alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
HT: Redam Pelemahan Rupiah, Suku Bunga Harus Dinaikkan 25 Bps
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af312be1cbfaa263a8b4567/ht-redam-pelemahan-rupiah-suku-bunga-harus-dinaikkan-25-bps

HT: Redam Pelemahan Rupiah, Suku Bunga Harus Dinaikkan 25 Bps

Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) hingga menembus level Rp14.000/USD dinilai perlu segera disikapi oleh pemerintah.

Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengatakan, salah satu langkah yang perlu segera dilakukan adalah dengan menaikkan suku bunga acuan.

"Saya coba bicara dengan banyak fund manager di luar negeri, sebagai tambahan apa yang harus dilakukan secepatnya untuk mencegah pelemahan rupiah adalah dengan meningkatkan suku bunga sebesar 0,25% (25 bps)," tuturnya di Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Lebih lanjut, HT mengatakan, pemerintah juga perlu membuat pernyataan resmi untuk menenangkan pasar dan juga masyarakat secara umum.

"Di samping usulan sebelumnya, perlu dilakukan joint statement yang dipimpin oleh RI 1 didampingi para menteri ekonomi dan gubernur Bank Indonesia, agar masyarakat tidak panik," ujar HT.

Sejauh ini, memang belum ada pernyataan resmi dari pemerintah terkait pelemahan rupiah serta dampaknya terhadap perekonomian.

Sementara, pernyataan yang secara sporadis muncul dari menteri-menteri ekonomi maupun presiden terbukti belum mampu menahan pelemahan mata uang Garuda.

Demikian pula mengenai suku bunga acuan, hingga saat ini Bank Indonesia (BI) belum mengubah 7-day Reverse Repo Rate, tetap di 4,25%.

Suku bunga acuan tersebut belum berubah sejak 22 September 2017 lalu, kendati nilai tukar rupiah telah tergerus cukup lama.

Sebelumnya, Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan, pihaknya baru akan menentukan arah kebijakan moneter pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) 16-17 Mei 2018 mendatang.

"BI kan sudah sampaikan bahwa nanti di RDG tgl 16-17 Mei ada RDG bulanan untuk tentukan stance kebijakan moneter," katanya, Selasa (8/5) lalu.

Dia mengatakan, untuk menentukan arah kebijakannya BI akan melihat data inflasi, ekspor-impor dan neraca pembayaran.

Selain itu pihaknya juga akan melihat arus modal di dunia serta arah kebijakan bank sentral AS.

BI juga akan melihat arah kebijakan moneter negara seperti Malaysia dan Korea. Sebab, mereka juga berencana menaikkan tingkat suku bunga acuannya.

"Kita juga lihat bagaimana arah kebijakan AS yang akan naik Juni. Juga suku bunga negara tetangga. Nanti kita assess, kalau memang diperlukan kenaikan suku bunga ya kita harus melakukan adjusment," ujar Mirza.

sumber
Urutan Terlama
jangan hoax, yang bener 3500rupiah/0.25$...stop pembodohan nasbung emoticon-Marahemoticon-Marah
Akibat kodok yang sering intervensi BI suruh turunin suku bunga, gak mikirin efeknya kalo masih negara dunia ketiga, suku bunga katanya udah turun 4.25 %, tapi kalau pengajuan kredit juga masih diatas 10 % di bank, kalau tanpa agunan malah bisa 25%, sungguh kebijakan yang sia sia
suku bunga naik harga saham perbankan semoga naik juga.
Suku bunga kredit diturunkan katanya biar masyarakat mau kredit dan konsumsi naik, tapi masyarakat yang mau konsumsi udah di incer pajak, sungguh kebijakan bodoh, akhirnya ekonomi hancur kek sekarang ini, padahal kalau masyarakat konsumsi tinggi tanpa ditakut yakuti pajak otomatis pendapatan pajak juga tinggi akibat dari konsumsi yang tinggi, efek kera kera kera, ngurus negara kok kayak ngurus perusahaan yang pikirannya cuma cari untung dari rakyatnya
Gub bi terburuk. Taji pas jaman beye doang. Kowi dicuekin. Besok udah harus serah trima ama yg baru kalo ga mau rupiah makin nyungsep
Prediksi gw bisa bakalan meroket ke 15000.

emoticon-Ultah
.
untung pinjaman modal bank udah lunas emoticon-Hammer (S)
.
jatuh parah bre
inflasi rendah suku bunga dinaikkan kan malah makin ogah orang buat kredit
tetapi kalau ga dinaikkan investor asing kurang tertarik invest disini yang artinya capital outflow makin gede, mending duitnya balikin ke US
Quote:


Ini gw setuju banget. Makanya bank2 pada naik profitnya. Ya wajar, suku bunga deposito diturunin, tapi suku bunga kredit dinaikin.

HERAN GW SAMA NASTAK DONGOK MASIH AJA NGEBELA REZIM KEK BEGINI!!! MAKAN TUH MEROKET!!! emoticon-shakehand
bunga kredit naik resikonya ada pelemahan pertumbuhan ekonomi emoticon-Big Grin


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di