alexa-tracking

Tarif tol Jakarta ke Surabaya lebih murah dari harga tiket bus

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af2aafd582b2e94548b4576/tarif-tol-jakarta-ke-surabaya-lebih-murah-dari-harga-tiket-bus
Tarif tol Jakarta ke Surabaya lebih murah dari harga tiket bus
Tarif tol Jakarta ke Surabaya lebih murah dari harga tiket bus
Pintu tol Kalimati di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, yang akan mulai beroperasi pada H-10 Lebaran atau 5 Juni 2018. Foto diambil pada Rabu (2/5/2018).
Seperti lazimnya, pemerintah telah menyiapkan segala keperluan guna menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri yang tahun ini relatif tinggal sekitar satu bulan lagi. Persiapan terbaru adalah tujuh ruas tol baru yang siap digunakan untuk mudik Lebaran.

Beberapa ruas tol itu di antaranya dibangun agar para pemudik dapat menempuh perjalanan dari Jakarta hingga Surabaya relatif tanpa terputus, terutama di pantai utara (Pantura) Jawa.

Sebelum rampung, Tol Trans Jawa--yang terbentang dari Merak ke Surabaya--ini sempat disebut-sebut akan menagih tarif sebesar Rp1 juta kepada penggunanya. Namun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membantah rumor itu.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga, mengatakan sudah melakukan perhitungan uang yang harus dikeluarkan pengendara untuk melintas di jalan tol dari Jakarta hingga Surabaya.

"Jadi saya meluruskan kalau tidak benar itu informasi bahwa masyarakat perlu bayar Rp500 ribu atau hingga jutaan untuk menggunakan tol Jakarta-Surabaya. Tarifnya itu yang benar hanya Rp344 ribu," kata Danis kepada Merdeka.com, di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Menurutnya, perhitungan ini sudah dikalkulasi untuk setiap ruas tol yang ada dan telah beroperasi. Angka ini menggunakan dasar tarif bagi kendaraan Golongan 1 (mobil dan sejenisnya) yang paling banyak digunakan para pemudik.

Menurut data Balitbang, kendaraan Golongan 1 pada rute Jakarta-Semarang, setidaknya akan melalui beberapa ruas jalan tol. Masing-masing tarifnya; ruas Jakarta-Cikampek Rp15 ribu, ruas Cikampek-Palimanan Rp102 ribu, ruas Palimanan-Kanci Rp12 ribu, ruas Kanci-Pejagan Rp24 ribu dan ruas Pejagan-Brebes Timur Rp20 ribu.

Lalu, tol ini akan tersambung ke ruas Brebes Timur-Pemalang yang masih gratis karena dalam tahap menunggu proses uji laik fungsi. Lalu ruas tol Batang-Semarang yang juga dapat dilewati secara cuma-cuma karena dibuka secara fungsional (hanya kendaraan tertentu--biasanya roda empat--yang diperbolehkan lewat).

Dengan demikian, jika berangkat dari Jakarta menuju Semarang, seorang pengendara hanya perlu merogoh kocek maksimal Rp173 ribu.
Ini Daftar Tol Gratis Sepanjang Jakarta-Surabaya Lebaran 2018 https://t.co/CNguGwxfBX pic.twitter.com/PXo002DrJm
— Berita Madiun Raya (@MadiunRayaID) May 5, 2018
Setelah itu, seorang pengendara harus mengeluarkan uang lagi sebesar Rp171 ribu untuk melanjutkan perjalanan dari Semarang ke Surabaya. Rinciannya, ruas Semarang-Solo bertarif total Rp37 ribu, lalu Salatiga-Sragen gratis karena masih fungsional, ruas Solo-Ngawi (IC Ngawi-Ngawi) dengan tarif Rp4.000, ruas Ngawi-Kertosono yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 29 Maret 2018 bertarif Rp48 ribu.

Kemudian ruas Kertosono-Mojokerto (Bandar-Mojokerto) bertarif Rp46 ribu, dan ruas Surabaya-Mojokerto (Mojokerto-SS Waru) bertarif Rp36 ribu.

Jadi, total uang yang harus dikeluarkan pemudik jika melintasi ruas Jakarta sampai ke Surabaya sepanjang 524 km jalan tol dan 234 km tol fungsional ialah Rp344 ribu. Artinya angka itu lebih murah dari pada harga tiket bus eksekutif Jakarta-Surabaya yang menjelang Lebaran mencapai Rp580 ribu per orang.

Semua ruas tol itu direncanakan sudah bisa beroperasi dengan maksimal paling lambat sepuluh hari menjelang Lebaran atau pada 5 Juni. Maklum, pada saat itu seluruh pekerjaan di lapangan sudah berhenti.
Penambahan area istirahat
Selain tarif yang tak sampai Rp1 juta seperti yang dikhawatirkan khalayak, pemerintah juga telah memaksimalkan area istirahat (rest area) di sejumlah ruas tol.

Dilansir Liputan6.com, akan ada 13 tempat istirahat serta 30 tempat istirahat dan pelayanan (TIP). Di sana bakal ada fasilitas tambahan toilet hingga layanan penukaran uang elektronik.

Khusus untuk jalan tol yang sudah beroperasi secara penuh, bakal memiliki tempat parkir sementara (parking bay). Ini untuk mengantisipasi meluapnya jumlah kendaraan yang parkir di area peristirahatan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa Kementerian PUPR pada saat arus mudik juga akan terus berkoordinasi dengan Kemenhub, Korlantas, BMKG, Basarnas, serta kementerian dan lembaga lain yang turut menangani mudik Lebaran 2018.

Salah satunya adalah bekerja sama dengan Pertamina untuk menyiapkan bahan bakar minyak (BBM) di setiap TIP dan parking bay. Bahkan Pertamina akan menyediakan BBM kemasan dan mobile dispenser jika diperlukan untuk kondisi darurat.
Tarif tol Jakarta ke Surabaya lebih murah dari harga tiket bus


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...arga-tiket-bus

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Tarif tol Jakarta ke Surabaya lebih murah dari harga tiket bus Jokowi dan stempel aman truk

- Tarif tol Jakarta ke Surabaya lebih murah dari harga tiket bus Tiru Ahok, Sandi ingin tata Tanah Abang pakai dana swasta

- Tarif tol Jakarta ke Surabaya lebih murah dari harga tiket bus Kejelasan status hukum ABK Ever Judger dipertanyakan

image-url-apps
yaiyalah gan kan bensinnya kita beli sendiri
bandingin mobil ama kendaraan umum. perbandingan yang sungguh warbyasah........
ga sekalian dibandingin ama tol laut jakarta-surabaya? atau tol udara jakarta-surabaya?
KASKUS Ads
image-url-apps
emoticon-Ngakak (S)

terus kalo udah tau harus bilang emoticon-Wow gitu??
×