alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Kisah-kisah Mendagri tentang Korupsi Kepala Daerah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af2a9c2d89b09e27e8b4574/kisah-kisah-mendagri-tentang-korupsi-kepala-daerah

Kisah-kisah Mendagri tentang Korupsi Kepala Daerah

Kisah-kisah Mendagri tentang Korupsi Kepala Daerah

JPP, SEMARANG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo hadir di acara pembekalan anti korupsi di Semarang, Jawa Tengah. Acara ini dihadiri Plt Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono, penasehat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Mohammad Tsani Annafa, seluruh calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, para calon bupati dan walikota dan para kepala daerah tingkat dua di Jawa Tengah.

Mengawali kata sambutannya, Mendagri mengatakan bahwa acara pembekalan anti korupsi sangat penting. Ia berharap lewat acara pembekalan niat untuk tidak korupsi bisa makin diteguhkan.

"Pembekalan penting untuk para calon. Apa yang kita niatkan hari ini bermanfaat. Forum ini penting bagi saya. Saya ikut hadir di Lampung, Jawa Barat, Jakarta Timur, Sumatera Utara sekarang di Jawa Tengah. Dan ini akan terus berlanjut," ujar Tjahjo di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (8/5/2018).

Menurut Mendagri, acara pembekalan anti korupsi mulai digagas, ketika ia bertemu dengan pimpinan KPK. Dalam pertemuan itu, disepakati tentang perlunya acara pembekalan. Pada KPK, ia menyampaikan bahwa kepala daerah itu bagian tak terpisahkan dari Kementerian Dalam Negeri.

Mendagri pun merasa perlu, adanya program yang menguatkan pemahaman terhadap area rawan korupsi. Karena yang terjadi akhir-akhir ini membuatnya sedih. Banyak kepala daerah yang terjerat KPK. "Kepala daerah itu tidak terpisahkan dari saya sebagai Mendagri," jelas Tjahjo.

Mendagri kemudian berkisah tentang sebuah cerita saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan para kepala daerah. Dalam pertemuan itu, Presiden mengingatkan agar seluruh kepala daerah itu hati-hati mengelola keuangan negara.

Menurut Mendagri, Presiden mewanti-wanti agar jangan satu rupiah pun duit rakyat dikorupsi. Tapi apa yang terjadi, baru satu jam pertemuan itu usai, satu kejadian yang membuatnya sangat sedih terjadi.

"Saya sedih, satu waktu Presiden kumpulan para kepala daerah. Kata beliau hati-hati. Pertemuan kemudian bubar jam 5 sore. Eh, jam 6 sore kurang dua puluh menit, satu kepala daerah kena OTT KPK di hotel dekat Istana. Ini membuat saya sedih," ujarnya.

Kisah lain yang dituturkan Tjahjo soal seorang gubernur. Kata Tjahjo, ia pernah menyaksikan langsung penandatangan pakta integritas yang dilakukan seorang gubernur. Usai teken pakta integritas yang juga disaksikan Ketua KPK, gubernur tersebut berpidato berapi-api, tidak akan korupsi.

"Saya hadir, sahabat saya seorang gubernur teken pakta integritas. Dia pidatonya luar biasa. Besok malam, dia dan istrinya kena oleh KPK. Ini kan dia bicara asal, tak pakai hati nurani. Dan sekarang trendnya naik, " ucap Tjahjo.

Mendagri juga mengisahkan cerita ketika ia rapat dengan pimpinan KPK. Katanya, saat rapat, pimpinan komisi anti rasuah mengungkapkan data yang membuatnya kaget. Data tersebut tentang permasalahan korupsi di daerah. Begitu disodorkan data itu, ia langsung lemes.

Sayang, Tjahjo tak mengungkapkan data apa yang membuatnya kaget dan lemas. "Waktu rapat dengan KPK dibuka semua masalah saya lemes. Makanya hati-hati bagi para calon. Tapi saya tak bisa buka (data itu)," ujar Tjahjo. (dgr/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/polkam/hukum/32079...-kepala-daerah

---

Kumpulan Berita Terkait POLKAM :

- Kisah-kisah Mendagri tentang Korupsi Kepala Daerah Mendagri: Deklarasi Dukungan Capres Sebaiknya Ikuti Jadwal Kampanye KPU

- Kisah-kisah Mendagri tentang Korupsi Kepala Daerah Perlu Revitalisasi BUMD, Mendagri: Tingkatkan Pengawasan dan Transparansi

- Kisah-kisah Mendagri tentang Korupsi Kepala Daerah Mendagri: BUMD Harus Jadi Lokomotif Pembangunan Daerah

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di