alexa-tracking

BREAKING NEWS: MAHATHIR MENANG PEMILU MALAYSIA

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af39a32642eb633708b4569/breaking-news-mahathir-menang-pemilu-malaysia
BREAKING NEWS: MAHATHIR MENANG PEMILU MALAYSIA
KUALA LUMPUR - Aliansi partai oposisi yang dipelopori oleh Mahathir Mohamad memenangkan pemilihan umum (Pemilu) Malaysia. Hasil resmi, Kamis (10/5/2018), menetapkan sosok veteran tersebut kembali ke kantor perdana menteri Negeri Jiran yang pernah didudukinya selama 22 tahun.

Hasil resmi menunjukkan bahwa Pakatan Harapan Mahathir memenangkan 113 kursi parlemen dari 222, atau dengan kata lain meraih mayoritas sederhana yang diperlukan untuk memerintah. Sedangkan partai koalisi yang berkuasa di bawah pimpinan perdana menteri incumbent, Najib Razak, Barisan Nasional (BN) memiliki 79 kursi.

Mahathir mengatakan pada konferensi pers ia berharap akan dilantik sebagai perdana menteri pada Kamis.

“Waktu untuk perubahan telah datang, dan saya berharap orang-orang yang berkuasa menyadari hal ini,” kata Asifa Hanifah, seorang wanita muda yang bergabung dengan ribuan pendukung oposisi di pusat kota Kuala Lumpur yang melambaikan bendera, bersorak dan membunyikan klakson mobil seperti dikutip dari Reuters.



Hanya sedikit yang mengharapkan Mahathir untuk menang melawan koalisi yang telah lama mengandalkan dukungan dari mayoritas etnis Melayu di negara itu.

Namun, ia bergandengan tangan dengan mantan anak asuhnya, politikus Anwar Ibrahim yang dipenjarakannya, dan bersama-sama aliansi mereka mengeksploitasi kekecewaan publik atas biaya hidup dan skandal multi-miliar dolar yang telah menggoyang kekuasaan Najib sejak 2015.

Mahathir telah berjanji untuk mencari pengampunan kerajaan untuk Anwar jika mereka memenangkan pemilihan dan, setelah Anwar bebas, ia akan mengundurkan diri dan membiarkannya menjadi perdana menteri.

Organisasi Nasional Malaysia Bersatu (UMNO) yang dipimpin oleh Najib menunda konferensi pers dan mengatakan Najib, yang telah memerintah negara itu selama hampir 10 tahun, akan berbicara kepada media pada pukul 9:45 pagi waktu setempat.

Dengan kemenangan ini, Mahathir yang saat ini berusia 95 tahun akan menjadi perdana menteri tertua. Ia adalah sosok yang terpolarisasi dan banyak pemilih curiga padanya karena kepemimpinannya sebagai perdana menteri dari 1981 hingga 2003.

Namun, popularitas Najib (64), menurun tajam selama tiga tahun terakhir, sebagian karena skandal mengenai 1Malaysia Development Berhad (1MDB), di mana dana negara miliaran dolar diduga telah disedot.

Mahathir pernah menjadi mentor Najib, tetapi ia kemudian memilih untuk meninggalkan UMNO terkait skandal 1MDB dan bergabung dengan oposisi. Najib, yang adalah ketua dewan penasehat 1MDB, telah membantah melakukan korupsi dan dia telah dibebaskan dari pelanggaran apa pun oleh jaksa agung Malaysia.

Mahathir kemudian mengubur permusuhan dengan Anwar Ibrahim (70) tahun lalu dan keduanya setuju untuk bergabung guna menggulingkan Najib.

Mahathir memecat Anwar sebagai wakil perdana menteri pada 1998. Anwar kemudian memulai gerakan yang dikenal sebagai 'Reformasi' untuk mengakhiri pemerintahan berbasis ras dan patronase UMNO. Namun, sepak terjangnya dihentikan dengan tuduhan sodomi dan korupsi, yang ia bantah, tetapi ia tetap dipenjara.

