alexa-tracking

Bukan di Mako Brimob, Kerusuhan Napiter Terjadi di Rutan Cabang Salemba

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af3a642c0d770362c8b4572/bukan-di-mako-brimob-kerusuhan-napiter-terjadi-di-rutan-cabang-salemba
Bukan di Mako Brimob, Kerusuhan Napiter Terjadi di Rutan Cabang Salemba
Bukan di Mako Brimob, Kerusuhan Napiter Terjadi di Rutan Cabang Salemba

JPP, JAKARTA - Wakapolri Komjen Syafruddin menggelar konferensi pers terkait kejadian kerusuhan dan penyanderaan anggota polri oleh narapidana teroris (napiter), di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (10/5/2018).

Dalam konferensi pers tersebut, Wakapolri menegaskan bahwa kerusuhan napiter tersebut tidak terjadi di rumah tahanan (rutan) Mako Brimob seperti yang diberitakan, melainkan terjadi di rutan cabang Salemba di Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. 

"Kejadian penyanderaan sejumlah anggota Polri terjadi di rutan cabang Salemba. Saya luruskan bukan Mako Brimob, tapi rutan cabang Salemba di Kelapa Dua, kebetulan bertepatan berada di kompleks Mako Brimob. Jadi bukan di rutan Mako Brimob," tegasnya.

Lebih lanjut Wakapolri mengungkapkan bahwa kerusuhan tersebut dilakukan oleh seluruh napiter yang berjumlah 156 tahanan.

"Jadi yang melakukan seluruh tahanan. Melakukan penyanderaan terhadap sembilan anggota Polri yang di antaranya lima anggota Polri gugur dengan cara pembunuhan sadis dan empat luka-luka," ungkapnya.

Disebutkan Wakapolri, adapun anggota Polri yang luka-luka tersebut tiga di antaranya berhasil keluar terlebih dahulu sesaat setelah kejadian, sementara satu anggota terakhir atas nama Brigadir Iwan Sarjana baru saja dibebaskan pada pukul 02.00, Kamis (10/5/2018) dini hari tadi.

Lebih lanjut Wakapolri pun menyatakan bahwa operasi penanggulangan kerusuhan dan penyanderaan anggota Polri oleh napiter ini telah selesai, di mana operasi tersebut berlangsung selama 36 jam.

"Alhamdulillah, dengan penuh kesabaran, kami dapat menanggulangi ini semua dengan me-minimize (meminimalisir) korban dan ini operasi sudah berakhir pada pukul 7.15 pagi tadi, sudah selesai," katanya.

"Operasi penyanderaan dan pembunuhan sadis oleh tahanan ini berjalan selama 36 jam di mana terdapat 156 tahanan yang melakukan penyanderaan. Polri dalam menangani senantiasa sangat berupaya sepersuasif mungkin dan berkepala dingin. Saya selalu menekanan kepada tim untuk berkepala dingin walaupun teman-teman mereka jadi korban pembunuhan," tambahnya.

Atas keberhasilan operasi penanggulangan ini, Wakapolri pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Polri yang penuh kesabaran sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik, serta kepada seluruh rakyat Indonesia yang membantu dengan doa dan dukungannya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Polri yang penuh kesabaran melaksanakan tugas ini dengan baik. Ini sebuah tugas yang sangat berhasil. Dan juga pula kepada semua pihak yang membantu dengan doa, saya terima banyak doa dari WA (Whatsapp) kepada Polri, membantu dengan doa dan pikirian, tenaga dan support yang tulus dan ikhlas," tandasnya. (nba)


Sumber : https://jpp.go.id/polkam/hankam/3208...cabang-salemba

---

Kumpulan Berita Terkait POLKAM :

- Bukan di Mako Brimob, Kerusuhan Napiter Terjadi di Rutan Cabang Salemba Wakapolri Instruksikan Tindak Tegas Pelaku Terkait Miras Oplosan

- Bukan di Mako Brimob, Kerusuhan Napiter Terjadi di Rutan Cabang Salemba Jalan Santai di Cijantung, Moeldoko: Kopassus Selalu Siap Tanggulangi Terorisme

- Bukan di Mako Brimob, Kerusuhan Napiter Terjadi di Rutan Cabang Salemba RI-Singapura Tingkatkan Kerja Sama Penanggulangan Terorisme

×