alexa-tracking

10 Tes Kesehatan Pranikah Untuk Anda dan Pasangan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af2cdecd89b093b2a8b4579/10-tes-kesehatan-pranikah-untuk-anda-dan-pasangan
10 Tes Kesehatan Pranikah Untuk Anda dan Pasangan
10 Tes Kesehatan Pranikah Untuk Anda dan Pasangan

Pernikahan menjadi awal kehidupan baru untuk Anda dan pasangan. Segala persiapan sudah Anda siapkan mulai dari pernak-pernik pernikahan hingga kesiapan mental, tapi apakah persiapan fisik juga sudah Anda siapkan?

Kesehatan menjadi salah satu hal yang sangat penting demi membentuk keluarga yang bahagia. Oleh karena itu, Anda dan pasangan perlu melakukan tes kesehatan pra nikah demi mewujudkan hal tersebut. Manfaat dari tes kesehatan pranikah ini adalah agar Anda dan pasangan saling mengetahui kondisi kesehatan masing-masing sebelum menikah.

Tes kesehatan pranikah menjadi salah satu syarat dalam mengajukan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA). Namun, masih banyak  pasangan yang melewatkan hal tersebut. Jadi, apa saja sih tes kesehatan pranikah yang harus dilakukan untuk Anda dan pasangan? Berikut 10 tes kesehatan pranikah untuk Anda dan pasangan

1. Tes Darah Secara Lengkap
10 Tes Kesehatan Pranikah Untuk Anda dan Pasangan
Tes pertama adalah tes darah lengkap untuk Anda berdua. Tes darah ini bertujuan melihat kadar haemoglobin (Hb), hematokrit, trombosit, leukosit, eritrosit serta Laju Endap Darah (LED). Anda berdua dapat mengetahui secara jelas kondisi kesehatan Anda melalui tes ini.


2. Tes Golongan Darah Serta Rhesus Darah
Tes ini dilakukan untuk mengetahui golongan darah serta rhesus darah. Hal ini berguna khususnya untuk pasangan beda negara yang biasanya memiliki rhesus yang berbeda. Orang Asia mayoritas memiliki rhesus positif sedangkan untuk orang-orang Eropa memiliki rhesus negatif. Hal ini sangat penting diketahui sejak dini karena apabila rhesus Anda dan pasangan berbeda ada kemungkinan di kehamilan kedua berisiko meninggal dalam rahim atau setelah lahir. Selain itu, bayi akan beresiko terserang penyakit kuning, bengkak hati, anemia hingga gagal jantung.

3. Tes Urin
10 Tes Kesehatan Pranikah Untuk Anda dan Pasangan
Tes urin dilakukan untuk Anda berdua untuk mengetahui apakah ada infeksi saluran kemih (ISK). Apabila Anda positif terinfeksi ISK maka akan sangat berbahaya pada saat Anda akan mengandung.

4. Tes TORCH
Tes TORCH dilakukan untuk perempuan yang bertujuan untuk melihat apakah terdapat gangguan pada kehamilan yaitu seperti tingkat kesuburan, resiko keguguran, lahir yang premature hingga adanya kelainan bawaan. Tes ini mencakup Toxoplasma,Virus Rubella, Virus Cytomegalo (CMV) dan Herpes di dalam tubuh.
5. Tes HIV
Anda berdua dapat menjalan kan Tes HIV ini.Hal ini perlu diketahui status Anda berdua terlebih lagi jika Anda berencana untuk memiliki momongan agar janin tidak tertular infeksi HIV.

6. Pemeriksaan Gigi dan Mulut
10 Tes Kesehatan Pranikah Untuk Anda dan Pasangan

Pemeriksaan gigi dan mulut sangatlah penting dilakukan, terlebih lagi jika Anda memutuskan untuk hamil. Bila gigi Anda berlubang dan tidak di segera ditangani dapat menyebabkan masalah sistemik selama kehamilan sehingga bisa berdampak kelahiran prematur pada bayi. Selain itu tindakan pencabutan gigi juga harus dihindari karena dapat membahayakan janin Anda.

7. Tes Hepatitis B dan C
Selanjutnya Anda dapat melakukan tes hepatitis B dan C. Tes ini sangatlah penting dilakukan terlebih bila Anda memiliki risiko melakukan transfusi darah hingga riwayat seks bebas.

     Baca Juga:
10 Jenis Vaksinasi Ibu Hamil
5 Persiapan Sebelum Menikah
5 Gejala Kanker Serviks[/font][/color]

8. Tes Hormon Tiroid
Guna dari tes ini untuk mendeteksi apakah hormon tiroid yang dimiliki kurang aktif (hipotiroid) atau terlalu aktif (hipertiroid), dua hal ini dapat menganggu seseorang untuk hamil. Apabila seseorang tersebut hipotiroid dapat mengganggu proses ovulasi, sedangkan pada orang yang hipetiroid dapat meningkatkan risiko keguguran atau kelahiran bayi prematur.

9. Tes Sperma

Laki-laki dapat melakukan tes analisis sperma untuk melihat sperma yang dimiliki seperti jumlah, volume cairan, presentase sperma hingga pergerakan

10. Veneral Disease Screen Test (Tes Penyakit Sifilis) dan Tes Infeksi Menular Seksual (IMS)
Tes ini berguna untuk mendeteksi bakteri sifilis serta mendeteksi infeksi menular seksual (IMS) yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual salah satunya kanker serviks.

Itulah 10 tes kesehatan pranikah untuk Anda dan Pasangan. Jangan lupa untuk melindungi Anda atau Pasangan dengan vaksinasi kanker serviks sebelum menikah bersama ProSehat.
Referensi:

Serempak. Alkaff, Raihana Nadra. “Tes Kesehatan Pra Nikah: Penting Tapi Sering Dilupakan”. Diakses pada 12 Maret 2018

Kementerian Kesehatan RI. “Pedoman Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut Ibu Hamil dan Anak Usia Balita Bagi Tenaga Kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan”. Diakses Pada 12 Maret 2018
Tanyadok. Khusen, Daniel Denny. “Perlukah Imunisasi Sebelum Menikah dan Saat Hamil?”. Diakses pada 12 Maret 2018

Sumber: https://www.prosehat.com/artikel/art...a-dan-pasangan
Tes keperawanan emoticon-Leh Uga
tes keuangan barangkali?
banyak juga tes nya
bener sih.. tapi kayaknya lebih banyak yang mikirin setelah nikah nya.. emoticon-Big Grin
tes keperawanan cuma dengan cara dicoblos gan emoticon-Leh Uga