Anwar dipenjara lagi pada tahun 2015, ketika Najib menjadi perdana menteri, setelah tuduhan sodomi lainnya, yang digambarkannya sebagai upaya bermotivasi politik untuk mengakhiri karirnya.

https://international.sindonews.com/...ia-1525905074/

Pelajaran yang bisa diambil, petahana jangan terlalu sombong. Karena survei di media sosial belum tentu sama dengan suara hati rakyat akar rumput.
image-url-apps
Akhirnya kekuasaan UMNO yang telah mengangkangi Malaysia selama 61 tahun sejak negara itu merdeka hingga sekarang, akhirnya ambruk juga.

Mahathir memang masih sangat dicintai rakyat Malaysia, Anwar Ibrahim tidak bisa mengalahkan UMNO sendirian, tapi dengan Mahathir bahkan UMNO yang sangat digdaya pun bisa dikalahkan.
image-url-apps
Quote:


UMNO itu partai Kuning ya gan? Maaf tidak update perpolitikan Malaysia.
KASKUS Ads
image-url-apps
mantap... revolusi perpolitikan Malaysia !
image-url-apps
Woh tua amat
image-url-apps
Waduh, kayanya bentar lagi ada yg bakal masuk penjara nih. Kasus korupsinya selama menjabat pasti bakal diusut abis-abisan.
image-url-apps
umno itu kaya golkar jaman soeharto emoticon-Big Grin
image-url-apps
gile amat. umur udah 90an. Meding dijadikan symbol aja. Yg jalanin yg bawahanya. Kasihan udah tua

mungkin rakyat malay kesal dengan najib razak
image-url-apps
Kaget saya gan, soalnya baru kemarin semua dgn yakin mengatakan Najib yg akan menang emoticon-Matabelo
Quote:


Ibarat Golkar, dan yg menang bekas orang Golkar juga emoticon-Big Grin

Btw ini berarti Mahatir jadi PM lagi kah?

Dan supremasi melayu bakal tumbang jugakah di tangan koalisi pemenang kali ini
image-url-apps
Quote:

Janji nh bakal terealisasi ? emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Mantab mahathir
image-url-apps
Quote:


wkwkw...benar benar serumpun ya vroh emoticon-Leh Uga

yo i gan..mbah mahatir naik jadi PM lagi emoticon-Cool
image-url-apps
Quote:


Saya baca pelan2 ya gan. Banyak simbol dan angka2 gan emoticon-Belo
image-url-apps
Quote:


Bukan nya itu melanggar konstitusi ya gan? Kecuali si anwar adalah wakil PM. tapi ga tau juga deh gimana hukum di Malaysia.
image-url-apps
Quote:


Bakal ada trolll dalam troll keknya emoticon-Leh Uga

Mari kita nonton emoticon-Leh Uga

Lucu aj kalo si anwar msk penjara lagi emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


Ini revolusi bagi malaysia ya gan. Mirip iran sejak ditumbangkan nya pahlevi kepada khomeini.
image-url-apps
Quote:


Ini dia! Kan sebenarnya si Mahathir dan Anwar itu memang musuhan lho. Tapi karna ingin mengalahkan si najib mereka berdua bersatu. Dan bukan tidak mungkin setelah berkuasa nanti, si Mahathir malah memenjarkan anwar kembali. Namanya politik kemungkinan apapun bisa terjadi kan?
image-url-apps
Quote:


Sorry itu ane kopas bwt trit ane..emoticon-Big Grin
Quote:


ya emang pemilu Malaysia ini unik

Disatu sisi koalisi partai berkuasa punya kebijakan untuk mempermudah golongan pribumi mayoritas dan punya track record tak terkalahkan

Disatu sisi juga yg dilawan adalah mantan perdana mentri yg paling lama berkuasa bekas koalisi partai penguasa

Entah gw belum menangkap arti dari pemilu kali ini, emang Malaysia menginginkan perubahan yg baru atau justru masih belum move-on dengan adanya Mahatir emoticon-Thinking
×