok nggak putus2 ini..
mang penjual kopi juga Nyantai kok
asal jangan ke Starbuck aja,, bisa bisa masuk neraka kita sesuai fatwa si ganteng itu 

Cadangan Devisa RI Anjlok Demi Selamatkan Rupiah

Quote:


Itulah sebabnya dia dafat fiala emoticon-Imlek
Quote:


kau panggil pulak aku sis
emang Sableng 212 kapak geni Lagi dibodohin gurunya si Sinto Gendeng pake Al ngawur 51
rupiah akan saja, dollar AS aja yang mengganas,, Nanti juga Dollar normal setelah dibacakan ayat2 anti jin, iblis dan dajjal

Cadangan Devisa RI Anjlok Demi Selamatkan Rupiah

Quote:


Katanya rupiah aman, kok perlu di selamatkan?
Quote:


ngutang lagi lah buat bayar utang kan gitu emoticon-Wakaka

Negara kita ini negara kaya. Uang ada, SDM ada, mental siap. Negara lain jual, kita beli. Investor datang SDM siap, 2 minggu selesai. Ditunjang oleh revolusi mental yang kian terasa. Tapi awas, presidennya kabur naik roket, rakyat ketularan plonga plongo!
Yg bikin malu! Yg bikin malu! Jangan malu2 mundur.
rupiah kemana-mana lemah, mau ngapain lagi

redenom cuma wacana, tahun2 kemarin lagi stabil kagak diterapin pelan2.

emoticon-Leh Uga
intervensi berefek sementara aja, market itu bagai lautan, sanggup buat nelen cadangan devisa apalagi cuman USD 124 M
Quote:


Kgk usah diquota itu gan, itu cwek agak gila emoticon-Gila