alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Studi: Pada 2030 Indonesia Jadi Negara Terkuat Keempat di Asia Pasifik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af2bbdf9a0951d4388b45a0/studi-pada-2030-indonesia-jadi-negara-terkuat-keempat-di-asia-pasifik

Studi: Pada 2030 Indonesia Jadi Negara Terkuat Keempat di Asia Pasifik

Studi: Pada 2030 Indonesia Jadi Negara Terkuat Keempat di Asia Pasifik


JAKARTA, KOMPAS.com - Menurut studi yang digelar Lowy Institute, Indonesia bukan merupakan negara terkuat di Asia Tenggara. Menurut studi itu, posisi Indonesia berada di bawah Malaysia dan Singapura.
Namun, masih menurut Lowy, Indonesia akan melampaui dua negara tetangganya itu pada 2030.

Kesimpulan ini disampaikan dalam peringkat The Asia Power Indeks 2018 yang menempatkan Indonesia di posisi ke-10 di antara 25 negara di kawasan Asia Pasifik.

Sementara Singapura menurut studi ini menempati urutan kedelapan dan Malaysia kesembilan. Amerika Serikat dan China masih mendominasi kawasan ini disusul Jepang, India, dan Rusia.

Studi yang dilakukan Lowy ini memperhatikan delapan kategori yaitu sumber daya ekonomi, kemampuan militer, daya tahan, tren masa depan, pengaruh diplomatik, hubungan ekonomi, jaringan pertahanan, dan pengaruh budaya.

Setiap katagori memiliki nilai tersendiri, meski katagori sumber daya ekonomi dan kemampuan militer memiliki nilai lebih besar ketimbang katagori lainnya.

Secara total Indonesia mendapatkan nilai 20,0 jauh di bawah Amerika Serikat (85,5), China (75.5), dan Jepang (42,1). Sementara Singapura mendapat nilai (27,9) sedangkan Malaysia 20,6.

Meski dalam hal sumber daya ekonomi dan kekuatan militer Malaysia berada di bawah Indonesia, tetapi Negeri Jiran itu memiliki hubungan perekonomian dan jaringan pertahanan yang lebih baik.

Artinya, memiliki sumber daya yang melimpah tak serta merta membuat sebuah negara memiliki kekuatan dan pengaruh di kawasannya.

Hal serupa juga dialami Singapura, yang menurut Lowy memiliki pengaruh besar dalam jaringan hubungan regional meski secara sumber daya dan kekuatan militer amat kecil.

Kemampuan militer, hubungan ekonomi, dan jaringan pertahanan adalah tiga katagori di mana Indonesia menempati peringkat ke-13, yang nilainya lebih rendah dibanding katagori lainnya.

Meski demikian, militer Indonesia saat ini tengah melakukan modernisasi untuk mencapai kekuatan esensial minimum (MEF) dan diharapkan proses modernisasi ini akan selesai pada 2024.

Negara-negara dengan nilai di atas 70 diklasifikasikan sebagai negara adidaya, sedangkan negara dengan nilai 40-70 masuk katagori negara besar.

Sedangkan yang bernilai di atas 10 masuk katagori negara menengah, dan negara dengan nilai di bawah 10 dianggap sebagai kekuatan kecil.

Catatan Lowy juga menunjukkan Indonesia adalah negara dengan performa tak terlalu bagus dalam indeks disparitas kekuatan di kawasan Asia Pasifik.

Dalam katagori ini, Jepang menempati peringkat teratas mengungguli Amerika Serikat dan China atau negara-negara yang dianggap memiliki performa baik seperti Singapura, Australia, dan Korea Selatan.

Kembali ke Indonesia, meski hasil studi ini tak terlalu menggembirakan, tetapi Lowy memprediksi Indonesia akan meninggalkan negara-negara lain Asia Tenggara pada 2030, termasuk Singapura dan Malaysia.

Lowy memprediksi, pada 2030 dalam indeks yang sama Indonesia akan berada di peringkat keempat di kawasan Asia Pasifik di bawah China, Amerika Serikat, dan India.




kalo masalah begini, agan Filusufkacang jago menganalisa... analisanya berbobot.. waktu dan tempat dipersilahkan
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
lho? bukannya bubar yak

gw dikasi tau ama general lho
Mangcab, hidup Indonesia raya! from Vancouver with love!
ini lawakan nastaik.

buktinya rupiah semakin jeblok aje tuh!!!emoticon-Blue Guy Bata (L)
menurut wowok bubarr!
emoticon-Ngakak
2030 indonesia bubar emoticon-Mad
Urutan N3gara astral mungkin

Wong udah bubar
Quote:


emoticon-Leh Uga emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Leh Uga
sebelumnya 2020 jadi indonistan dulu.....
ya..ya..ya, selama otak orang sini masih didominasi kapling surga ya jangan harap emoticon-Traveller

kejayaan nusantara masa lalu itu nyata, kalau kejayaan indonesia masa depan mah gw pesimis emoticon-Traveller
Mungkin aja, dengan catatan ada skenario Anti-Bab1 dulu.

1. Digunakan mengurangi populasi
2. Menasionalisasikan perusahaan yg dikuasai non-pribumi.
3. Membentuk Pemerintahan yg tangguh dengan demokrasi terpimpin.
4. Mengangkat dan menguatkan Nasionalisme di Grassroots.

"Membunuh 1 orang untuk menyelamatkan 1000 orang lebih baik daripada membiarkan keseluruhan mati". Jeremy Bentham


Ini cuma opini gan jangan mewek 😁😁l


Quote:


Ada yang penganut bentham juga di sini emoticon-Wow
Ini pemikiran yang benar
emoticon-Leh Uga
Ngawur, indonesia bubar kok
mantablah studinya, semoga makin jadi yang terdepan

makanya perlu #2019gantipresiden
jadikan Indonesia Lebih Baik

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
yang boneng gan? emoticon-Wow
ngebanggain diri mulu., indonesia udah 70 tahun merdeka.

pesawat tempur, robot tempur, drone, satelit mata-mata, kapan buat sendiri ?

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Quote:

Quote:

mana yg bakal terbukti nih? emoticon-Ultah
Diubah oleh nicky123
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di