alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemerintah Dikabarkan Tambah Lagi Impor Beras 500 Ribu Ton
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af3a57e12e257ab7d8b4567/pemerintah-dikabarkan-tambah-lagi-impor-beras-500-ribu-ton

Pemerintah Dikabarkan Tambah Lagi Impor Beras 500 Ribu Ton

Indonesia dikabarkan telah melakukan tambahan impor beras untuk konsumsi masyarakat sebanyak 500 ribu ton. Tambahan jumlah impor ini menjadikan pengadaan beras dari luar negeri mencapai 1 juta ton, setelah pada 15 Januari 2018 lalu pemerintah memutuskan untuk impor sebanyak 500 ribu ton.

Isu ini muncul setelah laporan Saigon Times pada 2 April 2018 mengungkapkan bahwa ada tambahan ekspor beras Vietnam ke Indonesia sebanyak 300 ribu ton. Nguyen Ngoc Nam, Ketua Vietnam Food Association (VFA) menjelaskan bahwa impor beras 300 ribu ton ke Indonesia merupakan transaksi ketiga sepanjang 2018.

Saigon Times juga menyebut ada tambahan 200 ribu ton beras dari Thailand untuk menggenapi jumlah impor jadi 500 ribu ton. Sehingga, secara total Indonesia telah mengimpor beras sebanyak 1 juta ton.

Sumber Katadata yang mengetahui hal tersebut membenarkan bahwa ada kebijakan pemerintah untuk melakukan impor beras tambahan. Meski tidak disebutkan alasannya secara jelas, kemungkinan impor dilakukan dalam rangka stabilisasi harga.

Sementara ketika dikonfirmasi secara terpisah, Direktur Pengadaan Perum Bulog Andrianto Wahyu Adi menolak berkomentar terhadap kebijakan impor. “Masalah importase beras, sumber info satu pintu di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian,” kata Andrianto kepada Katadata, Kamis, 25 April lalu.

Pada impor beras tahap pertama, Indonesia mendatang sebanyak 500 ribu ton beras, dimana untuk transaksi dan pengirimannya dilakukan sebanyak  dua kali. Beras impor tersebut, antara lain didatangkan dari Vietnam sebanyak 141 ribu ton dan 55.600 ton, Thailand 120 ribu ton dan 83.400 ton, India 20 ribu ton dan 30 ribu ton, serta Pakistan 50 ribu ton.

(Baca : Bulog Akan Buka Tender 80 Ribu Ton Beras Impor Besok)

Deputi Bidang Pangan dan Pertanian Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Musdhalifah Machmud pun enggan mengkonfirmasi. Dia hanya menjelaskan bahwa pemerintah terus melakukan persiapan ketersediaan pangan jelang Lebaran. Setali tiga uang,  Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pun hanya menggelengkan kepala ketika ditanya mengenai kebenaran isu tambahan impor beras.

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Dwi Andreas Santosa menilai pemerintah masih memerlukan tambahan impor beras sebesar 1 juta ton hingga akhir tahun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Langkah itu ditempuh seiring dengan masih minimnya produksi  beras dan gabah yang tercermin dari tingginya harga.

Dwi menjelaskan, meski panen sudah berlangsung, harga beras di tingkat konsumen masih relatif tinggi. “Sepertinya kita masih harus menambah stok dari luar negeri mencapai 1 juta ton,” katanya kepada Katadata, Selasa, 24 April 2018.

https://katadata.co.id/berita/2018/05/09/tinggi-kebutuhan-indonesia-akan-tambah-impor-beras-500-ribu-ton

Banyak ya
Halaman 1 dari 2
jadi berapa sachet tuh
Rakyat indo udh gak suka beras lokal gan emoticon-Ngakak

Senengnya makan nasi dr beras impor biar keliatan gaya, serba buatan luar negri emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Daging,ayam,garem,beras dll emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
KEREN.... SWASEMBADA COY...
SWASEMBADA IMPOR
Jangan makan beras gan















Makan nasi yang benarnya emoticon-Big Grin
dulu sih.... orang makan jagung, singkong, ubi, sagu, dll dikatain kampungan emoticon-Smilie
tapi yang menurut gw fenomena nih ya, pemerintah kan impor beras; padahal bulan puasa makan dua kali sehari. trus dua minggu kemudian orang pada pulang kampung semua. (padahal di kampung kan lumbung beras).emoticon-Wowcantik

kemungkinan:
1. pada bulan puasa tentu lazim produksi menurun seiring bulan puasa.
2. di kampung juga demikian.

solusi: ya impor. daripada harga naik umr lo kepake bayarin 20-30% harga lebih mahal?!
Indonesia semakin meroket emoticon-Selamat
masyarakat diem, lanjut
masyarakat ribut, pura2 gak tau, ngeles padahal panen berlimpah

nasib rakyat dibodohin aja ama rezim kodok
Untuk memenuhi kebutuhan pangan.
Quote:


Jangan suruh nasbung mikir ginian gan. Berat. emoticon-Frown
Sampe sini di pack sachet-an emoticon-Leh Uga
#dia sibuk ngimpor
Kalau gak mau beli beras yang mahal ya tanam padi sendiri aja emoticon-Mad


Ttd
🐸
Nastak
manja



impor dewe ah
Banyak sekarang lahan yang dulunya menanam padi diubah menjadi lahan sawit dan cabe. Hal yang wajar mengingat harga kedua hasil pertanian tersebut menggiurkan dibanding padi. Salah satu contoh di kampung halaman saya, kepala desanya mengimbau warga desa untuk menanam padi. Hal ini sesuai perintah pemerintah daerah, karena yang dulunya daerah itu lumbung padi berubah jadi lahan sawit dan cabe.
ini to yang di tutupi kasusx ampe ad kasus wow lain
Quote:


Bukannya ini salah satu imbas dari petani NTB gagal regenerasi ?
Ciri nasbungtod dongo nanti kalo gak impor terus beras langka nyalahin pemerintah...impor salah gak impor salah
Assudahhlahh nasbungtod emang dongo
Pemerintah Dikabarkan Tambah Lagi Impor Beras 500 Ribu Ton

Pemerintah Dikabarkan Tambah Lagi Impor Beras 500 Ribu Ton

Pemerintah Dikabarkan Tambah Lagi Impor Beras 500 Ribu Ton
Quote:


Salah TGB ? emoticon-Selamat
dia sibuk impor
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di