alexa-tracking

Masa kerajaan Hindu dan peninggalannya.

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af39be79e7404380e8b4567/masa-kerajaan-hindu-dan-peninggalannya
Masa kerajaan Hindu dan peninggalannya.
Tahukah kamu tentang perkembangan kerajaan Hindu di nusantara?. untuk menjawab pertanyaan tersebut Berikut ini akan dibahas mengenai perkembangan beberapa kerajaan bercorak Hindu di nusantara.

1. Kerajaan bercorak Hindu di Indonesia.
  pada awalnya, pacaran dengan berasal dari India, dari India ajaran Hindu berkembang ke berbagai negara di benua asia Termasuk Indonesia. ajaran Hindu masuk ke Indonesia tidak melalui kekerasan atau penaklukan. dari berbagai peninggalan yang ada di ketahui bahwa Hindu masuk ke Indonesia karena dibawa oleh para pendeta Brahmana dan pedagang India. budaya Hindu di Indonesia ditandai dengan munculnya beberapa kerajaan bercorak Hindu sebagai berikut:

a. Kerajaan Kutai.
  kerajaan Hindu yang tertua di Indonesia adalah kerajaan Kutai. kerajaan ini berdiri pada tahun 400 Masehi dan terletak di tepi sungai Mahakam. Kalimantan Timur. raja pertama Kerajaan Kutai bernama kudungga, sedangkan Raja Kutai yang terkenal bernama Mulawarman.
  Raja Mulawarman adalah pemeluk agama Hindu yang taat. beliau menyembah dewa Siwa. beberapa prasasti menyebutkan bahwa Raja Mulawarman adalah seorang raja yang baik budi. untuk menandai upacara itu. the Terangkanlah sebuah yupa.
  nyoba adalah prasasti yang dipahat pada tiang batu untuk menceritakan peristiwa di kerajaan Kutai.
  peninggalan Kerajaan Kutai adalah tujuh Yupa prasasti Natal tiang batu bertulis. Masa sih itu ditulis dengan huruf Pallawa dan dalam bahasa Sansekerta.

b. Kerajaan Tarumanegara.
  kerajaan Hindu tertua di pulau Jawa adalah kerajaan Tarumanegara. kerajaan ini berdiri pada tahun 450 Masehi. letaknya di sekitaran Bogor, Jawa Barat. rajanya terkenal bernama Purnawarman beliau membawa agama Hindu dan menyembah dewa Wisnu.
  mata pencaharian penduduk Kerajaan Tarumanegara antara lain pertanian. perikanan. dan Perdagangan. pada masa pemerintahan Purnawarman, Kerajaan Tarumanegara berhasil membuat saluran air untuk mengaliri lahan pertanian dan mencegah banjir.
  peninggalan Kerajaan Tarumanegara adalah tujuh prasasti yang ditemukan di daerah Jawa Barat. sebagian besar prasasti itu ditulis dalam bahasa Sansekerta dan menggunakan huruf pallawa. prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara adalah prasasti Ciaruteun. Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Tugu, prasasti Lebak, Prasasti Jambu, prasasti pasir Awi, dan Prasasti Muara Cianten.

REFERENSI:
http://www.tehnisikecil.com/2017/11/...ang-merah.html
https://dauntani.blogspot.co.id/2018...ar-fungsi.html